Analisis Usability Sistem Aplikasi Kredit Digital Dengan Pendekatan Use Questionnaire dan IPA

research
  • 23 Oct
  • 2023

Analisis Usability Sistem Aplikasi Kredit Digital Dengan Pendekatan Use Questionnaire dan IPA

ABSTRAK

Vellia Mulyani (11212194), “Analisis Usability Sistem Aplikasi Kredit Digital Dengan Pendekatan Use Questionnaire dan IPA”.

Kehadiran FinTech secara tidak langsung menambah opsi lain pada solusi perdagangan cashless dan juga menghadirkan inovasi finansial. Masyarakat kini bebas memilih produk dan layanan yang mereka anggap tepat sebagai solusi transaksi mereka. Fintech bertujuan untuk memfasilitasi transaksi keuangan bagi pengguna dan memberikan mereka layanan keuangan yang sangat baik. Kehadiran FinTech membangkitkan pemain baru di bisnis cashless, fenomena aplikasi pinjaman dan pinjaman online. Aplikasi pinjaman dan penggunaan pinjaman online merupakan salah satu bentuk transaksi cashless dengan jumlah pengguna yang terus meningkat setiap tahunnya terutama di Indonesia. Berbagai aplikasi kredit dan pinjaman online lahir seolah-olah diminati dengan menawarkan solusi perbankan dan berbagai promosi. Salah satu aplikasi pinjaman dan kredit online adalah aplikasi kredivo. Aplikasi ini memiliki banyak fitur tidak hanya sebagai metode pembayaran, tetapi juga sebagai alat untuk melakukan pembayaran tunai dan kredit ke pasar yang bekerja dengan aplikasi ini. Selama ini aplikasi ini belum pernah ada yang menganalisa sehingga peneliti ingin melakukan penelitian untuk memperoleh penemuan baru tentang usability sistem aplikasi kredivo dan sebagai pembuktian atau pengujian tentang kebenaran dari pengetahuan yang sudah ada yaitu analisis use questionnaire dan importance performance analysis. Hasil penelitiannya menunjukkan variabel diuji pada responden masih ada yang belum sesuai harapan responden.

Unduhan

 

REFERENSI

DAFTAR PUSTAKA

[1] O. Lengkong, M. D. Tumewu, and N. T. T. Lumintang, “Analisis Usability Pada Aplikasi M-Commerce Tokopedia Terhadap Kepuasan Pengguna Menggunakan USE (Usefulness, Satisfaction, Ease of Use) Questionnaire,” Cogito Smart J., vol. 7, no. 1, p. 182, 2021, doi: 10.31154/cogito.v7i1.311.182-192.

[2] Maucash.id, “Apa itu Fintech?,” Apa itu Fintech?, 2022. https://maucash.id/apa-itu-fintech-pinjaman-online.

[3] M. D. Fahmi, H. M. Az-zahra, and R. K. Dewi, “Perbaikan Usability Aplikasi Pemesanan Tiket Bioskop Menggunakan Metode Usability Testing dan USE Questionnaire,” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 2, no. 12, pp. 6653–6660, 2018.

[4] D. B. Napitupulu, “Evaluasi Kualitas Website Universitas XYZ Dengan Pendekata Webqual,” Bul. Pos dan Telekomun., vol. 14, no. 1, pp. 51–64, 2016, doi: 10.17933/bpostel.2016.140105.

[5] F. Al-Anshori, Sunardi, and A. Fadlil, “Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Kegiatan Santri Persada Berbasis Android,” J. Teknol., vol. 9, no. 2, pp. 132–139, 2016.

[6] F. Latifah and A. S. Abimanyu, “Perancangan Aplikasi android Rekapitulasi Hasil Pemilu Sementara Menggunakan Algorithma Sequential Sercing Berbasis Mobile,” J. Techno Nusa Mandiri, vol. XIII, no. 1, pp. 32–41, 2016, [Online]. Available: http://ejournal.nusamandiri.ac.id/ejurnal/index.php/techno/article/view/263/223.

[7] Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2016.

[8] T. Helmi, R. A. Munjin, and I. Purnamasari, “Kualitas Pelayanan Publik Dalam Pembuatan Izin Trayek Oleh Dllaj Kabupaten Bogor,” J. Governansi, vol. 2, no. 1, p. 51, 2017, doi: 10.30997/jgs.v2i1.209.

[9] T. Wahyono, Analisis Statistik Mudah dengan SPSS 20. Jakarta: Elek Media Komputindo, 2014.

[10] R. Oktofiyani, Nurmalasari, and W. Anggraeni, “Penerimaan Sistem ELearning Menggunakan Technology Acceptance Model (TAM) Study Kasus Siswa/I Kelas X Di SMU Negeri 92 Jakarta,” J. Pilar Nusa MandiriNone, vol. 12, no. 1, pp. 46–53, 2016.

[11] I. Mahendra, “Penggunaan Technology Acceptance Model (TAM) Dalam Mengevaluasi Penerimaan Pengguna Terhadap Sistem Informasi Pada PT . Ari Jakarta,” Sist. Inf. STMIK Antar Bangsa, vol. 5, no. 2, pp. 183–195, 2016.

[12] M. Wicaksono, “Pengaruh Kompetensi dan Independensi Terhadap Kualitas Audit Dengan Etika Auditor Sebagai Variabel Pemoderasi pada BAWASADA Pemerintah Daerah Di Ex-Karesidenan Surakarta Provinsi Jawa Tengah,” J. Akunt. Dan Pajak, vol. 15, no. 02, pp. 14–36, 2015.

[13] D. R. Andista and R. Susilawaty, “Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan dan Risiko Terhadap Minat Pengguna Dalam Penggunaan Finansial Teknologi Pinjaman Online,” in Irwns (Industrial Research Workshop and National Seminar), 2021, pp. 4–5.

[14] S. Rohmah and M. Ary, “Analisis Pengalaman Pengguna Aplikasi Pinjaman Online Menggunakan Metode Usability Testing Dan User Experience Questionnaire (Studi kasus : pada Akulaku dan Kredivo Indonesia) Departemen Sistem Informasi , Fakultas Teknologi Informasi , Industri keuanga,” J. Sist. Inf., vol. 13, no. 1, pp. 2230–2245, 2021.