Pada PT. Swadharma Sarana Informatika (PT.SSI) merupakan suatu perusahaan jasa yang bergerak dibidang perbaikan dan pemeliharaan mesin ATM yang berada di Bekasi. PT.SSI ini sudah berdiri sejak tahun 1996. Setiap kegiatan membutuhkan informasi mengenai karyawan akan memerlukan absensi. Proses absensi yang masih manual ini membutuhkan waktu lama dan sering terjadinya kecurangan absensi. Dengan masalah tersebut maka dibuatlah sebuah aplikasi Presensi agar dapat memudahkan absensi karyawan. Metode yang digunakan dalam perancangan sistem ini adalah menggunakan metode Design Thinking yang memiliki beberapa proses yaitu emphasize, define, ideate, prototype, dan test pada pengguna. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan perancangan tampilan presensi pada aplikasi ini dapat memudahkan bagi karyawan PT.SSI.
11180254 - FINKAN INDAH LESTARI
[1] S. e. all, "Pandemi Covid," 2020.
[2] Tecnomedia, perancangan sistem absensi online, 2017.
[3] T. A. Saputra, Program Manajemen Bisnis,Program Studi Manajemen, 2019.
[4] S. w. h. Nur Rubiati, "Aplikasi Absensi siswa menggunakan QR Code Dengan Bahasa Pemrograman PHP di Smkit Zunurain," Jurnal Informatika, vol. 11, p. 2, 2019.
[5] N. N. N. S. A. R. Rudi Setiyanto, "Perancangan Sistem Informasi Persediaan Barang Studi Kasus di Vahncollection," Sisfotek Global, vol. 9, p. 1, 2019.
[6] S. Febriana, "analisis perancangan ui ux sebagai visualisasi penilaian kinerja karyawan birentcar," Universitas Dinamika, p. 6, 2022.
[7] O. A. Dzikri Hasanudin, "Perkembangan Flat design dalam web design dan User Interface (UI)," Pantun jurnal Ilmiah Seni Budaya, vol. 5, p. 136, 2020.
[8] S. L. Ramadhan, "Perancangan User Experience Aplikasi pengajuan E-KTP menggunakan metode UCD," Teknisk informatika dan sistem informatika, vol. 8, pp. 287-298, 2021.
[9] E. F. Erma Susanti, "Pengembangan UI/UX pada aplikasi M-Voting menggunakan metode Design Thingking," Pengembangan UI/UX pada aplikasi M-Voting menggunakan metode Design Thingking, 2019.
[10] T. K. A. P. John Reimon Batmetan, "Model Design Thingking pada perancangan aplikasi mobile elearning," Model Design Thingking pada perancangan aplikasi mobile elearning, vol. 1, p. 23, 2020.
[11] I. R. M. P. S. Aria Ar Razi, "Penerapan Metode Design Thingking pada model perancangan UI/UX aplikasi penanganan laporan kehilangan dan temuan barang tercecer," Penerapan Metode Design Thingking pada model perancangan UI/UX aplikasi penanganan laporan kehilangan dan temuan barang tercecer, vol. 3, pp. 75-93, 2018.
[12] Ladamudin, Analisa dan Desain Sistem Informasi. Graha Ilmu. Yogyakarta, 2013.
[13] J. UNY, Penelitian Kualitatif.
[14] R. P. Andi dan H. Wijoyo, “Evaluasi Usability Pada Aplikasi Permata Mobile X Dengan Menggunakan Metode Usability Testing Dan System Usability Scale (SUS),” JPTIIK, vol. 4, p. 3383, 2020.
[15] P. D. Sugiyono, Metode Penelitian Kualitatif. 2018.