Meningkatnya pertumbuhan dompet digital yang besar tidak sebanding dengan pertumbuhan konsumen untuk bertransaksi online karena beberapa kendala diantaranya rendahnya pentrasi kredit dan adanya kekhawatiran masyarakat akan keamanan data diri pribadi. Tujuan dari penelitian adalah Untuk menguji tingkat kepuasaan masyarakat pengguna dompet digital terhadap layanan pada aplikasi dana khususnya untuk penilaian dengan menerapkan metode servqual. Dengan metode ini, penulis akan melakukan metode kuantitatif dengan menggunakan metode servqual dan metode kuantitatif untuk mengukur berapa banyak kepuasan pengguna memakai aplikasi dompet digital. Dalam penelitian ini terdapat beberapa pengujian yang akan dilakukan yaitu uji validitas, uji reliabilitas dan metode servqual.
BADRUS SHOLEH, FICHRI ILHAM RAMADHAN, dan NORIS
[1] T. Effect et al., “International Journal Administration , Business & Organization The Effect Of E-Service Quality On Customer Loyalty With Customer Satisfaction As,” vol. 2, no. 3, pp. 49–58, 2021.
[2] M. R. Cuhanazriansyah, M. Giatman, and E. Ernawati, “Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan DANA pada masa Physical Distancing,” J. Penelit. dan Pengemb. Sains dan Hum., vol. 5, no. 2, p. 311, 2021, doi: 10.23887/jppsh.v5i2.35853.
[3] R. Sulistyowati, L. Paais, and R. Rina, “Persepsi Konsumen Terhadap
Penggunaan Dompet Digital,” ISOQUANT J. Ekon. Manaj. dan Akunt., vol. 4, no. 1, p. 17, 2020, doi: 10.24269/iso.v4i1.323.
[4] Herlinawati, L. Banowati, and D. Revilia, “Tingkat Kepuasan Masyarakat Terhadap Pendaftaran Online Pada Aplikasi Mobile JKN,” Heal. Care J. Kesehat., vol. 10, no. 1, pp. 78–84, 2021, doi: 10.36763/healthcare.v10i1.114.
[5] S. Satria, “Analisis Sistem Informasi Mengukur Kepuasan Pelayanan Pelanggan Dengan Metode Servqual,” Kilat, vol. 8, no. 1, pp. 52–64, 2019, doi: 10.33322/kilat.v8i1.425.
[6] A. Kepuasan et al., “Analisis kepuasan konsumen terhadap penggunaan aplikasi dana sebagai penyedia jasa dompet digital,” 2021.
[7] N. K. Muhamad rIzal, Erna Maulina, “FINTECH SEBAGAI SALAH SATU SOLUSI PEMBIAYAAN BAGI UMKM,” 2018.
[8] A. Muis, A. Fathoni, and M. M. M. M. Minarsih, “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Konsumen Terhadap Pengguna Tranportasi Go-Jek Di Semarang,” J. Ekon. dan Bisnis, vol. 4, no. 4, pp. 1–18, 2018.
[9] D. G. W. Santosa and I. A. Mashyuni, “Pengaruh Promosi dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan Grab di Kota Denpasar,” Widya Amrita, vol. 1, no. 1, pp. 290–302, 2021, doi: 10.32795/widyaamrita.v1i1.1176.
[10] Asrizal Efendy Nasution and S. M. A. Nasution, “Pengaruh Kualitas Pelayanan Faktor Emosional Biaya Dan Kemudahan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Pengguna Aplikasi Jasa Gojek Di Medan,” Proceding Semin. Nas. Kewirausahaan, 2(1), 2021, hal 142- 155, vol. 2, no. : Kualitas Pelayanan, Faktor Emosional, Biaya dan Kemudahan, keinginan konsumen, p. 14 pages, 2021, [Online]. Available: file:///C:/Users/Asus/Downloads/jurnal tmmetopen/5. Pengaruh Kualitas Pelayanan Faktor Emosional Biaya 2021.pdf
[11] Jagomos C Jansela Situmorang, Fauzi Akbar Maulana Hutabarat, Wong Pong Lan, Ngajudin Nugroho, and Lisa, “Kualitas Pelayanan Mitra Gojek Terhadap Kepuasan Pengguna Layanan Go-Ride,” Arbitr. J. Econ. Account., vol. 2, no. 2, pp. 51–54, 2021, doi: 10.47065/arbitrase.v2i2.285.
[12] D. Pranitasari and A. N. Sidqi, “Analisis Kepuasan Pelanggan Elektronik Shopee menggunakan Metode E-Service Quality dan Kartesius,” J. Akunt. dan Manaj., vol. 18, no. 02, pp. 12–31, 2021, doi: 10.36406/jam.v18i02.438.
[13] Nafisa Choirul Mar’ati, “PENGARUH KUALITAS LAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN JASA TRANSPORTASI OJEK ONLINE (STUDI PADA KONSUMEN GOJEK DI SURABAYA),” Probl. Endocr. Pathol., vol. 78, no. 4, pp. 57–64, 2021, doi: 10.21856/jpep.2021.4.08.
[14] A. H. Al Hakim, “Analisis Pengaruh Customer Relationship Management (Crm) Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan (Studi Pada Pengguna Dompet Digital Go-Pay),” Anal. Pengaruh Cust. Relatsh. Manag. Terhadap Dan Loyal. Pelangg. (Studi Pada Pengguna Dompet Digit. Go-Pay), vol. 2, no. 1, pp. 35–100, 2020.
[15] Z. Y. Firdaus, D. Krisbiantoro, and F. N. Afiana, “PENGGUNAAN APLIKASI DOMPET DIGITAL MENGGUNAKAN TECHNOLOGY ACCEPTANE
MODEL ( TAM ) Abstraksi Keywords : Pendahuluan Tinjauan Pustaka,” 2021.
