Permasalahan yang dihadapi saat ini adalah kurangnya minat masyarakat terutama generasi muda dalam ikut berpartisipasi dalam kegiatan yang dilakukan, memperkenalakan seni dalam bentuk pertunjukan seni tradisional agar timbul kecintaan terhadap budaya itu sendiri. Permasalahan selanjutnya adalah kurangnya sarana dan pra sarana untuk mendukung kegiatan di sanggar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui karakter masyarakat melalui pelatihan seni tari sebagai pelestarian budaya. Penelitian ini dilakukan di Sanggar Danir Komala Desa Purwadadi Barat, Kecamatan Purwadadi, Kabupaten Subang. Yang menjadi responden dalam penelitian ini adalah pengelola sanggar dan perwakilan dari masyarakat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif yang merupakan fakta berdasarkan hasil lapangan. Hasil dari diadakannya kegiatan ini masyarakat begitu antusias dan memberikan kesan dan pesan yang menyenangkan, selain kegiatan mereka lebih produktif juga menambah ilmu yang bernilai positif serta menumbuhkan rasa kecintaan mereka terhadap budaya indonesia yang kaya. Masyarakat diberikan apresiasi untuk tampil sebagai evaluasi mereka atas apa yang dicapai.
M. RAFYLY ZEIN AL AMIN RAIS, M. DZAKY NAUFAL, dan RIZKY SOEGIHARTO
[1] S. Dci, “Sistem informasi pengolahan data produksi dan distribusi di
perusahaan pabrik tahu jajang suparman js kecamatan cihaurbeuti kabupaten tasikmalaya.”
[2] R. Muhidin, N. F. Kharie, and M. Kubais, “Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Pada Sma Negeri 18 Halmahera Selatan Sebagai Media Promosi Berbasis Web,” IJIS - Indones. J. Inf. Syst., vol. 2, no. 2, pp. 91–103, 2017, doi: 10.36549/ijis.v2i2.31.
[3] G. L. A. K. Putra, “Pemanfaatan Animasi Promosi Dalam Media Youtube,” Pros. Semin. Nas. Desain dan Arsit., vol. 2, pp. 259–265, 2019, [Online]. Available: https://cashbac.com.
[4] P. Nurfathiyah and R. Rendra, “Efektivitas Media Dan Materi Penyuluhan Dalam Penerapan Sistem Tanam Jajar Legowo Di Kecamatan Sakernan Kabupaten Muaro Jambi Pera,” J. Ilm. Ilmu Terap., vol. 4, no. 1, pp. 59–73, 2020.
[5] N. Amin and F. Siswanto, “Budaya Pendidikan, Budaya Organisasi dan Budaya Mutu Lembaga Pendidikan Islam,” Al-tanzim J. Manaj. Pendidik. Islam, vol. 2, no. 1, pp. 94–106, 2018.
[6] P. Mariati, “Upaya Pembinaan Tari Anak,” pp. 87–93, 2017.
[7] E. S. Handayani, Sikhabuden, and H. Praherdhiono, “Pengembangan Multimedia Interaktif Seni Tari Jawa Timur Pada Mata Pelajaran Seni Budaya Kelas VII di SMP Negeri 1 Karangan,” JKTP J. Kaji. Teknol. Pendidik., vol. 1, no. 1, pp. 63–70, 2018.
[8] A. Pratama, S. Ulfa, and H. Praherdhiono, “Pengembangan Video Animasi Budaya Reog Ponorogo sebagai Suplemen Kegiatan Ekstrakurikuler Siswa Sekolah Dasar,” JINOTEP (Jurnal Inov. dan Teknol. Pembelajaran) Kaji. dan Ris. Dalam Teknol. Pembelajaran, vol. 7, no. 1, pp. 9–17, 2020, doi: 10.17977/um031v7i12020p009.
[9] A. M. Kurnianto, D. T. Indrianti, and L. Ariefianto, “Peran Sanggar Seni Pemuda Edi Peni Dalam Pelestarian Budaya Lokal Di Desa Hadiluwih Kecamatan Ngadirojo Kabupaten Pacitan,” Learn. Community J. Pendidik. Luar Sekol., vol. 3, no. 2, p. 59, 2020, doi: 10.19184/jlc.v3i2.16803.
[10] R. Agustin, N. Nurmalina, and I. Noviardila, “Peranan Media Interaktif Animasi Terhadap Minat Belajar Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 019 Tanjung Sawit Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar Pembelajaran 2020/2021,” J. Pendidik. dan Konseling, vol. 3, no. 1, pp. 71–79, 2021, doi: 10.31004/jpdk.v3i1.1385.
[11] L. S. Dewi, E. Arisawati, and E. G. Sihombing, “Animasi Interaktif Kesenian Dan Kebudayaan Jawa Barat Untuk Sekolah Dasar,” J-SAKTI (Jurnal Sains Komput. dan Inform., vol. 1, no. 2, p. 144, 2017, doi: 10.30645/j-sakti.v1i2.37.
[12] A. Ismiati, W. Lestari, P. Studi, M. Pendidikan, F. Pascasarjana, and U. N. Semarang, “ANALISIS KEBUTUHAN PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN APLIKASI MAGIC CARD AUGMENTED REALITY PADA GERAK.”
[13] Z. N. Faizah and S. Rofi’ah, “Pengembangan Video Interaktif Tari Kreasi Daerah Berbasis 5W1H Pada Pembelajaran Tematik Kelas Iv Madrasah Ibtidaiyah,” Muallimuna J. Madrasah Ibtidaiyah, vol. 7, no. 2, p. 57, 2022, doi: 10.31602/muallimuna.v7i2.6363.
[14] A. Rizky and O. Satrianingsih, “Penggunaan Video Interaktif untuk Pembelajaran Seni Budaya di SMA,” vol. 2, no. 1, pp. 11–14, 2022