Dalam layanan jaringan radio trunking PT.Handal Exa Teknologi sering juga mendapatkan berbagai laporan dan keluhan dari user, saat ini user masih melakukan laporan dan keluhan dengan menggunakan email dan melalui group aplikasi chat seperti whats app , dalam proses laporan gangguan ini tim helpdesk masih melakukan pencatatan manual. Tujuan penelitian ini adalah membuat sebuah fasilistas sistem informasi berbasis web untuk mengolah data laporan layanan gangguan dan dapat menyelesaikan masalah, dapat memberikan kemudahan kepada user untuk pelaporan gangguan layanan dengan menggunakan website dan menjaga service perusahaan kepada user untuk bisa cepat tanggap dalam memproses penanganan layanan gangguan, dari tujuan penelitian tersebut menghasilkan suatu rancangan sistem informasi trouble ticket berbasis web dengan layanan pelaporan gangguan atau trouble ticket yang dapat membantu perusahaan dalam proses data berbagai laporan dan keluhan gangguan sehingga pelayanan kepada user menjadi maksimal dan efektif. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah berdasarkan metode kualitatif. Sedangkan pengembangan sistemnya menggunakan model waterfall. Perangkat lunak yang digunakan adalah : Windows Pro Home 10, Visual studio code, dan Xampp.Hasil dari penelitian ini terciptanya Sistem Informasi Trouble Ticket berbasis Web pada PT. Handal Exa Teknologi yang meningkatkan layanan kepada pelanggan dalam hal merespon cepat keluhan yang ingin dilaporkan serta dapat menjadi media informasi data gangguan yang telah terjadi.
11207088 - SAPTA MUSTA WIJAYA
[1] P. T. Trindo, P. Ranggasanjaya, and S. Sondari, “32~37 Diterima Januari 10,” INFORMATIKA, vol. 4, 2017.
[2] E. M. Sipayung, C. Fiarni, and E. Aditya, “Perancangan Sistem Informasi Helpdesk Menggunakan Framework ITIL V3,” Jurnal Nasional Teknik Elektro dan Teknologi Informasi (JNTETI), vol. 6, no. 2, Jun. 2017, doi: 10.22146/jnteti.v6i2.308.
[3] T. Tukino, “Perancangan Sistem Informasi Pelaporan Gangguan Dan Restitusi Pelanggan Internet Corporate Berbasis Web (Studi Kasus Di PT. Indosat Mega Media West Regional),” JURNAL ILMIAH INFORMATIKA, vol. 6, no. 01, pp. 1–10, Mar. 2018, doi: 10.33884/jif.v6i01.324.
[4] Elisabet Yunaeti Anggraeni, Pengantar Sistem Informasi. Penerbit Andi, 2017. Accessed: Jun. 13, 2022. [Online]. Available: https://www.google.co.id/books/edition/Pengantar_Sistem_Informasi/8VNLDwAAQBAJ?hl=id&gbpv=0
[5] S. Kom. , M. K. Dr. H. F. S. Kom. , M. K. Fristi Riandari, REKAYASA_PERANGKAT_LUNAK (1). IOCS Publisher, 2020. Accessed: Jun. 13, 2022. [Online]. Available: https://www.google.co.id/books/edition/REKAYASA_PERANGKAT_LUNAK/3yoEEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=0
[6] M. Gilvy Langgawan Putra; Sri Rahayu Natasia; Yuyun Tri Wiranti; Hemy Octantia Sadriansyah, Media Pembelajaran Dengan Metode GAMIFICATION UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI PEMBELAJARAN PADA PERGURUAN TINGGI DI MASA COVID-19. Media Nusa Creative (MNC Publishing), 2020. Accessed: Jun. 13, 2022. [Online]. Available:
https://www.google.co.id/books/edition/Media_Pembelajaran_Dengan_Metode_GAMIFIC/KH5JEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=0
[7] Hamdan Husein Batubara, Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Deepublish, 2107. Accessed: Jun. 13, 2022. [Online]. Available: https://www.google.co.id/books/edition/Teknologi_Informasi_dan_Komunikasi_TIK/Ne7gDwAAQBAJ?hl=id&gbpv=0
[8] M. Kom. , S. M. H. S. Kom. , MTI. , N. H. M. Kom. , A. T. P. S. S. Kom. Rachmat Destriana, Diagram UML Dalam Membuat Aplikasi Android Firebase “Studi Kasus Aplikasi Bank Sampah.” Deepublish, 2021. Accessed: Jun. 13, 2022. [Online]. Available:
https://www.google.co.id/books/edition/Diagram_UML_Dalam_Membuat_Aplikasi_Andro/vmtYEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=0
[9] S. K. M. S. I. Muhamad Alda, Rekayasa Perangkat Lunak Berorientasi Objek. Bandung: Media Sains Indonesia, 2021.
