ANALISIS KUALITAS WEBSITE INTRANET MYDBS MENGGUNAKAN METODE WEBQUAL 4.0 PADA PT. BANK DBS INDONESIA

research
  • 27 Jun
  • 2023

ANALISIS KUALITAS WEBSITE INTRANET MYDBS MENGGUNAKAN METODE WEBQUAL 4.0 PADA PT. BANK DBS INDONESIA

Seiring dengan perkembangan zaman banyak perusahaan, organisasi maupun individu yang menggunakan wadah sumber informasi dengan menggunakan website. Begitupun pada PT. Bank DBS Indonesia, website perusahaan ini menjadi salah satu tempat untuk mencari berbagai infomasi yang dibutuhkan oleh pegawainya. Banyaknya fitur yang ada di website PT. Bank DBS Indonesia membuat staff IT diperusahaan ini harus selalu menjaga kualitas website perusahaan. Untuk mengukur kualitas website, peneliti menggunakan metode Webqual 4.0 yang terdiri dari tiga variabel yaitu Usability, Information Quality dan Service Interaction Quality. Pengujian pada data terdiri dari uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik dan uji hipotesis, dimana pengujian – pengujian tersebut diolah dengan menggunakan SPSS 27. Berdasarkan hasil analisis yang diperoleh dari ketiga variabel Usability, Information Quality dan Service Interaction Quality memiliki penagruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pengguna website sebesar 66% yang artinya website telah memenuhi harapan penggunanya. Sehingga hal ini menunjukkan website mydbs mempunyai kualitas yang dinilai baik dari para penggunanya.

Unduhan

 

REFERENSI

[1] M. Webqual and T. Kepuasan, “Analisis Pengaruh Kualitas Website Maxserver Pengguna Pada PT . MCS,” vol. 7, no. 2, pp. 110–115, 2021.

[2] Monalisa, “Analisa Kualitas Sistem Informasi E-Raport Pada Sekolah Smpn 5 Kota Tangerang Terhadap Kepuasan Pengguna Menggunakan Metode Webqual 4.0,” INFOTECH J., pp. 10–21, 2021, doi: 10.31949/infotech.v7i1.908.

[3] N. Dalimunthe, A. Adawiyah, and T. Karina, “Analisa Kualitas Website Menggunakan Metode Webqual 4.0 (Studi Kasus: Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Riau),” J. Ilm. Rekayasa dan Manaj. Sist. Inf., vol. 5, no. 2, p. 184, 2019, doi: 10.24014/rmsi.v5i2.7539.

[4] . N., A. Ibrahim, and A. Ambarita, “Sistem Informasi Pengaduan Pelanggan Air Berbasis Website Pada Pdam Kota Ternate,” IJIS - Indones. J. Inf. Syst., vol. 3, no. 1, 2018, doi: 10.36549/ijis.v3i1.37.

[5] A. Wibawanto, “Penggunaan Internet dalam Perpustakaan,” Pustakaloka, vol. 10, no. 2, p. 191, 2018, doi: 10.21154/pustakaloka.v10i2.1472.

[6] S. P. Harnawan and M. Taswi, “Perancangan Sistem Informasi Penggajian Karyawan PT. Target Kelola Securindo Jakarta,” J. Teknol. Inform. dan Komput., vol. 5, no. 2, pp. 104–110, 2019, doi: 10.37012/jtik.v5i2.314.

[7] D. Diana and N. D. M. Veronika, “Analisis Kualitas Website Provinsi Bengkulu Menggunakan Metode Webqual 4.0,” Pseudocode, vol. 5, no. 1, pp. 10–17, 2018, doi: 10.33369/pseudocode.5.1.10-17.

[8] A. P. Ayudhitama and U. Pujianto, “Analisa Kualitas Dan Usability Berdasarkan Persepsi Pada Website Shopee,” J. Inform. Polinema, vol. 6, no. 1, pp. 61–70, 2020, doi: 10.33795/jip.v6i1.275.

[9] Andria and R. Pamungkas, “Evaluasi Kualitas Web Portal Fakultas Teknik UNIPMA dengan Metode MCCALL,” Assoc. Inf. Syst. - Indones. chapter, vol. 3, no. 2, pp. 1–12, 2018.

[10] M. Arafah and T. Maslihatin, “Analisa Kualitas Website Sekolah Menengah Kejuruan,” Inspir. J. Teknol. Inf. dan Komun., vol. 8, no. 2, pp. 119–128, 2013.

