Analisis Kualitas Website Lintasarta.Net Menggunakan Metode Webqual 4.0 Pada Pt Lintasarta Jakarta Pusat

research
  • 30 Oct
  • 2023

Analisis Kualitas Website Lintasarta.Net Menggunakan Metode Webqual 4.0 Pada Pt Lintasarta Jakarta Pusat

ABSTRAK

Dedi Irawan (11213015) ANALISIS KUALITAS WEBSITE LINTASARTA.NET MENGGUNAKAN METODE WEBQUAL 4.0 PADA PT LINTASARTA JAKARTA PUSAT

Website merupakan salah satu bentuk media masa yang dipublikasi melalui jaringan internet yang dapat diakses dimanapun dan kapanpun. Untuk mengetahui kualitas sebuah website maka perlu dilakukan pengukuran, dengan melakukan pengukuran kualitas suatu website dapat diketahui Kepuasan pengguna terhadap website tersebut. Dalam penelitian ini menggunakan metode WebQual 4.0 mengacu pada tiga dimensi inti mewakili kualitas sebuah Website, yaitu usability, Information Quality, Service Interaction Quality. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan kuesioner populasi dari penelitian ini adalah karyawan Lintasarta , sampel dari penelitian ini 28 kuesioner. Setelah data diperoleh dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Pada penelitian ini analisis regresi menggunakan uji asumsi klasik, dan analisis linear berganda. Kemudian untuk pengujian hipotesis digunakan uji F dan uji t. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini adalah Usability Quality, Information Quality dan Interaction quality berpengaruh positif terhadap kepuasan konsumen.

Unduhan

 

REFERENSI

DAFTAR PUSTAKA

[1] R. Pahlevi, T. I. Wijaksana, S. Sos, and M. Si, “ANALISIS KUALITAS WEBSITE MALESBANGET . COM DENGAN MENGGUNAKAN METODE WEBQUAL 4 . 0 QUALITY ANALYSIS OF MALESBANGET . COM WEBSITE USING,” vol. 5, no. 2, pp. 2524–2530, 2018.

[2] J. Saputra et al., “Analisis Kualitas Website Institut XYZ Menggunakan Metode Webqual dan IPA,” J. Sains Komput. Inform. (J-SAKTI, vol. 5, no. 1, p. 318, 2021.

[3] O. G. Hekhmatyar and D. Supriyadi, “Measurement Satisfaction Information System Quality Service On BSI Using Webqual And CSI,” vol. 2, no. 2, pp. 2–7, 2017.

[4] P. Studi, T. Informatika, S. Tinggi, and T. Pagar, “Analisa usability pada website traveloka,” vol. 09, no. 75, pp. 172–180.

[5] I. G. S. Rahayuda, “ANALISIS KUALITAS WEBSITE ALUMNI STIKOM BALI MENGGUNAKAN,” vol. 5, no. 2, 2018, doi: 10.25126/jtiik.201852576.

[6] I. Purwandani and N. O. Syamsiah, “Analisis Kualitas Website Menggunakan Metode Webqual 4 . 0 Studi Kasus : MyBest E-learning System UBSI . Website Quality Measurement Based on Webqual 4.0 Method . A Research on MyBest E-learning System UBSI .,” vol. 09, no. 3, pp. 300–306, 2021, doi: 10.26418/justin.v9i3.47129.

[7] W. Herta, “Analisis kualitas layanan website e-filing menggunakan metode webqual dan ipa (studi kasus: kpp pratama palembang),” dalam J. Metod. E-filing Menggunakan Dan, Webqual, p. hlm 9, 2018.

[8] R. M. Kosanke, “済無No Title No Title No Title,” vol. 4, no. 1, pp. 678–686, 2019.

[9] R. Rahmawati and S. Anwar, “Analisis Pengukuran Kualitas Layanan Website LP2M UIN Raden Fatah Palembang Menggunakan Metode Webqual 4.0,” J. Intelekt. Keislaman, Sos. dan Sains, vol. 7, no. 1, pp. 1–10, 2018, doi: 10.19109/intelektualita.v7i1.2335.

[10] S. Jaya, “Analisis faktor-faktor kepuasan konsumen pada rumah makan Geprek Bensu di Bandar Lampung.,” pp. 13–53, 2018.

