Meidita Nurul Farisi (11200237), ”Analisa Aplikasi Performance Simanis Dengan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS)”.
Suatu proses untuk menggali dan mencari tahu sejauh mana suatu kegiatan implementasi sistem informasi dari sudut pandang pengguna merupakan sebuah evaluasi sistem informasi. Hal tersebut bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pengguna dalam menggunakan sebuah sistem. Penelitian ini dilakukan guna mengukur kualitas aplikasi performance Simanis dengan menggunakan metode End User Computing Satisfaction (EUCS), serta menggunakan penyebaran kuesioner kepada responden dan IPA Importance Performance Analysis. Hasil tingkat kualitas aplikasi masih banyak yang harus menjadi evaluasi karena tingkat GAP dari 5 dimensi yaitu isi (content), keakuratan (accuracy), tampilan (format), kepuasan pengguna (easy of use), dan ketepatan waktu (timeliness) masih jauh dari harapan pengguna. Hasil penilaian dari pengguna aplikasi performance Simanis, tidak ditemukan atribut yang masuk pada kuadran 1. Hal tersebut menandakan bahwa tingkat prioritas dalam perubahan dibeberapa fitur tidak ada, diartikan fitur yang ada sudah menyediakan kebutuhan para pengguna. Saran dalam penelitian ini, developer aplikasi harus tetap memenuhi harapan kinerja dari aplikasi Simanis dalam 5 dimensi yang sudah dilakukan penilaian.
112002377_Meidita Nurul Farisi
[1] M. A. Sugandi and R. M. N. Halim, “Analisis End-User Computing Satisfaction (Eucs) Pada Aplikasi Mobile Universitas Bina Darma,” Sistemasi, vol. 9, no. 1, p. 143, 2020, doi: 10.32520/stmsi.v9i1.625
[2] A. Saputra and D. Kurniadi, “Analisis Kepuasan Pengguna Sistem Informasi E-Campus Di Iain Bukittinggi Menggunakan Metode Eucs,” Voteteknika (Vocational Tek. Elektron. dan Inform., vol. 7, no. 3, p. 58, 2019, doi: 10.24036/voteteknika.v7i3.105157.
[3] A. G. Zakinah, A. E. Prasetiyanto, and ..., “Analisis Penerimaan Sistem Informasi Dapodik Menggunakan Metode Webqual dan EUCS,” Pros. …, 2021, [Online]. Available: https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/inotek/article/view/901
[4] N. A. Rahmawati and A. C. Bachtiar, “Analisis dan perancangan sistem informasi perpustakaan sekolah berdasarkan kebutuhan sistem,” Berk. Ilmu Perpust. dan Inf., vol. 14, no. 1, p. 76, 2018, doi: 10.22146/bip.28943.
[5] P. D. Astuti, “Sistem Informasi Penjualan Obat Pada Apotek Jati Farma Arjosari,” Indones. J. Comput. Sci. - Speed 16 FTI UNSA Vol 10 No 1 – Mei 2013 - ijcss.unsa.ac.id, vol. 10, no. 1, pp. 142–147, 2013, doi: http://dx.doi.org/10.3112/speed.v3i4.1217.
[6] A. Ikhwan and R. Hendri, “Analisis Perencanaan Strategs Sistem Informasi Dan Teknologi Informasi Menggunakan Framework Ward Dan Peppard Studi Kasus: Fakultas Komputer Umitra Indonesia,” J. Teknol. dan Inform., vol. 1, no. 1, pp. 1–12, 2020.
[7] H. Bagir and B. E. Putro, “Analisis Perancangan Sistem Informasi Pergudangan di CV. Karya Nugraha,” J. Media Tek. dan Sist. Ind., vol. 2, no. 1, p. 30, 2018, doi: 10.35194/jmtsi.v2i1.274. [8] Endang Puji Astutik and Gunartin, “Analisis Kota Jakarta Sebagai Smart City,” J. Ilm. Ilmu Manaj., vol. 1, no. 1, pp. 41–58, 2019. [9] EdoArribe, Aryanto, and S. Aulia, “Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Aplikasi Signal Nasional Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS) (Studi Kasus : Badan Pendapatan Daerah Provinsi Riau (BAPENDA),” J. Softw. Eng. Inf. Syst., vol. 2, no. 1, pp. 86–95, 2022, [Online]. Available: https://ejurnal.umri.ac.id/index.php/SEIS/article/view/3294
[10] Y. Nurdiansyah, E. P. A. Wulandari, and D. A. R. Wulandari, “Analisis Faktor Kepuasan Pengguna Layanan Website SKCK Online Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS),” INFORMAL Informatics J., vol. 5, no. 2, p. 72, 2020, doi: 10.19184/isj.v5i2.18669.
[11] J. R. Informasi, W. Astuti, R. Waluyo, S. Informasi, F. I. Komputer, and U. A. Purwokerto, “Analisis kepuasan mahasiswa terhadap aplikasi pedulilindungi menggunakan metode eucs,” vol. 11, no. 1, pp. 9–16, 2022.
[12] M. A. Yazid, S. H. Wijoyo, and R. I. Rokhmawati, “Evaluasi Kualitas Aplikasi Ruangguru Terhadap Kepuasan Pengguna Menggunakan Metode EUCS (End-User Computing Satisfaction) dan IPA (Importance Performance Analysis),” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 3, no. 9, pp. 8496–8505, 2019.
