ANALISA PEMILIHAN SITUS WEBSITE ONLINE TRAVEL AGENT DENGAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS

research
  • 21 Mar
  • 2023

ANALISA PEMILIHAN SITUS WEBSITE ONLINE TRAVEL AGENT DENGAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS

Setiap orang sering dihadapkan pada suatu keadaan, dan orang tersebut harus memutuskan untuk memilih satu dari banyak pilihan yang ada dalam memilih situs pembelian tiket online mana yang lebih penting harga, kualitas, kemudahan ataupun kepercayaan. Suatu masalah dalam kehidupan dapat diselesaikan dengan beberapa cara yang mungkin saja memberikan pemecahan masalah atau memberikan beberapa solusi lain untuk pemecahan masalah.Karena banyaknya situs Online Travel Agent (OTA) saat ini, membuat penelitian ini mengambil 4 sampel situs Online Travel Agent (OTA) yang banyak diminati dan penulis akan menggunakan metode Analytical Hierarchy Process untuk memecahkan masalah yang adaDari penelitian ini bedasarkan dengan permasalahan yang telah disampaikan sebelumnya adalah sebagai berikut: Untuk melakukan penelitian situs Online Travel Agent manakah yang paling diminati oleh konsumen, Untuk memudahkan konsumen dalam mengambil keputusan untuk menentukan situs Online Travel Agent mana yang paling diminati dengan menggunakan metode Analytical Hierarchy Process. Subjek penelitian pada dasarnya adalah yang akan dikenai kesimpulan dari hasil penelitian, sehingga yang menjadi subjek pada penelitian ini adalah sebuah pemilihan situs website online travel agent. dengan metode Analytical Hierarchy Process yang merupakan objek dari penelitian ini.Dalam pemilihan situs online travel agent dengan menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) di software Expert Choise 11 dapat memudahkan para pengguna jasa online travel agent untuk memilih situs online travel agent manakah yang paling bagus, sesuai harga, kepercayaan, kualitas, dan kemudahan.

Unduhan

 

REFERENSI

[1] D. A. A. Pramiswari and I. B. Dharmadiaksa, “Pengaruh E-Commerce Dan Penggunaan Sistem Informasi Akuntansi Dalam Pengambilan Keputusan Untuk Berwirausaha,” E-Jurnal Akunt. 2017(1) 261-289 ISSN 2302-8556, vol. 20, no. 1, pp. 261–289, 2017.


[2] E. yunaeti Anggraeni and R. Irviani,
Pengantar Sistem Informasi. Yogyakarta: CV. ANDI OFFSET, 2017.


[3] Ferry and D. P. Kristiadi,
Metode Kuantitatif Pengambilan Keputusan Mengukur Kepuasan Pengguna Web Pada Perguruan Tinggi. Klaten: Lakeisha, 2021.


[4] Mesran, A. perdana Windarto, W. Anjar, D. Hartama, and V. S. Zuliyanti,
Sistem Pendukung Keputusan & Data Mining Metode dan Penerapanya Dalam Pengambilan Keputusan. GREEN PRESS, 2020.

[5] E. Sahputra, Penerapan Metode AHP-Electre Dalam Pemilihan Program Studi di Perguruan Tinggi. Pekalongan: PT. NASYA EXPANDING MANAGEMENT, 2022.


[6] P. H. Analitik, “Penggunaan Metode Analytic Hierarchy Process Untuk Menganalisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pemilihan Calon Legislatif di DPRD II Kota Tangerang,”
J. Inf. Syst. Informatics Comput., vol. 3, no. 2, pp. 53–58, 2019.


[7] Jadiaman Parhusip, “Penerapan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP) Pada Desain Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Calon Penerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) Di Kota Palangka Raya,”
J. Teknol. Inf. J. Keilmuan dan Apl. Bid. Tek. Inform., vol. 13, no. 2, pp. 18–29, 2019, doi: 10.47111/jti.v13i2.251.

[8] W. P. Mustika, M. Mardian, and R. Rinawati, “Analitycal Hierarchy Process Untuk Menganalisa Faktor Pemilihan Web Browser Pada Desktop,” J-SAKTI (Jurnal Sains Komput. dan Inform., vol. 2, no. 1, p. 83, 2018, doi: 10.30645/j-sakti.v2i1.57.

[9] A. Sasongko, I. F. Astuti, and S. Maharani, “Pemilihan Karyawan Baru Dengan Metode AHP (Analytic Hierarchy Process),” Inform. Mulawarman J. Ilm. Ilmu Komput., vol. 12, no. 2, p. 88, 2017, doi: 10.30872/jim.v12i2.650.


[10] T. Noviyanti, “Sistem Penunjang Keputusan Dalam Penerimaan Beasiswa Ppa Menggunakan Metode Analytic Hierarchy Process (Ahp) (Studi Kasus: Universitas Gunadarma),”
J. Ilm. Teknol. dan Rekayasa, vol. 24, no. 1, pp. 35–45, 2019, doi: 10.35760/tr.2019.v24i1.1932.

[11] R. D. Wahyuningtyas and M. Chusnah, Sistem Informasi Manajemen Perpustakaan Berbasis Web SLIMS. Jombang: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, 2021.


[12] R. A. P. P. Hadi, H. M. Az-zahra, and S. H. Wijoyo, “Evaluasi User Experience Menggunakan meCUE Questionnaire (Studi Kasus Pada Aplikasi Traveloka Dan Pegipegi),”
J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput. e-ISSN, vol. 2548, no. 3, p. 964X, 2019.

[13] Jasmalinda, “Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Motor Yahama Di Kabupaten Padang Pariaman,” J. Inov. Penelit., vol. 1, no. 10, p. 5, 2021.


[14] R. Maulana and F. Latifah, “Penerapan Model Ahp Untuk Pemilihan Belanja Pada
Toko on Line,” J. Inf. Syst. Applied, Manag. Account. Res., vol. 6, no. 1, pp. 1–10, 2022, doi: 10.52362/jisamar.v6i1.643.