Dalam dunia bisnis, teknologi informasi telah menjadi salah satu strategi bisnis yang efektif dan efisien dalam membantu pekerjaan manusia agar mempermudah dalam menjalankan seluruh aktifitas bisnisnya. Knowledge management merupakan suatu kerangka kerja yang digunakan dalam merancang tujuan, struktur, dan proses suatu organisasi sehingga organisasi atau instansi dapat menggunakan apa yang diketahui untuk dipelajari dan agar dapat memanifestasikan nilai dengan memanfaatkan teknologi informasi yang tersedia bagi pelanggan dan komunitasnya. Metode yang digunakan dalam pengukuran kualitas situs internet ini menggunakan metode webqual 4.0 yang dilakukan oleh pengguna website, sedemikian rupa sehingga pengukuran yang dilakukan akan membantu pengelola situs internet untuk menyesuaikan kualitas dari situs internet sesuai dengan persepsi pengguna situs, dalam metode ini memakai tiga variabel yaitu kemudahan penggunaan, kualitas informasi, interaksi pelayanan serta kepuasan pengguna. Metode penelitian webqual 4.0 ini lebih baik dari metode penelitian webqual sebelumnya yang biasa digunakan dalam mengukur dan menganalisa tingkat kualitas pada Website KMS E-Learning PT. Pegadaian. Dari 60 pengguna website KMS e-learning PT. Pegadaian terhadap kepuasan pengguna secara umum memberikan kontribusi yang baik untuk individu terkait dan menjadikan website KMS e-learning PT. Pegadaian lebih efisien dan efektif dalam digunakan sehingga dapat meningkatkan pengetahuan mengenai PT. Pegadaian. Hasil uji t menunjukkan bahwa nilai signifikansi dari variabel kegunaan sebesar 0,000, variabel kualitas informasi sebesar 0,037 dan variabel kualitas informasi pelayanan sebesar 0,387.
11212286 - PANDU RAISA MAHENDRA
[1] Ardiyansyah and Iramayani, “Rancang Bangun Sistem Informasi Akuntansi Pendapatan Jasa Pada Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) Harapan Jaya Pontianak,” J. Tek. Inform. Kaputama, vol. 5, no. 1, pp. 9–18, 2021.
[2] Y. Fitriani, “Analisa Pemanfaatan Learning Management System (Lms) Sebagai Media Pembelajaran Online Selama Pandemi Covid-19,” J. Inf. Syst. Informatics Comput., vol. 4, no. 2, p. 1, 2020, doi: 10.52362/jisicom.v4i2.312.
[3] C. B. Winardi, E. D. S. Listianti, and M. A. Herdiputra, “Perancangan Knowledge Management System Berbasis Android Pada Pt Pegadaian ( Persero ),” Senamika, vol. 1, no. 2, pp. 444–454, 2020.
[4] M. Rifqi Firdaus, D. Silvi Purnia, K. Handayani, and M. Fahmi Julianto, “Analisis Pengukuran Kualitas Website Cakrawalamedia.Co.Id Dengan Menggunakan Metode Webqual 4.0,” J. Tek. Inform. Kaputama, vol. 4, no. 1, pp. 1–7, 2020.
[5] R. Abdulloh, 7 in 1 Pemrograman Web Tingkat Lanjut. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo, 2018.
[6] R. R. Rerung, Pemrograman Web Dasar, 1st ed. Yogyakarta: Deepublish, 2018.
[7] Y. Iskandar, Pengantar Aplikasi Komputer, 1st ed. Yogyakarta: Deepublish, 2018.
[8] Anhar, PANDUAN BIJAK BELAJAR INTERNET UNTUK ANAK. Sukabumi: Adamssein Media, 2016.
[9] R. Abdulloh, Easy & Simple - Web Programming. Jakarta: Elex Media Komputindo, 2016.
[10] A. Solichin, Pemrograman Web dengan PHP dan MySQL. Jakarta: Budi Luhur, 2016.
[11] S. A. Andriansyah, Ferly; Suryani, Nining; Putri, “ANALISA KEPUASAN PENGGUNA TERHADAP KUALITAS APLIKASI TICKET MONITORING PT. INFRASTRUKTUR TELEKOMUNIKASI DENGAN METODE
WEBQUAL,” J. Ilmu Pengetah. dan Teknol. Komput., vol. 4, no. 1, pp. 111–118, 2018.
[12] L. Berganda, “Penerapan Metode Suksesif Interval pada Analsis Regresi,” vol. 1, pp. 43–53, 2019.
[13] A. Sudradjat, Selviana, and W. Widiati, “Metode Webqual 4.0 Untuk Mengukur Kualitas Website Quick Online Booking PT. Pos Indonesia,” Inf. Syst. Educ. Prof. J. Inf. Syst., vol. 5, no. 1, pp. 21–30, 2020, [Online]. Available: http://ejournal-binainsani.ac.id/index.php/ISBI/article/view/1391.
[14] P. D. Sugiyono, “Metode penelitian kuantitatif dan kualitatif dan R&D [Quantitative and qualitative and R & D research methods],” Alfabeta., vol. 2015, 2013.
[15] Dafid and D. Novita, “Metode WebQual 4 . 0 Untuk Analisis Kualitas Web Pembelajaran,” Jtksi, vol. 01, no. 02, pp. 17–20, 2018.