Analisa Perancangan UI/UX Aplikasi Booking Pada PT. Malaika Santara Abadi Menggunakan Metode Design Thinking

research
  • 24 Oct
  • 2023

Analisa Perancangan UI/UX Aplikasi Booking Pada PT. Malaika Santara Abadi Menggunakan Metode Design Thinking

ABSTRAK

Hasanah Nisa Madani (11212984) Analisa Perancangan UI/UX Aplikasi Booking Pada PT. Malaika Santara Abadi Menggunakan Metode Design Thinking.

PT. Malaika santara abadi merupakan perusahaan yang bergerak di bidang property perumahan yang terletak di jl. Raya pulo timaha kedungjaya kec. Babelan kab. Bekasi, menyediakan hunian yang nyaman, dan bangunan yang berkualitas. Salah satu permasalahan yang dialami yaitu dari segi pemasaran pada website yang di rasa kurang maksimal. Dimana website yang saat ini belum dapat menampilkan gambaran profil rumah, belum menampilkan dari segi harga rumah, type unit yang tersedia, dan belum menampilkan informasi yang dibutuhkan pengguna. Pengelola mengharapkan agar melalui website Malaika Property dapat membantu perusahaan dalam mengelola dan meningkatkan penjualan produk unit rumah. Maka dari itu dilakukan perancangan UI/UX pada website Malaika property menggunakan Design Thinking, metode Design Thinking dipilih karena dalam tahap proses pengerjaannya memakan waktu yang singkat dan tidak membutuhkan biaya besar. Beberapa tahapnya juga melibatkan pengguna sehingga desain yang dihasilkan dapat berfokus pada kebutuhan pengguna.

Unduhan

 

REFERENSI

DAFTAR PUSTAKA

[1]“https://universalbpr.co.id/blog/developer-perumahan/,” AdminBPR, 2021.

[2]“https://dpu.kulonprogokab.go.id/detil/158/rumah-khusus-di-kulon-progo-pengertian-persyaratan-penerima-manfaat,” AdminDPU, 2020.

[3] R. P. Gani, I. Arum Puspita, and W. Tripiawan, “Perancangan Ui/ux Design Pada Dashboard Monitoring Proyek Menggunakan Metode Design Thinking Untuk Penerapan Sistem Earned Value Management Pada Pt. Xyz,” Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi (JTSI), vol. 8, no. 5, pp. 8465–8480, 2021.

[4] N. A. Ningsih and M. R. Abidin, “PERANCANGAN DESIGN USER INTERFACE WEBSITE PADA PET SHOP AZRIA DI KABUPATEN LAMONGAN,” Jurnal Barik, vol. 2, no. 3, pp. 202–216, 2021, [Online]. Available: https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JDKV/

[5] E. Susilo, F. Danang Wijaya, and R. Hartanto, “Perancangan dan Evaluasi User Interface Aplikasi Smart Grid Berbasis Mobile Application,” 2018.

[6] M. G. Hartadi, I. Nyoman Artayasa, and W. Swandi, “Kajian Konsep Minimalis, Fungsi, dan Makna Desain User Interface (UI) dalam Aplikasi Seluler Bukaloka,” PRABANGKARA Jurnal Seni Rupa dan Desain, vol. 24, pp. 82–94.

[7] G. Ghina Sarjana Komputer, “User Interface Heuristic Evaluation Pada Sistem Informasi Nasabah Koperasi Mitra Swadaya PT. Gajah Tunggal Skripsi Sebagai Salah Satu Syarat untuk Memperoleh,” 2019.

[8] V. Handayani, “DESIGN SCIENCE RESEARCH METHODOLOGY (Studi Kasus : MIN 4 Jakarta) ANALISIS DAN PERANCANGAN UI/UX APLIKASI E-LEARNING BERBASIS GAMIFIKASI DENGAN DESIGN SCIENCE RESEARCH METHODOLOGY (Studi Kasus :MIN 4 Jakarta),” Teknik Informatika UIN Jakarta, p. 197, 2021.

[9] N. Gede, R. S. Diatmika, I. Made, A. D. Suarjaya, and K. S. Wibawa, “Perancangan User Interface dan User Experience Aplikasi Pemesanan Menu Restoran,” JITTER-Jurnal Ilmiah Teknologi dan Komputer, vol. 3, no. 2, 2022.

[10] S. A. ryan Setyono, “Impelementasi Teori Ron Weber Mengenai User Interface dan Input Website Penerimaan Mahasiswa Baru,” 2020.

[11] R. Iqbal Amirudin Insan, “Analisis dan perancangan system E-Commerce berbasis web pada koperasi mahasiswa dengan mengahasilkan desain ecoomerce,” 2020.

[12] Galuh Noor, “User experience pada desain Aplikasi Bookinng personal Photographer dengan Penerapan UX Heuristic Principles,” 2018.

[13] Ansor, “Analisa dan Perancangan User Interface Marketplace Hidroponik berbasis Lean UX (Studi Kasus: Petani hidroponik di kabupaten banyuwangi),” 2020.

[14] Velia Hendayani, “Analisa dan perancangan UI/UX aplikasi E Learning berbasis gamifikasi dengan design science research methodology,” 2021.

[15] I. Teknologi, K. Angelina, E. Sutomo, and V. Nurcahyawati, “Jurnal Desain UI UX Aplikasi Penjualan dengan Menyelaraskan Kebutuhan Bisnis menggunakan Pendekatan Design Thinking using Design Thinking Approach,” vol. 5, pp. 70–78, 2023.

[16] W. A. Pradana.S.Kom, “FRAMEWORK LARAVEL DAN FLUTTER DENGAN,” 2022.

[17] T. Andhiza, I. Fitri, and A. Rubhasy, “User Experience Design in Car Wash Search Applications Using UCD (User Centered Design) Method,” 2022.

[18] R. Auliazmi, G. Rudiyanto, and R. D. W. Utomo, “KAJIAN ESTETIKA VISUAL INTERFACE DAN USER EXPERIENCE PADA APLIKASI RUANGGURU AESTHETIC STUDIES OF VISUAL INTERFACE AND USER EXPERIENCE OF THE RUANGGURU APPLICATION,” 2021.

[19] A. R. Uin and A. Banjarmasin, “Analisis Data Kualitatif,” 2018.

[20] H. Galuh, F. T. Industri, and U. I. Indonesia, “User Experience Pada Desain Aplikasi Booking Personal Photographer Dengan Penerapan Ux Heuristic Principles Heuristic Principles,” 2018, [Online]. Available: https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/10329.