Pada zaman modern, perkembangan teknologi semakin luas dan berdampak pada kehidupan masyarakat tidak terkecuali pakan ternak. Dikarenakan pandemi Covid-19 sejak tahun 2020 dampaknya sangat besar bagi para UMKM, Pandemi virus corona telah membuat pelaku UMKM di Indonesia mengalami penurunan penghasilan. Oleh karena itu, perlu adanya mengembangkan UMKM pakan ternak ini menjadi lebih mudah dalam hal pendistribusian barang dari supplier secara online. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode Research and Development. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) penerapan online marketing pada Toko Jangkrik Boss berperan untuk memajukan toko penjual pakan ternak ini dan juga karena online marketing pada strategi pemasaran perusahaan sangat vital. 2) Situs web yang dibuat dapat membantu pihak dari Toko Jangkrik Boss memperluas jangkauan pasar dalam hal pemasaran produk. 3) Mempermudah para pelanggan yang dari luar daerah Jatisari Bekasi untuk membeli produk milik Toko Jangkrik Boss. 4) penerapan online marketing di Toko Jangkrik Boss memiliki dampak yang positif, dengan ukuran tercapainya tujuan usaha, mudahnya terjalin kerjasama antar bisnis pakan ternak, ini membuat online marketing sukses diterapkan sebagai salah satu strategi pemasaran perusahaan dalam menunjang pemasaran produk-produknya.
11180443_SAHRUL RAMADHAN dan INTAN SAFITRI
[1] S. N. L. Nalini, “Dampak Dampak covid-19 terhadap Usaha MIkro, Kecil dan Menengah,” Jesya (Jurnal Ekon. Ekon. Syariah), vol. 4, no. 1, pp. 662–669, 2021, doi: 10.36778/jesya.v4i1.278.
[2] F. Zai, L. Tanti, and B. S. Riza, “Rancang Bangun Sistem Informasi Penjualan Pakan Ternak Berbasis Mobile,” It (Informatic Tech. J., vol. 9, no. 1, p. 90, 2021, doi: 10.22303/it.9.1.2021.90-99.
[3] N. K. Ahmadi and Herlina, “Analisis Segmentasi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Eiger di Bandar Lampung,” J. Manaj. Magister, Vol 03. No.01, Januari 2017, vol. 03, no. 01, pp. 75–95, 2017.
[4] TIRIS SUDRARTONO, “Pengaruh Segmentasi Pasar Terhadap Tingkat Penjualan Produk Fashion Umk,” Coopetition J. Ilm. Manaj., vol. 10, no. 1, pp. 53–64, 2019, doi: 10.32670/coopetition.v10i1.40.
[5] Caroline and L. Lahindah, “Analisa Dan Usulan Strategi Pemasaran Dengan Metode QSPM,” J. Sains Pemasar. Indones., vol. XVI, no. 2, pp. 86–102, 2017.
[6] O. F. Sitorus and N. Utami, Strategi promosi pemasaran. 2017.
[7] M. Hana Catur Wahyuni ST., Diterbitkan oleh UMSIDA PRESS Copyright © 2017 . Authors All rights reserved. 2017.
[8] R. Aditya, “Analisis dan Pembuatan Website E-Commerce Panda Home Industri Palur,” Surakarta Inform. J., vol. 2, no. 2, pp. 44–55, 2020.
[9] S. Sugianto, “Perencanaan Usaha Mikro Kecil (Umk) Bagi Bisnis Pemula,” Indones. J. Econ. …, vol. 2, no. 2, pp. 60–71, 2021, doi:
10.31960/ijoeei.v2i2.1293.
[10] O. surakarta Kuswara, “Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kesuksesan pada Wirausahaan,” Fak. Psikol. Univ. Muhammadiyah Surakarta, vol. 4, no. 01, p. 13, 2019.
[11] D. Darmawan and A. Ratnasari, “Rancang Bangun Sistem Informasi Manajemen Proyek Berbasis Web Pada Pt Seatech Infosys,” J. Sisfokom (Sistem Inf. dan Komputer), vol. 9, no. 3, pp. 365–372, 2020, doi: 10.32736/sisfokom.v9i3.931.
[12] A. Supriyatna and M. A. S. Nugroho, “Sistem Informasi Forum Diskusi Programmer Berbasis Web Menggunakan Rapid Application Development,” Teknika, vol. 7, no. 2, pp. 138–147, 2018, doi: 10.34148/teknika.v7i2.132.
[13] B. Raharjo, P Y Yayasan Prima Agus Teknik Sistem Manajemen Database. 2021.
[14] T. Hidayat and M. Muttaqin, “Pengujian Sistem Informasi Pendaftaran dan Pembayaran Wisuda Online menggunakan Black Box Testing dengan Metode Equivalence Partitioning dan Boundary Value Analysis,” J. Tek. Inform. UNIS JUTIS, vol. 6, no. 1, pp. 2252–5351, 2018, [Online]. Available: www.ccssenet.org/cis.
[15] M. D. Cookson and P. M. R. Stirk, Dakwah dan Pluralitas Menggagas Strategi Dakwah Melalui Analisis SWOT (Dr. Erwin Jusuf Thaib, S.S., M.Ag.). 2019.
[16] S. Lawrence, How to read, analyze, create & understand balance sheets, income statements, cash flow & more. Lost River Publishing House, 2020.