PERANCANGAN SISTEM PENGAJUAN KREDIT KONSUMER BERBASIS INTRANET ANTARA KANTOR CABANG PEMBANTU DENGAN KANTOR CABANG PADA PT. BANK TABUNGAN NEGARA (PERSERO) Tbk.

research
  • 25 May
  • 2023

PERANCANGAN SISTEM PENGAJUAN KREDIT KONSUMER BERBASIS INTRANET ANTARA KANTOR CABANG PEMBANTU DENGAN KANTOR CABANG PADA PT. BANK TABUNGAN NEGARA (PERSERO) Tbk.

Sebagai lembaga keuangan, PT. Bank BTN memiliki fungsi sebagai tempat penyimpanan uang dan juga menyalurkan kredit kepada nasabah. Dalam hal menyalurkan kredit, banyak nasabah yang hendak mengajukan pinjaman yang satu diantara alasanya adalah sebagai modal UMKM, Kredit Kepemilikan Rumah (KPR) dan lain-lain. Namun tidak sedikit dari nasabah yang gagal dalam mengajukan pinjaman, banyaknya proses administrasi yang harus dilewati seperti verifikasi data, pengecekan oleh Bank Indonesia (BI Checking), anilisa agunan dan juga persetujuan pimpinan, memakan waktu yang cukup panjang. Untuk mendukung pengolahan data pengajuan kredit calon nasabah perlu dikembangkannya suatu sistem informasi untuk membantu mengetahui apakah data tersebut telah sesuai atau tidak oleh nasabah. Metode yang digunakan untuk mendapatkan infomasi dalam pembuatan sistem ini adalah dengan cara melakukan observasi secara langsung pada saat calon nasabah datang untuk pengajuan kredit. Dalam pengembangan sistem, metode yang digunakan adalah Waterfall. Waterfall dipilih karena metode ini sangat mudah diterapkan dan memungkinkan dilakukan perubahan dalam proses pengembangan sistem informasi ini. Hasil dari penilitian ini, proses administrasi yang mencakup analisa akan langsung diberikan kepada kepala cabang dan keputusan akan diberikan apakah pinjaman disetujui dan tidak disetujui.

Unduhan

 

REFERENSI

[1] L. Hanim, E. Soponyono, and M. Maryanto, “Pengembangan UMKM Digital di Masa Pandemi Covid-19,” Prosiding Seminar Nasional Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, vol. 2, no. 1, 2022, doi: 10.24967/psn.v2i1.1452.

[2] M. Antaristi and Y. I. Kurniawan, “APLIKASI KLASIFIKASI PENENTUAN PENGAJUAN KARTU KREDIT MENGGUNAKAN METODE NAIVE BAYES DI BANK BNI SYARIAH SURABAYA,” Komputa : Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika, vol. 8, no. 1, 2019.

[3] S. Winasis, “Transformasi Digital di Industri Perbankan Indonesia : Impak pada Stress Kerja Karyawan,” IQTISHADIA Jurnal Ekonomi & Perbankan Syariah, vol. 7, no. 1, 2020, doi: 10.19105/iqtishadia.v7i1.3162.

[4] P. R. E. Pande, I. N. T. A. Putra, and N. W. S. Putri, “RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PENGAJUAN KREDIT PADA BUMDESA BERSAMA SANTHI SEDANA,” Telematika, vol. 17, no. 2, 2020, doi: 10.31315/telematika.v17i2.3620.

[5] H. Wijoyo, SISTEM INFORMASI MANAJEMEN. Insan Cendekia Mandiri, 2021. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?id=CpwhEAAAQBAJ

[6] A. Kadir, “Pengenalan Sistem Informasi, Yogyakarta: CV,” Andi Offset, 2014.

[7] I. Sommerville, Software engineering / Ian Sommerville. — 9th ed, vol. 9, no. 978-0-13-703515–1. 2011.

[8] S. Sukamto dan M, “Rekayasa Perangkat Lunak,” Informatika Bandung, 2015.

[9] R. Abdulloh, “7 in 1 Pemrograman Web Untuk Pemula,” PT Elex Media Komputindo. 2018.

[10] J. A. Marakas, George M ; O’brien, Introduction to Information Systems Sixteenth edition. 2013.

[11] Ismai, “Studi Komparasi Pengembangan Websitedengan Framework Codeigniter Dan Laravel,” in Conference on Business, Social Sciences and Innovation Technology, vol. 1, no. 1, 2020.

[12] P. Hidayatullah and J. Khairul Kawistara, Pemrograman WEB Edisi Revisi. 2020.

[13] E. Ratnasari, “Pengertian Dan Fungsi Xampp,” Ilmuti.Org, 2018.

[14] P. Hasan, “Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Kredit Modal Usaha Pada Pt.Bank Bpr Pmm,” Jurnal Sistem Informasi Dan Teknologi Informasi, vol. 7, no. 1, 2018.

[15] I. Mahendra and D. T. Eby Yanto, “SISTEM INFORMASI PENGAJUAN KREDIT BERBASIS WEB MENGGUNAKAN AGILE DEVELOPMENT METHODS PADA BANK BRI UNIT KOLONEL SUGIONO,” JURNAL TEKNOLOGI DAN OPEN SOURCE, vol. 1, no. 2, 2018, doi: 10.36378/jtos.v1i2.20.