Perkembangan layanan jasa perbankan melalui smartphone atau yang dikenal dengan mobile banking, dimana banyak layanan ditawarkan. Sehingga banyak layanan mobile banking dari berbagai transaksi perbankan, seperti BCA Mobile, BNI Mobile Banking, BRImo BRI, dan Livin' by Mandiri. Layanan transaksi perbankan tersebut bersaing mengeluarkan layanan mobile banking dengan berbagai macam kriteria kegunaan pemakaian untuk menarik minat nasabah. Sehingga membuat nasabah bingung untuk memilih mobile banking, maka dari itu dibutuhkan sistem pendukung keputusan menggunakan metode MOORA untuk memecahkan masalah tersebut. Tujuan dari penelitian ini untuk membantu memudahkan nasabah dalam memilih bank terbaik untuk pelayanan mobile banking sesuai kriteria dengan menerapkan metode MOORA. Hasil perhitungan menunjukan masing-masing layanan transaksi perbankan diantaranya BCA Mobile memiliki nilai Yi sebesar 0,3668, BNI Mobile Banking memiliki nilai Yi sebesar 0,3391, BRImo BRI memiliki nilai Yi sebesar 0,3578, dan Livin' by Mandiri memiliki nilai Yi sebesar 0,3356. Hasil dari penelitian ini yaitu ditentukan bahwa BCA Mobile terpilih sebagai layanan transaksi perbankan dengan mobile banking terbaik.
11213038 - GILANG ADITYA RAMADHAN
[1] T. Yuniati, R. Pramukty, and S. Siburian, “Pengaruh Persepsi Fraud Dan Kepercayaan Terhadap Penggunaan Layanan Mobile Banking (Nasabah Bank Umum Pengguna Layanan Mobile Banking),” J. Ilm. Akunt. dan Manaj., vol. 18, no. 1, 2022, [Online]. Available: http://ejurnal.ubharajaya.ac.id/index.php/JIAM/article/view/1102%0Ahttp://ejurnal.ubharajaya.ac.id/index.php/JIAM/article/download/1102/857.
[2] A. Fandi, “Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Minat Nasabah Menggunakan Mobile Banking PT Bank Syariah Mandiri Surabaya,” J. Ekon. Islam, vol. 2, no. 3, pp. 110–117, 2019, [Online]. Available: http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jei/.
[3] R. Marginingsih, “Kualitas Mobile Banking Terhadap Kepuasan Nasabah Bank BRI (Studi Pada Pengguna BRI Mobile di Kota Depok),” Monet. - J. Akunt. dan Keuang., vol. 7, no. 1, pp. 24–31, 2020, doi: 10.31294/moneter.v7i1.7475.
[4] T. Chaidir, I. Ro’is, and Akhmad Jufri, “Penggunaan Aplikasi Mobile Banking Pada Bank Konvensional dan Bank Syariah di Nusa Tenggara Barat: Pembuktian Model Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT),” Elastisitas - J. Ekon. Pembang., vol. 3, no. 1, pp. 61–76, 2021, doi: 10.29303/e-jep.v3i1.37.
[5] M. O. Pranoto and R. G. Setianegara, “ANALISIS PENGARUH PERSEPSI MANFAAT, PERSEPSI KEMUDAHAN, DAN KEAMANAN TERHADAP MINAT NASABAH MENGGUNAKAN MOBILE BANKING (Studi Kasus pada PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Kantor Cabang Semarang Pandanaran),” Keunis, vol. 8, no. 1, p. 1, 2020, doi: 10.32497/keunis.v8i1.2117.
[6] Ahmadi and D. C. E. Lisapaly, Efektivitas Penerapan Pembelajaran Daring di Tengah Badai COVID-19. Bandung: Media Sains Indonesia, 2022.
[7] F. Sulianta, Strategi Merancang Arsitektur Sistem Informasi Masa Kini. Jakarta: Elex Media Komputindo, 2019.
[8] A. Rozaq, Konsep Perancangan Sistem Informasi Bisnis Digital. Banjarmasin: Poliban Press, 2020.
[9] M. T. I. Ferry Susanto, S.Kom., Pengenalan Sistem Pendukung Keputusan. Yogyakarta: Deepublish, 2020.
[10] L. A. Latif, M. Jamil, and S. H. Abbas, Buku Ajar: Sistem Pendukung Keputusan Teori dan Implementasi. Yogyakarta: Deepublish, 2018.