[13] M. Ariska, M. Fahru, and J. W. Kusuma, “Leverage , Ukuran Perusahaan dan Profitabilitas dan Pengaruhnya Terhadap Tax Avoidance pada Perusahaan Sektor Pertambangan di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014- 2019,” J. Revenue J. Ilm. Akunt., vol. 01, no. 01, pp. 133–142, 2020.
[14] K. Pada, K. Pusat, K. Mata, and I. E. Dan, “TRANS,” vol. 2, no. 1, pp. 58–67, 2019, doi: 10.24815/jarsp.vlil.
[15] F. R. Wilujeng, G. D. Rembulan, D. Andreas, and H. Tannady, “Meningkatkan Kepuasan Pelanggan pada Dua Bisnis E-Commerce Terbesar di Indonesia dengan Menggunakan Analisis Servqual dan IPA,” Pros. Semin. Nas. Sains dan Teknol., pp. 1–9, 2019.
[16] N. Puspitasari, W. Tampubolon, and M. Taruk, “Analisis Metode EUCS Dan HOT-FIT Dalam Mengevaluasi Penerapan Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian (SIMPEG),” J. SITECH Sist. Inf. dan Teknol., vol. 4, no. 1, pp. 19–28, 2021, doi: 10.24176/sitech.v4i1.6031.
[17] J. Saputra et al., “Analisis Kualitas Website Institut XYZ Menggunakan Metode Webqual dan IPA,” J. Sains Komput. Inform. (J-SAKTI, vol. 5, no. 1, p. 318, 2021.
[18] A. R. Darwi and E. Efrizon, “Analisis Kepuasan Pengguna E-Learning Sebagai Pendukung Aktivitas Pembelajaran Menggunakan Metode Eucs,” Voteteknika (Vocational Tek. Elektron. dan Inform., vol. 7, no. 1, p. 25, 2019, doi: 10.24036/voteteknika.v7i1.103639.
[19] A. Dwike Ayu Rinjani and D. Rahman Prehanto, “Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi Bibit Reksadana Menggunakan Metode Eucs Dan Ipa,” J. Ilm. Tek. Inform. dan Sist. Inf., 2021. [20] I. Kurniasih and D. Pibriana, “Pengaruh Kepuasan Pengguna Aplikasi Belanja Online Berbasis Mobile Menggunakan Metode EUCS,” JATISI (Jurnal Tek. Inform. dan Sist. Informasi), vol. 8, no. 1, pp. 181–198, 2021, doi: 10.35957/jatisi.v8i1.787.
[21] Z. A. Golo, S. Subinarto, and E. Garmelia, “Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Puskesmas Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS) di Puskesmas,” J. Rekam Medis dan Inf. Kesehat., vol. 4, no. 1, pp. 52–56, 2021, doi: 10.31983/jrmik.v4i1.6789.
[22] D. Novita and F. Helena, “Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi Traveloka Menggunakan Metode Technology Acceptance Model (TAM) Dan End- User Computing Satisfaction (EUCS),” J. Teknol. Sist. Inf., vol. 2, no. 1, pp. 22–37, 2021, doi: 10.35957/jtsi.v2i1.846.
[23] S. A. Robbaniyah and A. D. Indriyanti, “Penerapan Metode EUCS
Terhadap Kepuasan Pengguna Layanan SINAR pada Aplikasi Digital Korlantas POLRI,” vol. 03, no. 03, pp. 7–14, 2022.
[24] J. A. Pratiwi and A. D. Indriyanti, “Penerapan Metode EUCS Untuk Evaluasi Tingkat Kepuasan Pengguna Aplikasi PNM Digi Karyawan,” vol. 03, no. 03, pp. 15–23, 2022.
[25] F. S. Bawardi, A. Rachmadi, and N. H. Wardani, “Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi Driver Ojek Online Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS),” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 3, no. 8, pp. 7694–7700, 2019.
[26] E. Sutinah and O. R. Simamora, “Metode Fuzzy Servqual Dalam Mengukur Kepuasan Pasien Terhadap Kualitas Layanan BPJS Kesehatan,” J. Inform., vol. 5, no. 1, pp. 90–101, 2018, doi: 10.31311/ji.v5i1.2944.
[27] H. Setiawan and D. Novita, “Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi KAI Access Sebagai Media Pemesanan Tiket Kereta Api Menggunakan Metode EUCS,” J. Teknol. Sist. Inf., vol. 2, no. 2, pp. 162–175, 2021, doi: 10.35957/jtsi.v2i2.1375.
[28] P. P. Sentosa, N. M. E. O. Astuti, and I. M. E. Cahaya, “Analisis Kepuasan Mahasiswa Menggunakan Metode Servqual,” Media Edukasi, vol. 3, no. 2, pp. 85–96, 2019.
[29] 2021 Hasna & Nuryana, “Analisis Kualitas Layanan Website Sociolla terhadap Kepuasan Pelanggan dengan Metode WebQual 4.0 dan Importance Performance Analysis (IPA),” Jeisbi, vol. 02, no. 04, p. 2021, 2021.