Transportasi merupakan alat utama yang digunakan untuk berpindah dari tempat satu ketempat lainnya oleh karenanya alat transportasi merupakan hal yang tidak dapat kita singkirkan dalam melakukan berbagai aktifitas. Berbagai pilihan transportasi publik yang ada saat ini dapat digunakan oleh berbagai lapisan masyarakat sesuai dengan kebutuhannya. Salah satunya adalah hadirnya sarana transportasi online yang menjadi salah satu pilihan bagi masyarakat untuk berkendara yang difasilitasi dengan baik yang ditunjang dengan teknologi Akan tetapi dengan banyaknya aplikasi transportasi online tak jarang membuat calon konsumen bingung harus memilih salah satu dari aplikasi transportasi online. Masyarakat banyak yang diberikan pilihan dengan segala tarif yang berbeda, dan keunggulan masing-masing aplikasi transportasi online. Diperlukan sebuah sistem penunjang keputusan (SPK) yang dapat membantu masyarakat dalam menentukan pilihan transportasi online. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif, yaitu membandingkan kriteria dan alternatif yang bisa menghasilkan sebuah keputusan pemilihan transportasi ojek online dengan menggunakan metode Analytical Hierarchy Process dan diuji dengan software expert choice 11. Berdasarkan hasil penelitian menggunakan metode Analytical Hierarchy Process dengan 127 responden didapati bahwa kriteria keamanan pengguna adalah faktor yang paling penting bagi calon konsumen dalam memilih transportasi transportasi online. Sedangkan berdasarkan kriteria alternatif Gojek terpilih sebagai transportasi online pilihan dengan nilai persentase 43%, Grab sebesar 38% dan Maxim 19%.
CHRISTOFEL INDRAWAN dan RIA ANGGRAENI
[1] H. Purwanto, M. Informatika, and A. Bsi Bekasi, KNIT-2 Nusa Mandiri. [Online]. Available: http://sbm.binus.ac.id
[2] Y. Astutik, “21,7 Juta Masyarakat Indonesia Pakai Transportasi Online,” https://www.cnbcindonesia.com, Mar. 17, 2020.
[3] A. Sinun, S. Nurajizah, and I. Atmaja, Sistem Penunjang Keputusan
Pemilihan Taxi Online Terbaik Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process.
[4] E. Sestri, “Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia,” UNIVERSITAS AMIKOM Yogyakarta, 2018.
[5] P. Ojek Online Bagi Wanita Karir Menggunakan et al., “Analytic Hierarchy Process Online Taxi Bike Selection For Career Women Using Analytic Hierarchy Process”.
[6] M. Rasyid and E. Syaiful Wagola, “Sistem Pendukung Keputusan dalam Pemilihan Alat Transportasi Laut di Kabupaten Buru Menggunakan AHP (Analytic Hierarchy Process).”
[7] J. K. W. Gusrianty; Dwi Oktarina, “Sistem Pendukung Keputusan Dengan Metode Promethee Untuk Menentukan Kepuasan Pelanggan Penjualan Sepeda Motor Bekas,” Jurnal Sistemasi, vol. 9, Jan. 2019.
[8] Efraim Turban and Jay E Aronson, Decision Support System And Intelligent System. Yogyakarta: Andi Offset , 2015.
[9] Ahmad Abdul Chamid and Alif Catur Murti, “Prosiding SNATIF Ke -4,” KOMBINASI METODE AHP DAN TOPSIS PADA SISTEM PENDUKUNG
KEPUTUSAN, 2017.
[10] H. Santoso, A. Luhur, J. Raya, and S. Selindung Baru -Pangkalpinang, “STRATEGI MEMILIH INTERNET SERVICE PROVIDER TERBAIK UNTUK PERGURUAN TINGGI (STUDI KASUS : STMIK ATMA
LUHUR),” 2012.
[11] B. W. Taylor, Introduction to Management Science, Sains Manajemen, 4th ed. Jakarta , 2014.
[12] D. Wibisono, Manajemen Kinerja, Konsep, Desain dan Teknik: Meningkatkan Daya Saing Perusahaan. Erlangga, 2006.
[13] C. F. Putri, “Pemilihan Supplier Bahan Baku Pengemas dengan Metode AHP (Analytical Hierarchy Process),” Jurnal Universitas Widyagama Malang, Vol.20, No.1, Maret 2012, 2012.
[14] D. Nugeraha, Sistem Penunjang Keputusan. Yogyakarta: Garudhawaca, 2017.
[15] E. Herjanto, Manajemen Operasi. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia, 2008.
[16] S. Mulyono, OpeRations research - Management. Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, 2004.
[17] R. Anggraeni, C. Indrawan, and S. Nurlela, “PEMILIHAN TRANSPORTASI ONLINE MENGGUNAKAN ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS,” PEMILIHAN TRANSPORTASI ONLINE MENGGUNAKAN ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS, 2022.
[18] A. Tsagdis and J. Airola, “NAVAL POSTGRADUATE SCHOOL MONTEREY, CALIFORNIA THE USE OF THE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS AS A SOURCE SELECTION METHODOLOGY AND ITS POTENTIAL APPLICATION WITHIN THE HELLENIC AIR FORCE,” 2008.
[19] T. L. Saaty, The analytic hierarchy process. McGraw-Hill International Book Co., 1980.
[20] S. Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta., 1998.
[21] Muchlisin Riadi, “Populasi dan Sampel Penelitian (Pengertian, Proses, Teknik Pengambilan dan Rumus),” https://www.kajianpustaka.com/2020/11/populasi-dan-sampelpenelitian.html, Jun. 28, 2022.
[22] Anwar Hidayat, “www.statistikian.com,” Populasi Adalah Seluruh Subjek Penelitian. Dan Sampel Adalah Sebagian, Oct. 2012. https://www.statistikian.com/2012/10/pengertian-populasi-dan-sampel.html (accessed Jun. 28, 2022).
[23] Anwar Hidayat, “www.statistikian.com,” Cara Hitung Rumus Slovin Besar Sampel, Dec. 2017. Cara Hitung Rumus Slovin Besar Sampel (accessed Jun. 28, 2022).
[24] Ardiprawiro and T. Maharani, “ANALISIS KEPUTUSAN KELOMPOK BERBASIS ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS DALAM PEMILIHAN APLIKASI JASA TRANSPORTASI DARING,” Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis, vol. 25, no. 3, pp. 249–261, 2020, doi: 10.35760/eb.2020.v25i3.2729.
[25] Laeli Nur Azizah, “www.gramedia.com,” Mengenal Siapa Pendiri Grab dan Perkembangannya, Jul. 2021. https://www.gramedia.com/literasi/pendirigrab/ (accessed Jul. 10, 2022).
[26] P. K. Benedictus, “Pengaruh Service Quality dan Online Servicescape Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Brand Image (Studi kasus pada Mahasiswa FISIP Undip Pengguna Jasa Transportasi Online Go-Jek,” 2019.