[10] Yurindra, Software Engineering. Deepublish, 2017. Accessed: Jun. 22, 2022. [Online]. Available: https://www.google.co.id/books/edition/Software_Engineering/4Jo9DwAAQBAJ?hl=id&gbpv=0
[11] M. H. K. S. Lusia Violita Aprilian, Belajar cepat metode SAW. Kreatif, 2020. Accessed: Jun. 13, 2022. [Online]. Available: https://www.google.co.id/books/edition/Belajar_cepat_metode_SAW/SXvtDwAAQBAJ?hl=id&gbpv=0
[12] M. K. Suendri, Buku Ajar Pemrograman Berbasis Web. Media Sains Indonesia, 2021. Accessed: Jun. 14, 2022. [Online]. Available: https://www.google.co.id/books/edition/Buku_Ajar_Pemrograman_Berbasis_Web/LwhOEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=0
[13] H. S. P. A. W. P. I Komang Setia Buana, Pemrograman_terstruktur, Pertama., vol. 1. Banda aceh: syiah kuala university press, 2022. Accessed: Jun. 14, 2022. [Online]. Available: https://www.google.co.id/books/edition/Pemrograman_Terstruktur/aLVsEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=0
[14] Gregorius Agung, HTML, PHP, dan MYSQL untuk Pemula Jubile Enterprise, Pertama. Yogyakarta: PT.Elex Media Komputindo, 2018.
[15] T. S. Koesheryatin, Aplikasi Internet Menggunakan HTML, CSS, dan JavaScript. Elex Media Komputindo, 2014. Accessed: Jun. 13, 2022. [Online]. Available: https://www.google.co.id/books/edition/Aplikasi_Internet_Menggunakan_HTML_CSS_d/Mt1MDwAAQBAJ?hl=id&gbpv=0
[16] S. Kom. , M. Kom. EFITRA, Pemrograman Aplikasi Menggunakan Visual Studio.Net Database MySQL. GUEPEDIA, 2021. Accessed: Jun. 13, 2022. [Online]. Available: https://www.google.co.id/books/edition/Pemrograman_Aplikasi_Menggunakan_Visual/7MZdEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=0
[17] S. S. M. Ummy Gusti Salamah, Tutorial Cascading Style Sheets (CSS). Media Sains Indonesia, 2021. Accessed: Jun. 14, 2022. [Online]. Available: https://www.google.co.id/books/edition/Tutorial_Cascading_Style_Sheets_CSS/exclEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=0
[18] Jubilee Enterprise, Pemrograman Bootstrap untuk Pemula. Elex Media Komputindo, 2016. Accessed: Jun. 14, 2022. [Online]. Available:
https://www.google.co.id/books/edition/Pemrograman_Bootstrap_untuk_Pemula/_CxIDwAAQBAJ?hl=id&gbpv=0
[19] Yudho Yudhanto dan Helmi Adi Prasetyo, Mudah Menguasai Framework Laravel. Elex Media Komputindo, 2019. Accessed: Jun. 14, 2022. [Online]. Available: https://www.google.co.id/books/edition/Mudah_Menguasai_Framework_Laravel/8tKdDwAAQBAJ?hl=id&gbpv=0