[11] H. Asnal, Agustin, T. A. Fitri, and M. K. Anam, “Sistem Pendukung Keputusan Penunjukan Supplier Pengadaan Perangkat Kesehatan Pada Instalasi Farmasi RSUD Arifin Achmad Pekanbaru Dengan Metode Multifactor Evaluation Process,” SATIN - Sains dan Teknol. Inf., vol. 6, no. 1, pp. 98–105, 2020, [Online]. Available: http://jurnal.sar.ac.id/index.php/satin.
[12] W. Apriani, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Pimpinan Dengan Metode Multi Attribute Utility Theory (MAUT) di PT.Sagami Indonesia,” J. Mantik, vol. 3, no. 2, pp. 10–20, 2019, [Online]. Available: https://iocscience.org/ejournal/index.php/mantik/index.
[13] D. A. Ridwan and B. Rahman, “Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Penerimaan Raskin (Beras Miskin) Pada Kecamatan Kendari Barat Menggunakan Metode Analythical Hierarchi Process (Ahp),” Simtek J. Sist. Inf. dan Tek. Komput., vol. 4, no. 1, pp. 25–31, 2019, doi: 10.51876/simtek.v4i1.45.
[14] C. Fadlan, A. P. Windarto, and I. S. Damanik, “Penerapan Metode MOORA pada Sistem Pemilihan Bibit Cabai (Kasus: Desa Bandar Siantar Kecamatan Gunung Malela),” J. Appl. Informatics Comput., vol. 3, no. 2, pp. 42–46, 2019, doi: 10.30871/jaic.v3i2.1324.
[15] Z. A. Zulkifly, N. Brasit, M. S. Alhaqqi, and S. Adelia, “Analisis Peningkatan Kualitas Layanan Mobile Banking dengan Pendekatan Metode E-Servqual,” JBMI (Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Inform., vol. 19, no. 1, pp. 61–79, 2022, doi: 10.26487/jbmi.v19i1.21337.
[16] D. Triyanti, R. F. Kaban, and M. Iqbal, “Peran Layanan Mobile Banking Dalam Meningkatkan Kepuasan Dan Loyalitas Nasabah Bank Syariah (Studi Kasus Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Tomang),” J. Muhammadiyah Manaj. Bisnis, vol. 2, no. 1, pp. 181–192, 2021, doi: 10.24853/jmmb.2.1.181-192.
[17] A. A. K. Sulmi, M. Awaluddin, I. Gani, and M. Kara, “Pengaruh Persepsi Kegunaan, Kemudahan, dan Keamanan Terhadap Minat Menggunakan Layanan Mobile Banking (Studi Empiris Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Uin Alauddin Makassar),” Islam. Banking, Econ. Financ. J., vol. 1, no. 2, pp. 59–73, 2021.
[18] I. Aini, Windari, and R. W. Lubis, “Analisis Minat Mahasiswa Dalam Menggunakan Mobile Banking,” J. Perbank. SYARIAH, vol. 1, no. 1, pp. 50–69, 2021.
[19] I. A. Lestari and L. Umilah, “Persepsi Penggunaan Mobile Banking Terhadap Kemudahan Dalam Bertransaksi,” Transekonomika Akuntansi, Bisnis dan Keuang., vol. 2, no. 5, pp. 37–46, 2022, doi: 10.55047/transekonomika.v2i5.173.
[20] N. Nurdin, I. Musyawarah, N. Nurfitriani, and A. Jalil, “Pengaruh Pelayanan Mobile Banking Terhadap Kepuasan Nasabah (Studi Pada Mahasiswa Perbankan Syariah IAIN Palu),” J. Ilmu Perbank. dan Keuang. Syariah, vol. 2, no. 1, pp. 87–104, 2020, doi: 10.24239/jipsya.v2i1.24.87-104.
[21] M. Rizki, M. Arhami, and Huzeni, “Perbaikan Algoritma Naive Bayes Classifier Menggunakan Teknik Laplacian Correction,” J. Teknol., vol. 21, no. 1, pp. 39–45, 2021.
[22] S. Hadi and N. Novi, “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penggunaan Layanan Mobile Banking,” Optim. J. Ekon. dan Pembang., vol. 5, no. 1, pp. 55–67, 2019, doi: 10.12928/optimum.v5i1.7840.
[23] G. Ramadhan, “Hasil Pengolahan Data Penelitian Menggunakan Metode MOORA.” Jakarta, 2022.