Analisis Website Pada PT. Lustrous Mineral Commodities Dengan Menggunakan Metode Prototype Figma

research
  • 08 Dec
  • 2023

Analisis Website Pada PT. Lustrous Mineral Commodities Dengan Menggunakan Metode Prototype Figma

ABSTRAK

Krismadi (11220293), Analisis Website Pada PT. Lustrous Mineral Commodities Dengan Menggunakan Metode Prototype Figma

Dalam upaya meningkatkan daya saing dan efektivitasnya di pasar yang semakin kompetitif, PT. Lustrous Mineral Commodities menyadari bahwa desain UI/UX pada website perusahaan menjadi hal yang kritis. Oleh karena itu, analisis mendalam terhadap UI/UX pada website perusahaan diperlukan untuk mengidentifikasikekuatan dan kelemahan dalam interaksi pengguna dengan website mereka. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis mendalam terhadap UI/UX pada website PT. PT. Lustrous Mineral Commodities dengan menggunakan metode prototype Figma. Beberapa cara untuk memperoleh informasi maupun data pada penelitian ini adalah dengan observasi, studi literatur atau kepustakaan, kuesioner, dam wawancara. Berdasarkan hasil wawancara penelitian tersebut oleh penanggung jawab PT Lustrous Mineral Commodities didapatkan hasil yaitu berupa saran adanya fitur live chat dan pengujian menggunakan Maze. Pada penelitian ini hasil tahap pengujian yang melibatkan usability testing dengan menggunakan skenario pengguna (user scenario). Selain itu, prototype Figma sudah terintegrasi dengan tools Maze. Pengujian usability ini melibatkan partisipasi 20 responden dalam setiap skenario pengguna yang telah disusun, dengan tujuan mencapai hasil yang efektif dan valid melalui tautan yang dapat diakses di https://t.maze.co/187065631. Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan penggunaan metode prototype Figma, potensi untuk meningkatkan UI/UX website PT. Lustrous Mineral Commodities dapat memberikan pengalaman yang lebih baik kepada pengguna dan mendukung tujuan bisnis perusahaan. Hasil dari uji coba tersebut dapat diuraikan menggunakan alat Maze didapat persentase kelayakan 92%.

Unduhan

 

REFERENSI

DAFTAR PUSTAKA

[1] C. A. Cholik, “Perkembangan Teknologi Informasi Komunikasi / Ict Dalam Berbagai Bidang,” 2021

[2] W. S. L. Nasution and P. Nusa, “UI/UX Design Web-Based Learning Application Using Design Thinking Method,” ARRUS Journal of Engineering and Technology, vol. 1, no. 1, pp. 18–27, 2021

[3] Pratama, A. A. (2018). Analisis dan Perancangan User Interface/User Experience dengan Metode Google Design Sprint dan A/B Testing pada Website Startup QTaaruf. STIKOM Surabaya

[4] Achmadi, A., Junaedi, D., Darwiyanto, E., Informatika, T., Informatika, F., & Telkom, U. (2017). Rekomendasi User Interface Pada Website Dikti Menggunakan Metode Goal Directed Design User Interface Recommendation on Dikti Website Using Goal. 4(3), 5063–5069.

[5] Sharp, H., Rogers, Y., & Preece, J. (2019). Interaction Design: beyond human computer interaction (Fifth Edit). John Wiley & Sons, Inc.

[6] MockingBot. (2016). What’s the difference between Wireframe, Prototype & Mockup? https://medium.com/mockingbot/whats-the-difference-betweenwireframeprototype-mockup-17615f77938f

[7] Mara Destiningrum, Q. All. (2017). Sistem Informasi Penjadwalan Dokter Berbasis Web Dengan Menggunakan Framework Codeigniter (Studi Kasus: Rumah Sakit Yukum Medical Centre). Jurnal Teknoinfo, Vol. 11, No. 2, 30-37.

[8] Kharis, Santosa, P. I., & Winarno, W. W. (2019). Evaluasi User Experience pada Sistem Informasi Pasar Kerja Menggunakan User Experience Questionnare (UEQ). The 10th National Conference on Information Technology and Electrical Engineering,24–25. http://citee.ft.ugm.ac.id/home.php?main=M2Z4Vw%3D%3D=&part=REQ% 3D=

[9] S. Suryaningsih, Y. A. Riandika, A. N. Hasanah, and S. Anggraito, “Aplikasi Wakaf Indonesia Berbasis Blockchain,” Edumatic: Jurnal Pendidikan Informatika, vol. 4, no. 2, pp. 20–29, 2020.

[10] Bracey, K. (2018, November 26). What is Figma? https://webdesign.tutsplus.com/articles/what-is-figma--cms-32272 64

[11] Seila Tazkiyah, Aridhanyati Arifin (2022). Perancangan UI/UX Pada Website Laboratorium Energy Menggunakan Aplikasi Figma. Jurnal Teknologi Terpadu Vol. 8 No. 22022, 72-78.

[12] Muhammad Arif Idris, Galang Prihadi, Mahardika, Beni Suranto (2021). Perancangan UI/UXAplikasi Perangkat BergerakIvent Menggunakan Pendekatan HCD (Human Centered Design). Journal UII - Universitas Islam Indonesia Vol. 2 No. 1 (2021).

[13] A. Avindra, C. Metta Cahyani, and L. R. Ningsih, “Rancangan UI/UX Aplikasi Analytics Pada Toko Online Wao.Sneakers Menggunakan Aplikasi Figma,” J. Digit. Ecosyst. Nat. Sustain., vol. 1, no. 2, pp. 2798–6179, 2021.

[14] Ferdi, Z. E., Putra, F., Ajie, H., & Safitri, I. A. (2021). Designing A User Interface and User Experience from Piring Makanku

[15] Rully Pramudita, Rita Wahyuni Arifin, Ari Nurul Alfian, Nadya Safitri, & Shilka Dina Anwariya. (2021). Penggunaan Aplikasi Figma Dalam Membangun Ui/Ux YangInteraktif Pada Program Studi Teknik Informatika Stmik Tasikmalaya. Jurnal Buana Pengabdian, 3(1), 149–154 Vol. 3 No 1, Februari 2021ISSN 2657-0203eISSN 2686-0244