Sisnaker merupakan platform resmi Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia berbasis online yang dapat membantu dalam mengakses layanan-layanan dan informasi ketenagakerjaan. Ada beberapa layanan Ketenagakerjaan yang dapat kamu akses di aplikasi SISNAKER di antaranya Layanan Pelatihan, Karirhub dan Pusat bantuan. Penelitian ini dilakukan untuk mengukur kepuasan pengguna dalam menggunakan aplikasi Sisnaker yang ada di Balai Latihan Kerja Kabupaten Buru dengan metode usability testing berdasarkan lima variabel yaitu learnability, efficiency, memorability, errors, serta satisfaction. Oleh karena itu dibutuhkan evaluasi untuk menganalisis tingkat kegunaan (Usability) pada suatu aplikasi agar dapat membantu dalam mengembangkan dan meningkatkan suatu aplikasi sehingga dapat mengidentifikasi masalah yang dihadapi oleh pengguna. Dalam pengujian pada beberapa aspek usability diatas, dapat disimpulkan bahwa nilai usability aplikasi Sisnaker sudah cukup baik, serta aspek – aspek tentang learnability, efficiency, memorability, error, serta satisfaction sudah berada pada kriteria yang cukup baik. Hanya saja ditemukan beberapa hal perlu dilakukan perbaikan kembali yaitu tentang tingkat error pada aplikasi, dimana saat melakukan login sering terjadi kesalahan setiap menginput email dan password yang terdaftar. Namun secara keseluruhan aplikasi Sisnaker sudah cukup baik.
11213271 - SUHENDRA HI. LAWU
[1] Y. Yadi, “Analisa Usability Pada Website Traveloka,” J. Ilm. Betrik, vol. 9, no. 03, pp. 172–180, 2018, doi: 10.36050/betrik.v9i03.43.
[2] F. A. Yul and M. Jannah, “ANALISIS USABILITAS WEBSITE SIAM UMRI MENGGUNAKAN METODE USABILITY TESTING,” vol. 7, no. 1, pp. 86–95, 2020.
[3] T. H. Sasongko, Analisis sosial: bersaksi dalam advokasi irigasi. Akatiga, 2006.
[4] J. Rubin, D. Chisnell, and J. Spool, Handbook of Usability Testing: How to Plan, Design, and Conduct Effective Tests. Wiley, 2011.
[5] W. A. Pramono, H. M. Az-Zahra, and R. I. Rokhmawati, “Evaluasi Usability Pada Aplikasi MyTelkomsel Dengan Menggunakan Metode Usability Testing,” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 3, no. 3, pp. 2235–2242, 2019.
[6] A. W. Soejono, A. Setyanto, A. F. Sofyan, and W. Anova, “Evaluasi Usability Website UNRIYO Menggunakan S ystem Usability Scale ( Studi Kasus : Website UNRIYO ),” vol. XIII, pp. 29–37, 2018.
[7] M. S. Hartawan, “Analisa user interface untuk meningkatkan user experience menggunakan usability testing pada aplikasi android pemesanan test drive mobil,” J. Teknol. Inf. ESIT, Univ. Krisnadwipayana, vol. 14, no. 2, pp. 46–52, 2019.
[8] T. Yuliyana, I. K. R. Arthana, and K. Agustini, “Usability Testing pada Aplikasi POTWIS,” JST (Jurnal Sains dan Teknol., vol. 8, no. 1, pp. 12–22, 2019, doi: 10.23887/jst-undiksha.v8i1.12081.
[9] M. M. Dra. Hj. Yulia Djahir and S. P. M. P. Dewi Pratita, bahan Ajar Sistem Informasi Manajemen. Deepublish, 2015.
[10] T. Sutabri, Analisis Sistem Informasi. Penerbit Andi,2012.
[11] M. R. Asyari, S. Ramadhani, and S. Baru, “Sistem Informasi Arsip Surat Menyurat,” J. Teknol. dan Inf. Bisnis, vol. 3, no. 1, pp. 175–184, 2021.
[12] A. I. Rahmansyah and D. Darwis, “Sistem Informasi Akuntansi Pengendalian Internal Terhadap Penjualan (Studi Kasus : Cv. Anugrah Ps),” J. Teknol. dan Sist. Inf., vol. 1, no. 2, pp. 42–49, 2020, [Online]. Available: http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/JTSI
[13] S. Efendi and B. A. Keliat, “Pencegahan Kekambuhan Klien Skizofrenia Berbasis Mobile Apps dan Mobile Web: Systematic Review,” J. Penelit. Kesehat. “SUARA FORIKES” (Journal Heal. Res. “Forikes Voice”), vol. 11, no. April, p. 10, 2020, doi: 10.33846/sf11nk202.
[14] N. A. Murti, “Analisis Usability Testing Pada Aplikasi Transportasi Online Untuk Mengukur Kepuasan Pengguna,” JSiI (Jurnal Sist. Informasi), vol. 7, no. 1, p. 19, 2020, doi: 10.30656/jsii.v7i1.2102.
[15] A. Tinar, S. H. Wijoyo, and R. I. Rokhmawati, “Evaluasi Usability Tampilan Antarmuka Website Perpustakaan Politeknik Kesehatan Kemenkes Kota Malang menggunakan Metode Usability Testing dan Heuristic Evaluation,” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 3, no. 11, pp. 10453–10461, 2019.
[16] M. Baharrudin, N. H. Wardani, and A. D. Herlambang, “Analisis Usability Pada Sistem Informasi FILKOM Apps Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya,” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput. Univ. Brawijaya, vol. 2, no. 10, pp. 4179–4183, 2018.
[17] B. A. B. Iii and M. Penelitian, “No Title”.
[18] S. I. I. B. Darmajaya, “PENERAPAN METODE USABILITY PADA SISTEM INFORMASI PELAYANAN PELANGGAN ( STUDI KASUS : WEBSITE PDAM TIRTA MUSI PALEMBANG ),” pp. 252–265, 2017.
[19] Metodologi Penelitian Pendekatan Multidisipliner. Ideas Publishing, 2018.
[20] A. Damayanti, S. H. Wijoyo, and A. N. Rusydi, “Evaluasi Usability dan Perbaikan Desain Antarmuka Pengguna Aplikasi Mobile Library Perpustakaan Kota Malang menggunakan Metode Usability Testing,” vol. 4, no. 9, pp. 3185–3192, 2020.
[21] J. Chaniago, “Tabel r ( Koefisien Korelasi Sederhana ),” 2010, [Online]. Available: https://junaidichaniago.files.wordpress.com/2010/05/tabel-r.pdf