[20] S. ST. , MIT. Ummy Gusti Salamah, Tutorial Visual Studio Code. Media Sains Indonesia, 2021. Accessed: Jun. 14, 2022. [Online]. Available: https://www.google.co.id/books/edition/Tutorial_Visual_Studio_Code/LHomEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=0
[21] Syerif Nurhakim, Dunia Komunikasi dan Gadget Evolusi alat Komunikasi, Menjelajah Jarak dengan Gadget. Zikrul Hakim Bestari, 2015. Accessed: Jun. 14, 2022. [Online]. Available: https://www.google.co.id/books/edition/Dunia_Komunikasi_dan_Gadget/hH7DDAAAQBAJ?hl=id&gbpv=0
[22] S. Pd. dan A. N. P. S. T. Pungky Indra Permana, Pemrograman Web dan Perangkat Bergerak SMK/MAK Kelas XII. Gramedia Widiasarana indonesia, 2021. Accessed: Jun. 14, 2022. [Online]. Available: https://www.google.co.id/books/edition/Pemrograman_Web_dan_Perangkat_Bergerak_S/Nv0WEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=0
[23] Uus Rusmawan, Teknik Penulisan Tugas Akhir dan Skripsi Pemrograman. Elex media komputindo, 2019. Accessed: Jun. 14, 2022. [Online]. Available: https://www.google.co.id/books/edition/Teknik_Penulisan_Tugas_Akhir_dan_Skripsi/3cSZDwAAQBAJ?hl=id&gbpv=0
[24] A. Fauzi and A. T. Suryadi, “Perancangan Aplikasi IT Helpdesk Berbasis Web di PT. Panca Abadi Nan Jaya,” Jurnal Responsif : Riset Sains dan Informatika, vol. 2, no. 1, pp. 99–105, Feb. 2020, doi: 10.51977/jti.v2i1.169.
[25] A. A. Novitasari and W. Yuliyanti, “Sistem Informasi Pengaduan Gangguan PDAM Tanah Laut Berbasis Web,” Jurnal Sains dan Informatika, vol. 5, no. 1, pp. 59–68, Jul. 2019, doi: 10.34128/jsi.v5i1.164.
[26] E. Nurmala, “ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM LAYANAN GANGGUAN INDIHOME BERBASIS WEB PADA PT. TELEKOMUNIKASI INDONESIA TBK, TELKOM WITEL NUSA TENGGARA BARAT,” vol. 2, no. 2, 2021.
[27] L. Mazia, L. A. Utami, and F. K. Bintang, “Rancang Bangun Sistem Informasi Helpdesk Ticketing Berbasis Web pada PT. Mitra Tiga Berlian Bekasi,” Jurnal Informatika Universitas Pamulang, vol. 6, no. 1, p. 85, Mar. 2021, doi: 10.32493/informatika.v6i1.8323.
[28] R. Wisnu et al., “Perancangan Sistem Informasi Helpdesk Menggunakan Website Design Methode Dalam Mendukung Tata Kelola Teknologi Informasi,” 2019. [Online]. Available: http://tunasbangsa.ac.id/ejurnal/index.php/jsakti
[29] D. Meli Fitriani et al., SISTEM INFORMASI LAYANAN PENGADUAN UPT-TIK UPGRIS BERBASIS WEB, vol. 5. 2020.
[30] A. Alfian, Y. N. Dewi, F. W. Fibriany, H. Rianto, and A. M. Sari, “Rancang Bangun Sistem Informasi Ticketing Helpdesk pada DPMPTS Pemprov DKI Jakarta,” JURIKOM (Jurnal Riset Komputer), vol. 7, no. 2, p. 334, Apr. 2020, doi: 10.30865/jurikom.v7i2.2114.