Menjadi seorang siswa - siswi berprestasi adalah keinginan dan mimpi setiap peserta didik di Sekolah. Prestasi dapat dicapai atau diraih dari suatu kemampuan terhadap pengetahuan yang dimiliki oleh masing-masing peserta didik. Dalam menetapkan siswa berprestasi sangatlah rawan terjadinya kesalahan sebab banyaknya peserta didik dan guru yang terlibat. Pengalaman peneliti pada dunia pendidikan sudah memahami beberapa dilema pada proses pemilihan siswa berprestasi. Oleh sebab itu perlu adanya suatu sistem pendukung keputusan yang dapat membantu untuk pengambilan keputusan secara objektif sesuai kriteria-kriteria yang sudah dipengaruhi dalam menentukan peserta didik terbaik. Salah satu metode pendukung keputusan yang dipergunakan untuk menentukan siswa terbaik yaitu metode Analytical Hierarchy Process (AHP). Sistem pendukung pengambilan keputusan dengan menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) dapat memudahkan pihak sekolah dalam menentukan siswa berprestasi secara objektif dan akurat. Proses pengambilan keputusan dilakukan dengan menilai alternatif dari kriteria yang telah ditetapkan. Perhitungan dengan menggunakan metode AHP ini memberikan hasil sesuai urutan tingkat kepentingan kriteria dan rekomendasi siswa yang berprestasi yang dimulai dari perilaku, nilai pelajaran, absensi dan ekstrakurikuler. Perhitungan matrik alternatif menghasilkan nilai 13% untuk Zahra, nilai 22% untuk Dian, nilai 27% untuk Angelia dan siswa berprestasi yang disarankan pada Sekolah SMK Taruna Bhakti yang memiliki nilai tertinggi sebesar 38% adalah Dean.
11211853 - SENJI WASKITO AJI, NURANI EKA PUSPITA SARI
[1] M. Masnuryatie and G. Triyono, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Siswa Smp Terbaik Menggunakan Metode Ahp,” Skanika, vol. 5, no. 1, pp. 46–59, 2022, doi: 10.36080/skanika.v5i1.2921.
[2] B. S. N. Mandiri, A. Prasetyo-UBSI, and ..., “Penggunaan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP) dalam Pemilihan Siswa Berprestasi (Studi Kasus SDN 02 Pulau Sabira),” SPEED-Sentra Penelit. …, vol. 11, no. 4, pp. 8–17, 2019, [Online]. Available: http://speed.web.id/jurnal/index.php/speed/article/view/614
[3] L. Artikel et al., “Jurnal larik,” vol. 1, no. x, pp. 21–27, 2021.
[4] A. Y. Lesmana, “Penggunaan Metode Topsis Untuk Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Siswa Berprestasi Di Man 1 Metro,” J. Teknol. Terkini, vol. 1, no. 2, pp. 1–16, 2021, [Online]. Available: http://teknologiterkini.org/index.php/terkini/article/view/31
[5] Julizal, Lukman, and I. Sunoto, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Jurusan Smk Adi Luhur,” Julizal al / Sist. Pendukung Keputusan Pemilihan, vol. 2, no. 1, pp. 366–375, 2021.
[6] D. Rahman, S.kom, M.kom, BUKU AJAR MODEL SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN DENGAN AHP DAN IPMS. Scopindo Media Pustaka, 2020.
[7] A. Rahardiansyah, A. Rusman, and A. H. Kahfi, “METODE AHP DI SMP ERA INFORMATIKA,” vol. 10, no. 1, 2022.
[8] M. K. Ervin Riyanda Br Simarmata, Bosker Sinaga, “SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN SISWA BERPRESTASI DI SMP NEGERI 4 SATU ATAP PURBA DENGAN METODE AHP,” no. 1, 2021.
[9] L. S. Rakasiswi and M. Badrul, “Penerapan Metode Analytical Hierarchy Process Untuk Pemilihan Siswa Terbaik,” J. PROSISKO, vol. 7, no. 1, pp. 131– 136, 2020.
