Aplikasi adalah program yang dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan pengguna dalam menjalankan pekerjaan tertentu. Seperti halnya Asabri Mobile yang dikembangkan oleh perusahaan untuk memberikan layanan prima terhadap pesertanya dalam bidang teknologi. Namun tidak sedikitnya aduan dan komplain terhadap aplikasi karena terkendala saat registrasi/login, update data diri dan desain interface yang tidak user friendly, yang menyebabkan masih banyak peserta kesulitan dalam pengoperasian aplikasi Asabri Mobile. Sehingga untuk mengatasi kendala tersebut diperlukan analisis kualitas sebuah aplikasi dengan cara pengukuran kualitas berdasarkan persepsi pengguna. Dalam penelitian ini untuk pengukuran kualitas menggunakan metode webqual dengan instrumen tiga dimensi utama webqual 4.0. Penelitian ini dilakukan di PT ASABRI (Persero) dengan penyebaran kuesioner secara online kepada pengguna aplikasi Asabri Mobile. Dari pengumpulan data kuesioner yang di dapat, kemudian diolah dan diuji menggunakan SPSS 24. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini adalah perkembangan aplikasi Asabri Mobile yang lebih baik, didapat bahwa Kualitas Informasi, Kualitas Layanan dan Kualitas Kegunaan berpengaruh positif terhadap kepuasan pengguna Asabri Mobile.
11213160 - ANGGA ADI PUTRA
[1] B. Huda dan B. Priyatna, “Penggunaan Aplikasi Content Management System (CMS) untuk Pengembangan Bisnis Berbasis E-commerce,” Systematics, vol. 1, no. 2, hlm. 81–88, 2019.
[2] B. Sumantri, “pengaruh kualitas pelayanan dan produk Pembiayaan terhadap minat dan keputusan menjadi nasabah di bank syariah,” Jurnal Economia, vol. 10, no. 2, hlm. 141–147, 2014.
[3] F. Andriani, “Pengaruh iklan dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian konsumen Tokopedia (studi kasus pada pengguna tokopedia di Jabodetabek),” Jurnal Inovatif Mahasiswa Manajemen, vol. 1, no. 3, hlm. 266–278, 2021.
[4] A. Faza dan A. P. Utomo, “Analisa Kualitas Layanan Website PT. Masusskita United Menggunakan Metode Webqual,” Jurnal Tekno Kompak, vol. 15, no. 2, hlm. 88–99, 2021.
[5] E. Suryani, M. T. Departemen, M. Teknologi, B. Keahlian, I. Fakultas, dan B. Dan, “Analisis Kepuasan Pengguna Pada Situs Gotomalls. Com Menggunakan Metode WebQual Irianto Bunga Pratama 9112205407 Dosen Pembimbing,” 2017.
[6] S. Siyoto dan M. A. Sodik, Dasar metodologi penelitian. Literasi media publishing, 2015.
[7] J. Hutahaean, Konsep sistem informasi. Deepublish, 2015.
[8] S. Santoso dan J. Hutahaean, “Aplikasi Toko Buku Online Berbasis Mobile Ecommerce,” dalam Seminar Nasional Royal (SENAR), 2018, vol. 1, no. 1, hlm. 339–344.
[9] L. Setiyani, J. Wagiar, dan E. Tjandra, “Analisis Kualitas Sistem Aplikasi Dapodik Pada Koordinator Wilayah Bidang Pendidikan Kecamatan Kutawaluya Menggunakan Model Webqual 4.0,” Jurnal Interkom: Jurnal Publikasi Ilmiah Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi, vol. 15, no. 2, hlm. 55–62, 2020.
[10] S. Syaifullah dan D. O. Soemantri, “Pengukuran kualitas website menggunakan metode webqual 4.0 (studi kasus: Cv. Zamrud multimedia network),” Jurnal Ilmiah Rekayasa dan Manajemen Sistem Informasi, vol. 2, no. 1, hlm. 19–25, 2016.
[11] Rezita Suryani dan Ade, “Analisis Kualitas Website Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Konsumen Dalam Berbelanja Menggunakan Aplikasi Shopee,” 2019.
[12] Alifiarga dan Hafiz, “Penerapan metode webqual 4.0 pada pengukuran kualitas website pencarian kerja (studi kasus: Jobstreet),” 2019.
[13] Y. Malau dan P. Pusfitaningrum, “Ananlisi Kualitas Website JD. ID Terhadap Kepuasan Pengguna Mengggunakan Metode Webqual 4.0,” JIEET (Journal of Information Engineering and Educational Technology), vol. 2, no. 2, hlm. 109–116, 2018.
[14] Angga A. Putra dan M. K. Siti Nurlela, “Analisis Kualitas Aplikasi Asabri Mobile Menggunakan Metode Webqual,” 2023.
[15] Prof. Dr. Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Alfabeta, 2013.
[16] M. Silalahi, “Analisis Website mataharimall. com Menggunakan Metode WEBQUAL 4.0 (Studi Kasus Pelanggan Di Kota Batam),” Computer Based Information System Journal, vol. 3, no. 2, 2015.