[11] N. Apsari, “Analisis Kualitas Layanan Website Lazada Terhadap Kepuasan Pelanggan Menggunakan Metode WebQual,” INTEGER J. Inf. Technol., vol. 4, no. 1, pp. 1–7, 2019, doi: 10.31284/j.integer.2019.v4i1.206.

[12] S. Rahmatullah, D. S. Purnia, and R. Triasmoro, “Analisis Kualitas Website Sekolah North Jakarta Intercultural School dengan Metode Webqual 4.0,” J. Kaji. Ilm., vol. 19, no. 2, pp. 158–164, 2019, [Online]. Available: www.njis.org.

[13] R. Sistem, “Analisis Kualitas Situs Web Batampos Menggunakan,” vol. 2, no. 2, pp. 591–596, 2018.

[14] M. K. Mustafidah, Hindayati S.Si. and M. S. Suwarsito, S.Pi., Dasar-dasar metodologi penelitian. UM Purwokerto Press (Anggota APPTI), 2020.

[15] R. Junaidi, F. Susanti, S. Tinggi, I. Eknomi, and " Kbp, “Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai Pada Uptd Baltekkomdik Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat,” J. Manaj. dan Inf., vol. 2, no. 3, p. 13, 2017.

[16] E. Sugiono, S. Efendi, and J. Al-Afgani, “Pengaruh motivasi kerja, kompetensi, dan kompensasi terhadap kinerja karyawan melalui kepuasaan kerja pt. wibee indoedu nusantara (pustaka lebah) i Jakarta,” J. Ilm. MEA (Manajemen Ekon., vol. 5, no. 1, pp. 718–734, 2021.

[17] M. Pai and D. Pandemi, “Penggunaan Media Online Dalam Proses Kegiatan Belajar PAI di Masa Pandemi Covid-19,” Ika Pgsd Unars, vol. 8, no. 1, pp. 12–24, 2020.

[18] D. Nur Fauziah, D. Ayu Nur Wulandari, S. Informasi, K. Akuntansi, S. Nusa Mandiri Jakarta, and A. BSI Karawang, “Pengukuran Kualitas Layanan Bukalapak.Com Terhadap Kepuasan Konsumen Dengan Metode Webqual 4.0,” J. Ilmu Pengetah. Dan Teknol. Komput. , vol. 3, no. 2, pp. 173–180, 2018.

[19] N. M. Janna and Herianto, “Artikel Statistik yang Benar,” J. Darul Dakwah WalIrsyad, no. 18210047, pp. 1–12, 2021.

[20] Junaidi, “R Tabel Product Moment,” Art &Photos, p. 4, 2010, [Online]. Available: https://www.slideshare.net/hendrayudha9028/19-tabelnilaikritisrpearson.

[21] N. Ardian, “Pengaruh Insentif Berbasis Kinerja, Motivasi Kerja, Dan Kemampuan Kerja Terhadap Prestasi Kerja Pegawai UNPAB,” J. Kaji. Ekon. Dan Kebijak. Publik, vol. 4, no. 2, pp. 119–132, 2019.

[22] S. Maghfiroh, “MAHASISWI DARUSH SHALIHAT THE EFFECT OF RELIGIOSITY , INCOME , AND SOCIAL ENVIRONMENT ON THE INTEREST OF SAVING IN ISLAMIC BANK TO COED OF ISLAMIC STUDY COLLEGE Jurnal Pendidikan dan Ekonomi , Volume 7 , Nomor 3 , Tahun 2018 PENDAHULUAN Perbankan adalah s,” J. Pendidik. dan Ekon., vol. 07, no. 3, pp. 213–222, 2018.

[23] G.- MARDIATMOKO, “Pentingnya Uji Asumsi Klasik Pada Analisis Regresi Linier Berganda,” BAREKENG J. Ilmu Mat. dan Terap., vol. 14, no. 3, pp. 333–342, 2020, doi: 10.30598/barekengvol14iss3pp333-342.

[24] T. D.-W. Dw, C. Reproduksi, and C. Membaca, “Tabel Durbin- Watson (DW), α = 5%,” pp. 1–13.

[25] V. H. Pranatawijaya, W. Widiatry, R. Priskila, and P. B. A. A. Putra, “Penerapan Skala Likert dan Skala Dikotomi Pada Kuesioner Online,” J. Sains dan Inform., vol. 5, no. 2, pp. 128–137, 2019, doi: 10.34128/jsi.v5i2.185.