[16] N. D. R. Rembulan and E. A. Firmansyah, “Perilaku Konsumen Muslim Generasi-Z Dalam Pengadopsian Dompet Digital,” Valid J. Ilm., vol. 17, no. 2, p. 111, 2020.
[17] W. A. Bimo, “PENILAIAN PENGGUNAAN DOMPET DIGITAL SAAT PANDEMI Covid-19.,” Monet. J. Keuang. dan Perbank., vol. 9, no. 2, p. 37, 2021, doi: 10.32832/moneter.v9i2.5827.
[18] S. Watmah, S. Fauziah, and N. Herlinawati, “Identifikasi Faktor Pengaruh Penggunaan Dompet.,” Indones. J. Softw. Eng., vol. 6, no. 1, pp. 261–269, 2020.
[19] J. Teknologi and I. Jtsi, “ANALISIS KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP PENGGUNAAN APLIKASI DANA MENGGUNAKAN METODE SWOT,” vol. 3, no. 1, pp. 20–26, 2022.
[20] R. Kesumawati, “Analisis Kepuasan Nasabah Menggunakan Metode Service Quality dan Customer Satisfaction Index,” Technol. Sci., vol. 4, no. 1, pp. 88–95, 2022, doi: 10.47065/bits.v4i1.1557.
[21] J. Nugroho, “Gopay User Satisfaction Analysis in Semarang City during the Covid-19 Pandemic,” J. Admisi dan Bisnis, vol. 22, no. 1, pp. 25–34, 2021, [Online]. Available: https://jurnal.polines.ac.id/index.php/admisi/article/view/2487
[22] N. F. Hurriyah, “Kualitas Pelayanan Pencatatan Nikah di Kantor Urusan Agama Kecamatan Galesong Utara Kabupaten Takalar,” J. Algoritm. Makassar, vol. Vol. 1 No., p. 319, 2018.
[23] M. Dirang and I. Iriani, “Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Tingkat Kepuasan Pengguna Ruang Tunggu Penumpang Pelabuhan Tanjung Perak Dengan Metode Servqual Dan Triz,” Juminten, vol. 2, no. 1, pp. 49–60, 2021, doi: 10.33005/juminten.v2i1.141.
[24] R. W. Tyas and N. Azizah, “Analisa Kepuasan Pengguna Dompet Digital melalui Continuance Use Intention dengan Expectation Confirmation Model Ruli,” J. Ilm. Poli Bisnis, vol. 14, no. 2, pp. 126–140, 2022.
[25] F. R. Wilujeng, G. D. Rembulan, D. Andreas, and H. Tannady, “Meningkatkan Kepuasan Pelanggan pada Dua Bisnis E-Commerce Terbesar di Indonesia dengan Menggunakan Analisis Servqual dan IPA,” Pros. Semin. Nas. Sains dan Teknol., pp. 1–9, 2019.
[26] B. S. Silalahi and F. J. Kaunang, “Analisis Service Quality pada Aplikasi DANA berdasarkan Sudut Pandang Pelanggan di Daerah Bandung Barat Menggunakan Metode Servqual dan Model Kano Analysis of Service Quality on DANA based on customer point of view in Bandung area using Servqual Method an,” pp. 121–133.
[27] E. Saputri, “Evaluasi Kepuasan Pengguna Layanan Aplikasi Mobile Myindihome Berdasarkan Kombinasi Metode Servqual Dan Metode Webqual,” J. Tekno Kompak, vol. 14, no. 1, p. 27, 2020, doi: 10.33365/jtk.v14i1.525.
[28] Febrianawati Yusup, “UJI VALIDITAS DAN RELIABILITAS INSTRUMEN PENELITIAN KUANTITATIF.,” J. Tarb. J. Ilm. Kependidikan, vol. 7 No. 1., no. 1, 2018, doi: 10.21831/jorpres.v13i1.12884.
[29] N. M. Janna and Herianto, “KONSEP UJI VALIDITAS DAN RELIABILITAS DENGAN MENGGUNAKAN SPSS,” J. Darul Dakwah Wal-Irsyad, no. 18210047, pp. 1–12, 2021.
[30] A. A. L. Gunawan and A. Winarti, “Pengaruh aplikasi dompet digital terhadap transaksi dimasa kini,” J. Ilm. Multidisiplin, vol. 1, no. 5, pp. 352–356, 2022.
[31] V.Herlina, “Panduan praktis mengolah data kuisioner menggunakan SPSS.,” Elex Media Komputindo, 2019.
[32] R. D. Risanty and A. Sopiyan, “Pembuatan Aplikasi Kuesioner Evaluasi Belajar Mengajar Menggunakan Bot Telegram Pada Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Jakarta (Ft-Umj) Dengan Metode Polling,” Semin. Nas. Sains dan Teknol., no. November, pp. 1–9, 2018, [Online]. Available:https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnastek/article/view/2071/1712
[33] I. Lesmana, R. D. C. Pamikiran, and I. L. Labaro, “Produksi dan Produktivitas Hasil Tangkapan Kapal Tuna Hand Line yang Berpangkalan di Kelurahan Mawali, Kecamatan Lembeh Utara, Kota Bitung,” J. Ilmu dan Teknol. Perikan., vol. 2, no. 6, pp. 205–211, 2018.
[34] R. A. Setyawan and W. F. Atapukan, “Pengukuran Usability Website ECommerce Sambal Nyoss Menggunakan Metode Skala Likert,” Compiler, vol. 7, no. 1, pp. 54–61, 2018, doi: 10.28989/compiler.v7i1.254.