[11] E. Triyanto, H. Sismoro, and A. D. Laksito, “Implementasi Algoritma Regresi Linear Berganda Untuk Memprediksi Produksi Padi Di Kabupaten Bantul,” Rabit J. Teknol. dan Sist. Inf. Univrab, vol. 4, no. 2, pp. 66–75, 2019, doi: 10.36341/rabit.v4i2.666.

[12] L. A. Utami, A. Ishaq, and N. Maulidiyah, “Analisa Pengaruh Kualitas Website PPDB Terhadap Kepuasan Pengguna,” SinkrOn, vol. 3, no. 1, pp. 31–37, 2018, doi: 10.33395/sinkron.v3i1.10146.

[13] D. Firmansyah and Dede, “Teknik Pengambilan Sampel Umum dalam Metodologi Penelitian: Literature Review,” J. Ilm. Pendidik. Holistik, vol. 1, no. 2, pp. 85–114, 2022, doi: 10.55927/jiph.v1i2.937.

[14] Sugiyono, “Bab III - Metode Penelitian Metode Penelitian,” Metod. Penelit., pp. 32–41, 2018.

[15] H. E. Puteri, “Menentukan Populasi dan Sampel,” Ris. Ekon. dan Perbank. Islam, no. April, p. 2, 2020, doi: 10.13140/RG.2.2.28776.01285.

[16] P. Studi, P. Fisika, F. Keguruan, D. A. N. Ilmu, and U. K. Indonesia, “UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA,” 2020.

[17] M. Kharisma and S. Anggraeni, “Pengaruh Kualitas Layanan Bjb Net Terhadap Kepuasan Nasabah Bank Bjb Rasuna Said Menggunakan Metode Webqual 4.0,” J. TECHNO Nusa Mandiri, vol. 15, no. 1, pp. 13–18, 2018, [Online]. Available: http://ejournal.nusamandiri.ac.id/ejurnal/index.php/techno/article/viewFile/808/pdf

[18] S. R. Tambunan and A. S. Hasibuan, “Analisis Kualitas Website Politeknik Negeri Medan Politeknik Negeri Medan Website Quality Analysis,” vol. 4, no. 4, pp. 2141–2147, 2022, doi: 10.34007/jehss.v4i4.1020.

[19] S. Informatika, J. Kramat, R. No, and J. Pusat, “ANALISA KUALITAS WEB EMPLOYEE SELF SERVICE ( ESS ) PADA PT . PLN UIPJBB MENGGUNAKAN METODE WEBQUAL 4 . 0 DAN,” vol. 3, no. 2, pp. 230–244, 2020.

[20] R. Kemala, D. Siregar, and R. A. Fitriawan, “Analisis Kualitas Website Ruangguru. Com Menggunakan Webqual 4. 0 Dan Ipa (Importance Performance Analysis) Ruangguru. Com Website Quality Analysis Using Webqual 4. 0 and Ipa (Importance Performance Analysis),” Vol, vol. 5, no. 1, pp. 1201–1208, 2018.

[21] D. Devitasari, T. Wati, and S. Sarika, “Analisis Kualitas Website Tokome Menggunakan Metode Webqual 4.0 dan Importance Performance Analysis,” J. Inform. Univ. Pamulang, vol. 6, no. 1, p. 57, 2021, doi: 10.32493/informatika.v6i1.8130.

[22] Sugiyono, “Download metode penelitian kuantitatif kualitatif dan r & d sugiyono pdf Click here to get file,” p. 380, 2017.

[23] A. R. A. Nalendra et al., Statistika Seri Dasar dengan SPSS. 2021.

[24] S. D. Analyst, “E-book Statistika Gratis ... Uji Asumsi Klasik Regresi Linear E-book Statistika Gratis ...,” pp. 1–9.

[25] N. W. A. Rosita, Isharijadi, and J. Murwani, “Pengaruh Ukuran Perusahaan dan Profitabilitas Terhadap Harga Saham pada Perusahaan Jasa yang Terdaftar di BEI,” Forum Ilm. Pendidik. Akunt. Univ. PGRI Madiun, vol. 6, no. 2, pp. 1–13, 2018.