Informasi yang diberitakan bisa dilihat oleh banyak masyarakat dari peran media sosial yang sangat penting sebagai media tersebut. Semua kalangan tertama milenial menjadi pengguna terbanyak media sosial di masa sekarang ini. Salah satu bentuk informasi yang di dapat bisa melalui video dan gambar yang di sajikan. Dengan memilih media sosial yang paling sering masyarakat gunakan dari segi tampilan, kelengkapan fitur, kemudahaan dalam penggunaan, promosi serta infomasi yang di sajikan. Pemilihan media sosial yang tepat untuk dijadikan media promosi event serta pembuatan komunitas diaspora yang divisi internasional pada PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk inginkan. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan metode Analytical Hirarchy Process (AHP) dalam pemilihan media sosial yang paling baik dan tepat sesuai dengan beberapa kriteria. Dalam menentukan matriks perbandingan berpasangan dilibatkan para pengguna media sosial aktif yaitu Facebook, Twitter, Youtube, dan Instagram. Krtieria yang digunakan ada lima yaitu tampilan, kelengkapan fitur, kemudahan, promosi dan informasi. Dari penelitian ini dihasilkan Facebook sebesar 0,20, Twitter sebesar 0,22, Youtube sebesar 0,23, dan Instagram sebesar 0,37. Hasil prioritas akhir media sosial yang tepat dengan urutan pertama adalah Instagram.
11212300 - NIA ARYANTI SUPRIYATUN
[1] M. F. Dzulqarnain and M. Nazir, “Dasar Editing Video Berbasis Android Untuk Kreasi Konten Media Sosial Pada Lingkungan Pelajar Sma Di Kalimantan Barat,” J. Inov. Terap. Pengabdi. Masy., vol. 1, no. 2, pp. 41–49, 2021, [Online]. Available: https://journal.polita.ac.id/index.php/abdi/article/view/69.
[2] A. D. Riyanto, “Hootsuite (We are Social): Indonesian Digital Report 2020,” Andi.Link, 2020. https://andi.link/hootsuite-we-are-social-indonesian-digitalreport-2020/ (accessed Apr. 18, 2022).
[3] A. D. Riyanto, “Hootsuite (We are Social): Indonesian Digital Report 2021,” 2021. https://andi.link/hootsuite-we-are-social-indonesian-digital-report-2021/ (accessed Apr. 17, 2022).
[4] Kemendag, “MENDORONG PERANAN DIASPORA DALAM PROMOSI PRODUK INDONESIA,” Badan Pengkajian dan Pengembangan Perdagangan, 2017. http://bppp.kemendag.go.id/media_content/2017/08/LeafletMendorong_Peranan_Diaspora_dalam_Promosi_Produk_Indonesia.pdf (accessed Apr. 19, 2022).
[5] P. Budrugeac, “EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI MEDIA PROMOSI WISATA UMBUL PONGGOK, KABUPATEN KLATEN,” Journal of thermal analysis. 2019.
[6] “SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMBERIAN DANA BANTUAN MENGGUNAKAN METODE AHP,” J. Teknol. dan Sist. Inf., vol. 1, No.2, D, 2022.
[7] I. Yulia, “OPTIMALISASI PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DALAM PEMASARAN SOSIAL DAN KOMUNIKASI PERUBAHAN PERILAKU (Suatu Pendekatan Studi Literature Review),” Hearty, vol. 6, no. 2, 2018, doi: 10.32832/hearty.v6i2.1276.
[8] How the World Changed Social Media. UCL Press, 2016.
[9] D. Cabrera, D. Roy, and M. S. Chisolm, “Social Media Scholarship and Alternative Metrics for Academic Promotion and Tenure,” J. Am. Coll. Radiol., vol. 15, no. 1, pp. 135–141, 2018, doi: 10.1016/j.jacr.2017.09.012.
[10] D. Prajarini, Media Sosial Periklanan-Instagram. grup penerbitan CV BUDI UTAMA, 2020.
[11] Sekaran et al., “PENGARUH PROMOSI KAFE SOBAHOLLIC DI INSTAGRAM TERHADAP MINAT BERKUNJUNG,” Pakistan Res. J. Manag. Sci., vol. 7, no. 5, pp. 1–2, 2018, [Online]. Available: http://content.ebscohost.com/ContentServer.asp?EbscoContent=dGJyMNLe80Sep7Q4y9f3OLCmr1Gep7JSsKy4Sa6WxWXS&ContentCustomer=dGJyMPGptk%2B3rLJNuePfgeyx43zx1%2B6B&T=P&P=AN&S=R&D=buh&K=134748798%0Ahttp://amg.um.dk/~/media/amg/Documents/PoliciesandStrategies/S.
[12] S. Manis, “Pengertian Promosi, Tujuan, Manfaat, Jenis, dan Contoh Promosi Lengkap,” Pelajaran.co.id. https://www.pelajaran.co.id/pengertian-promositujuan-manfaat-jenis-dan-contoh-promosi/.
[13] “Mengenal Jenis-jenis Promosi yang Ampuh Untuk Bisnis Anda,” sodexo. https://www.sodexo.co.id/jenis-jenis-promosi/#:~:text=Jenis-jenisPromosi1Traditional Marketing. Salah satu cara,masih memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan bisnis Anda.?msclkid=3b2935ffd0fc11ecb89f89aed50aafc9.
[14] A. Rahma, “Event Sebagai Salah Satu Bentuk Strategi Komunikasi Pemasaran Produk Fashion Nasional (Event Tahunan Jakcloth),” Nyimak (Journal Commun., vol. 1, no. 2, pp. 149–169, 2018, doi: 10.31000/nyimak.v1i2.480.
[15] A. Asfihan, “Event Adalah : Jenis-jenis, Karakteristik dan Manajemen Event,” Adalah.co.Id, 2022. https://adalah.co.id/event/.
[16] riska budiati Putri, “Peranan Diaspora Dalam Mendukung Pembangunan Nasional Indonesia,” 2020, [Online]. Available: http://repository.unhas.ac.id/id/eprint/1952/.
[17] A. Jazuli, “Diaspora Indonesia dan dwi kewarganegaraan dalam perspektif Undang-Undang kewarganegaraan Republik Indonesia,”