Sodik (11212972), “Evaluasi Usability Website LPPI Dengan Pendekatan Metode Website Usability Evaluation Tool (WEBUSE)”.
Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia (LPPI) yang berlokasi di Jl. Kemang Raya No. 35, Jakarta Selatan 12730 merupakan lembaga pendidikan perbankan yang memiliki hubungan dengan Bank Indonesia. Saat ini telah memanfaatkan teknologi informasi melalui website dengan alamat https://lppi.or.id/. Terdapat banyak sekali fitur-fitur yang ada pada website LPPI seperti beranda, produk, tentang kami, pengumuman, kontak dan highlights. Walaupun LPPI sudah memiliki layanan website untuk membantu banyak masyarakat, belum ada studi kasus evaluasi kegunaan pada website LPPI. International Organization for standardization (ISO) mendefinisikan usability sebagai tingkat dimana produk bisa digunakan oleh pengguna tertentu untuk mencapai tujuannya dengan lebih efektif, efisien, dan memuaskan dalam ruang lingkup penggunanya. Oleh karena itu perlu dilakukan evaluasi usability untuk mengetahui seberapa tinggi tingkat kepuasan pengguna saat berinteraksi dengan website LPPI. Metode yang digunakan pada penelitian ini dengan metode Website Usability Evaluation Tool (WEBUSE). Hasil point usability Content, Organization, and Readability sebesar 0,82 dan termasuk kedalam kategori “Excellent”. Kemudian perhitungan yang didapatkan hasil point usability Navigation and Links sebesar 0,79 dan termasuk kedalam kategori “Good”. Begitu juga dengan perhitungan yang didapatkan hasil point usability User Interface Design sebesar 0,80 dan termasuk kedalam kategori “Excellent”. Terakhir perhitungan yang didapatkan hasil point usability Performance and Effectiveness sebesar 0,88 dan termasuk kedalam kategori “Excellent”.
11212972_Sodik
[1] W. Handiwidjojo and L. Ernawati, “Pengukuran Tingkat Ketergunaan (Usability) Sistem Informasi Keuangan Studi Kasus: Duta Wacana Internal Transaction (Duwit),” Juisi, vol. 02, no. 01, pp. 49–55, 2016.
[2] I. Salamah, “Evaluasi Usability Website Polsri Dengan Menggunakan System Usability Scale,” JAnapati, vol. 8, no. 3, pp. 176–183, 2019.
[3] A. D. Purwati and Jemakmun, “Evaluasi Usability Website Menggunakan system Usability Scale,” in Bina Darma Conference on Computer Science, 2019, pp. 588–595.
[4] D. Wiratama and F. Fatmasari, “Evaluasi Usability Website Pengadilan Negeri Prabumulih Menggunakan Metode Website Usability Evaluation Tool (WEBUSE) Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Bina Darma Prabumulih seperti layanan publik yang berisi mengenai,” J. Teknol. Inform. dan Komput., vol. 8, no. 2, pp. 87–100, 2022.
[5] Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2016.
[6] T. Helmi, R. A. Munjin, and I. Purnamasari, “Kualitas Pelayanan Publik Dalam Pembuatan Izin Trayek Oleh Dllaj Kabupaten Bogor,” J. Governansi, vol. 2, no. 1, p. 51, 2017, doi: 10.30997/jgs.v2i1.209.
[7] D. B. Napitupulu, “Evaluasi Kualitas Website Universitas XYZ Dengan Pendekata Webqual,” Bul. Pos dan Telekomun., vol. 14, no. 1, pp. 51–64, 2016, doi: 10.17933/bpostel.2016.140105.
[8] T. Wahyono, Analisis Statistik Mudah dengan SPSS 20. Jakarta: Elek Media Komputindo, 2014.
[9] R. Oktofiyani, Nurmalasari, and W. Anggraeni, “Penerimaan Sistem E-Learning Menggunakan Technology Acceptance Model (TAM) Study Kasus Siswa/I Kelas X Di SMU Negeri 92 Jakarta,” J. Pilar Nusa MandiriNone, vol. 12, no. 1, pp. 46–53, 2016.
[10] I. Mahendra, “Penggunaan Technology Acceptance Model (TAM) Dalam Mengevaluasi Penerimaan Pengguna Terhadap Sistem Informasi Pada PT . Ari Jakarta,” Sist. Inf. STMIK Antar Bangsa, vol. 5, no. 2, pp. 183–195, 2016.
[11] M. Wicaksono, “Pengaruh Kompetensi dan Independensi Terhadap Kualitas Audit Dengan Etika Auditor Sebagai Variabel Pemoderasi pada BAWASADA Pemerintah Daerah Di Ex-Karesidenan Surakarta Provinsi Jawa Tengah,” J. Akunt. Dan Pajak, vol. 15, no. 02, pp. 14–36, 2015.
[12] A. Setiawan and R. A. Widyanto, “Evaluasi Website Perguruan Tinggi menggunakan Metode Usability Testing,” J. Inform. J. Pengemb. IT, vol. 3, no. 3, pp. 295–299, 2018, doi: 10.30591/jpit.v3i3.912.
[13] B. O. Lubis, A. Salim, and Jefi, “Evaluasi Usability Sistem Aplikasi Mobile JKN Menggunakan Use Questionnaire,” J. Saintekom, vol. 10, no. 1, pp. 65– 76, 2020.
[14] F. G. Sembodo, G. F. Fitriana, and N. A. Prasetyo, “Evaluasi Usability Website Shopee Menggunakan System Usability Scale (SUS),” J. Appl. Informatics Comput., vol. 5, no. 2, pp. 146–150, 2021, doi: 10.30871/jaic.v5i2.3293.