Teknologi sistem informasi berkembang sangat pesat, salah satunya adalah disektor penjualan atau marketplace. Selain itu marketplace menjadi wadah suatu komunitas atau platform bisnis interaktif secara elektronik dimana perusahaan dapat andil dalam proses B2B marketplace. PT Rotary Gemilang Indonesia merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dibidang penjualan sparepart AC mobil. Dalam kegiatan jual beli perusahaan tersebut masih menggunakan cara yang konvensional, salah satunya dalam proses pemesanan barang pembeli harus mengirimkan chat terlebih dahulu kepada penjual melalui whatsapp, hal ini menyulitkan kedua belah pihak dalam proses transaksi jual beli jika diteruskan secara terus menerus hal ini juga berdampak kepada pelanggan yang akan semakin berkurang dikarenakan kurangnya sistem informasi yang digunakan. Untuk menyelesaikan permasalahan tersebut, maka diperlukan sebuah platform B2B marketplace berbasis website, dimana nantinya platform ini bisa digunakan oleh khalayak perusahaan banyak agar proses transaksi menjadi lebih mudah, praktis, efektif dan efisien.
11211882 - AHMAD FADLLI, FADLY MUFLIH SUPARMIN, dan HILDA CHANDRANINGRUM
[1] Alifah and Damayanti, “APLIKASI E-MARKETPLACE PENJUALAN HASIL PANEN IKAN LELE (STUDI KASUS: KABUPATEN PRINGSEWU KECAMATAN PAGELARAN),” Apl. E-MARKETPLACE PENJUALAN Has. PANEN IKAN LELE (STUDI KASUS KABUPATEN PRINGSEWU Kec. PAGELARAN), vol. 1, pp. 111–117, Jun. 2020.
[2] S. P. Richard, K. Herman, and A. Duhllo, “ANALISIS SISTEM PENCATATAN PIUTANG SPAREPART PADA PT. SINAR GALESONG PRIMA,” Anal. Sist. PENCATATAN PIUTANG SPAREPART PADA PT. SINAR GALESONG PRIMA, vol. 17, p. 1033, 2017.
[3] D. E. Apriliani, Andreas, and J. Hartarto, “Rancang Bangun Website Marketplace dalam Bidang Rental Mobil,” Ranc. Bangun Website Marketpl. dalam Bid. Rent. Mob., vol. 2, pp. 61–63, 2020.
[4] H. Wijoyo, A. Ariyanto, A. Sudarsono, and K. D. Wijayanti, SISTEM
INFORMASI MANAJEMEN, 1st ed., vol. 1. Sumatera Barat: INSAN CENDEKIA MANDIRI, 2021.
[5] Romindo, H. Niar, R. Sipayung, and Dkk, Sistem Informasi Bisnis, 1st ed. Medan: Yayasan Kita Menulis, 2020.
[6] S. ’Kusumaningsih, J. ’Sutopo, and F. ’Nurlaeli, Buku Panduan Marketplace, 1st ed., vol. 1. Surabaya: CV Global Aksara Pres, 2021.
[7] D. Purwaningtias, M. Nasihin, and N. D. Arizona, E-Business Konsep Dasar EBusiness di Era Digital, 1st ed., vol. 1. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2020.
[8] D. S. Sundaramoorthy, UML Diagramming: A Case Study Approach, 1st ed., vol. 1. abingdone : Taylor & Francis Grup, LLC, 2022.
[9] M. SITA, ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI, 1st ed. Yogyakarta: BINTANG PUSTAKA MADANI, 2021.
[10] S. yusril Helmi and P. D. Ayu, Membuat Sistem Informasi Gadai Online menggunakan Codeigniter serta kelola proses pemberitahuannya, 1st ed. Bandung: M. Yusril Helmi Setyawan, 2019.
[11] H. Kusno, P. Heny, and S. Yhonatan, SISTEM MONITORING LULUSAN PERGURUAN TINGGI DALAM MEMASUKI DUNIA KERJA DENGAN MENGGUNAKAN TRACE STUDY. Surabaya: Media Sahabat cendikia, 2019.
[12] L. Aini, Maniah, and M. Shiyami, “SISTEM INFORMASI PEMESANAN FRAME (B2B) (STUDI KASUS: PT. FOCUS GAYA GRAHA),” Sist. Inf. PEMESANAN Fram. (STUDI KASUS PT. Focus GAYA GRAHA), vol. 11, p. 7, 2019.
[13] K. I. Vincent, Suwitno, W. Andri, and M. A. R. Kurniawan, “PERANCANGAN SISTEM INFORMASI B2B BERBASIS WEB PADA INDUSTRI KAROSERI DENGAN PENDEKATAN TAM (TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL),” Peranc. Sist. Inf. B2B Berbas. WEB PADA Ind.
98 Karos. DENGAN PENDEKATAN TAM (TECHNOLOGY Accept. Model., vol. 2, p. 25, 2021.
[14] Susafaati, H. Nunung, and M. H. Hidaya, “Pembangunan Web E-Commerce B2B Untuk Meningkatkan Pemasaran dan Penjualan Produk Menggunakan Linear Sequential Model,” Pembang. Web E-Commerce B2B Untuk Meningkat. Pemasar. dan Penjualan Prod. Menggunakan Linear Seq. Model, vol. 22, p. 205, 2020.
[15] P. M. Dewi and W. Lily, “Analisis dan Pembuatan Aplikasi E-commerce Terintegrasi Pada Sistem B2B Dengan Pendekatan System Development Life Cycle (SDLC) Untuk Penjualan Produk Transformator,” Anal. dan Pembuatan Apl. E-commerce Terintegrasi Pada Sist. B2B Dengan Pendekatan Syst. Dev. Life Cycle Untuk Penjualan Prod. Transform., vol. 9, p. 41, 2021.
[16] Y. Rini and Y. Rio, “PERAN MARKETPLACE SEBAGAI ALTERNATIF BISNIS DI ERA TEKNOLOGI INFORMASI,” PERAN Marketpl. SEBAGAI Altern. BISNIS DI ERA Teknol. Inf., vol. 6, p. 43, 2017.
[17] S. Iin and N. A. Iwan, “siRANCANG BANGUN APLIKASI EMARKETPLACE HASIL PERTANIAN BERBASIS WEBSITE DENGAN MENGGUNAKAN FRAMEWORK CODEIGNITER,” siRANCANG BANGUN Apl. E-MARKETPLACE Has. Pertan. Berbas. WEBSITE DENGAN MENGGUNAKAN Framew. CODEIGNITER, p. 25, 2019.
[18] S. L. Desi and Salman, “Rancang Bangun Private e-Marketplace Untuk Usaha Kecil Menengah (UKM) Mahasiswa dalam Mewujudkan Enterpreneurial Campus (Studi Kasus pada Kampus STMIK Mataram),” Ranc. Bangun Priv. eMarketplace Untuk Usaha Kecil Menengah Mhs. dalam Mewujudkan Enterpreneurial Campus (Studi Kasus pada Kampus STMIK Mataram), vol. 3, p. 147, 2019