ANALISIS PERSONALISASI E-LEARNING BERDASARKAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN METODE GOAL DIRECTED DESIGN

research
  • 16 May
  • 2023

ANALISIS PERSONALISASI E-LEARNING BERDASARKAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN METODE GOAL DIRECTED DESIGN

Dalam pembelajaran setiap orang mempunyai kebutuhan karakter tersendiri seperti gaya belajar dan motivasi belajar yang berbeda. Adanya perbedaan motivasi belajar diantara masing-masing siswa menyebabkan sangat dibutuhkannya sebuah sistem e-learning sebagai bahan ajar yang dapat memenuhi atau mengakomodasi motivasi siswa. Dimana motivasi belajar pada setiap siswa menjadi pemicu semangat serta kemauan siswa untuk belajar dalam mencapai hasil yang lebih maksimal. Pembelajaran e-learning yang beredar masih bersifat umum dan memiliki keterbatasan. Dalam upaya untuk merancang e-learning yang sesuai, metode Goal Directed Design merupakan metode yang tepat untuk mengidentifikasi tujuan dan perilaku pengguna. Tujuan penelitian ini adalah untuk merancang personalisasi elearning berdasarkan motivasi belajar siswa menggunakan metode Goal Directed Design. Terdapat 7 tahapan dari metode Goal Directed Design (1) Research (2) Modelling (3) Requirement Definition (4) Desgin Framework (5) Design Refinement (6) Development Support (7) Evaluation (Usability Testing). Tahap evaluasi disini menggunakan kuesioner System Usability Scale (SUS). Hasil penelitian didapatkan nilai rata-rata sebesar 80. Skala SUS tersebut dapat dikategorikan sebagai Acceptable dan mendapatkan Grade B dengan rating Good. Maka disimpulkan prototype e-learning ini mudah digunakan, mudah dipelajari oleh pengguna.

Unduhan

 

REFERENSI

[1] Agustini, K. (2017). The adaptive elearning system design. ICIRAD, 1-4.


[2] Harandi, R, S. (2015). Effects of e-learning on student’s motivation. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 423-430.


[3] F. A Ariyan, R.I Rokhmawati, K.C Brata. (2019). Pengembangan Antarmuka Website E-learning untuk Meningkatkan Minat Belajar Pemrograman Dasar Dalam Bahasa Pemrograman Java bagi Mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer.

[4] Yadnya, Agustini, & Tegeh. (2018). Pengembangan Personalized Learning Berorientasi Motivasi Belajar Untuk Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Sawan. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Teknik Informatika (SENAPATI) Ke-9. Hal.85-89.


[5] Girinda, Meisya (2022). Penerapan Metode Goal Directed Design Untuk Evaluasi dan Perbaikan User Interface dalam Meningkatkan User Experience Aplikasi HestiBell. Program Studi Sistem Informasi. Universitas Dinamika.


[7] Rigianti, H. A. (2020). Kendala Pembelajaran Daring Guru Sekolah Dasar Di Kabupaten Banjarnegara. Jurnal Elementary School, Volume 7, Nomor2, (hlm. 297–302).

[8] Slameto. (2013). Belajar & Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.


[9] Suharyanto, S., & Mailangkay, A. (2016). Penerapan E-learning sebagai Alat Bantu Mengajar dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Ilmiah Widya, 3(4), 17-21.


[10] Meidawati, dkk. (2019). Pengaruh Daring Learning Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. ISBN: 978-602-99975-3-8.


[11] Patrick, S., Kennedy, K., & Powell, A. (2013). Mean What You Say: Defining and Integrating Personalized, Blended and Competency Education. iNACOL. The International Association for K-12 Online Learning Press.


[12] Izmestiev, D. (2012). Personalized Learning: a New Ictenabled Education Approach. Moscow: UNESCO Institute. Sahabudin, N. A., & Ali, M. B. (2013). Personalized learning and learning style among upper secondary School Student. International Educational Technology Conference (pp.710 – 716). Elshevier.

[13] Franzoni, A. L., & Assar, S. (2009). Student Learning Styles Adaptation Method Based on Teaching Strategies and Electronic Adaptation Media. Journal Educational Technology & Society, vol 12, 15–29.

[14] Alam, M. S., Saeed, A. S., Sahabuddin, M., & Akter, S. (2013). Relationship between employee recognition and employee contribution in service industry. International Journal of Business and Marketing Management, 1 (1), 1-8.

[15] Grant, P., & Basye, D. (2014). PERSONALIZED LEARNING; A Guide for Engaging Students with Technology. Washington DS: International Society for Technology in Education.


[16] Hamalik, O. (2004). PROSES BELAJAR MENGAJAR. Jakarta: PT Bumi Aksara.


[17] Sukmadinata, Nana Syaodih. (2009). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya


[18] A.M, Sardiman. (2010). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.


[19] Cooper, A., Reimann, R., Cronin, D. & Noessel, C. (2014). About Face: The Essentials of Interaction Design, 4th Edition.


[20] Nielsen, L. (2019). Personas. In Encyclopedia of Human Computer Interaction 3rd Edition (pp. 2039–2091). Interaction Design Foundation

[21] Susanti, F., Junaedi, D., & Effendy, V. (2019). Communication Learning User Interface Model for Children with Autism with the Goal-Directed Design Method. 2019 7th International Conference on Information and Communication Technology (ICoICT), 1–6.

[22] Wei, C., & Xing, F. (2010). The comparison of user-centered design and goal- directed design. IEEE International Conference on Industria Engineering and Engineering Management, 359–360.


[24] Maulana, Y. (2019). Evaluasi Dan Perbaikan Rancangan Antarmuka Pengguna Situs Web Jawa Timur Park Group Menggunakan Metode GoalDirected Design (GDD).
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer (J- PTIIK) Universitas Brawijaya, 3(7), 7159–7165