[10] S. Ipnuwati and U. Fitriyani, “Penerapan metode analytical hierarchy proses (ahp) untuk menentukan siswa berprestasi pada sma negeri i bandar lampung,” 2021.
[11] A. Rahayu and D. Gustian, “Sistem Pendukung Keputusan Prestasi Siswa,” vol. 6, no. 2, pp. 24–31, 2021.
[12] Admin, “14 Pengertian Siswa Menurut Para Ahli Terlengkap,”
MateriBelajar.co.id, 2021.
[13] S. Elfrida and G. Brotosaputro, “Penerapan Metode Analitycal Hierarchy Process Untuk Pemilihan Siswa Terbaik Pada Smp Manba’Ul Ulum Asshiddiqiyah Jakarta,” IDEALIS Indones. J. Inf. Syst., vol. 3, no. 1, pp. 392–398, 2020, doi: 10.36080/idealis.v3i1.1944.
[14] A. Priyatna, P. Ananda, and R. A. Sari, “Efektivitas Pembelajaran Berdasarkan Keunggulan Dan Prestasi Siswa Di SDN 2 Klayan,” pp. 97–99, 2021.
[15] H. Ashshidieqy, “Hubungan Kecerdasan Spiritual Terhadap Prestasi Belajar Siswa,” JPPP - J. Penelit. dan Pengukuran Psikol., vol. 7, no. 2, pp. 68–75, 2018, doi: 10.21009/jppp.072.02.
[16] D. Dahriansah, A. Nata, and I. R. Harahap, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Siswa Berprestasi Pada Aliyah Aras Kabu Agung Tanjungbalai Menggunakan Metode AHP,” J-SISKO TECH (Jurnal Teknol. Sist. Inf. dan Sist. Komput. TGD), vol. 3, no. 1, p. 86, 2020, doi: 10.53513/jsk.v3i1.199.
[17] J. P. . Pulu, “Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Siswa Berprestasi Pada Sman 1 Haharu Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process,” Jati, vol. 2, no. 2, pp. 142–149, 2018.
[18] M. P. Dr. Heru Kurniawan, Pengantar Praktis Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Deepublish, 2021.
[19] B. Suprapto S.Kom., M.T.I, Model Sistem dan Penerapan Metode AHP Pada Sistem Pendukung Keputusan. Banyuwangi, Jawa Tengah: Zahira Media Publisher, 2022. [Online]. Available: https://www.google.co.id/books/edition/Monograf_Model_Sistem_dan_Penerapan_Meto/npRfEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=metode+AHP&pg=PA14&printsec=frontcover
[20] V. Alvioletta, M. Y. H. Setyawan, and M. H. K. Saputra, Penerapan Metode AHP Pada Penilaian Kepuasan Pelanggan Berdasarkan Pelayanan Divisi. Bandung: Kreatif Industri Nusantara, 2020. [Online]. Available:
https://www.google.co.id/books/edition/Penerapan_Metode_Analitycal_Hierarchy_Pr/uor9DwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=metode+AHP&pg=PA67&printsec=frontcover
بررسی مقایسه هوش معنوی، سرسختی روان شناختی مبتلایان به[21] R. G. Prasetya, “No Title
بیماری عروق کرونر و افراد سالم ,”ههههه ههه هههههه ههه ههه هههه ,هه هههه ههههههvol. 1, no. 1, pp. 6–18, 2017.
[22] A. Algoritma, “BAGAIMANA MELAKUKAN DATA COLLECTING UNTUK ANALISIS,” Algoritma Data Science Academy, 2022. https://algorit.ma/blog/data-collection-2022/#:~:text=Data collection adalah proses pengumpulan,sebuah keputusan bisnis yang krusial.
[23] A. Rijali, “Analisis Data Kualitatif Ahmad Rijali UIN Antasari Banjarmasin,” vol. 17, no. 33, pp. 81–95, 2018.
[24] Duniapcoid, “Arti Reporting,” DuniaPendidikan.Co.ID, 2022.
https://duniapendidikan.co.id/arti-reporting/ (accessed Jun. 10, 2022).