Perkembangan teknologi memberikan efek yang sangat besar bagi pelaku usaha. Pemanfaat teknologi ini memberikan kemudahan bagi penjual untuk memasarkan produknya secara online ataupun melalui e-commerce. Bisnis ekonomi kreatif yang menarik untuk dikembangkan saat ini yaitu aquascape. Aquascape merupakan sebuah seni dalam mengatur tanaman air dan batu, batu karang, koral, atau kayu apung, secara alami dan indah di dalam akuarium sehingga memberikan efek seperti berkebun di bawah air. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana perencanaan bisnis ekonomi kreatif Aquascape berbasis online. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode Research and Development. Hasil penelitian ini menunjukkan Aquascape dapat dijadikan sumber pendapatan atau bisnis bagi pengrajin pemula. Dengan menggunakan sistem e-commerce pemasaran produk toko dapat memperoleh keuntungan karena lebih efisien dan mampu menghemat biaya promosi, karena tidak perlu menyewa tempat lagi untuk mempromosikan produk.
11180250_ARIA BUDI LAKSMANA, ADIT AL-FIKRI, dan YULIAN FAISYA RIZKI
[1] F. X. B. Caesar and R. Somya, “Analisis Minat Beli Produk pada Toko OlehOleh Khas Surabaya dengan Algoritme FP-Growth,” Seri Pros. Semin. Nas. …, pp. 5–10, 2021, [Online]. Available: http://senadi.upy.ac.id/prosiding/index.php/senadi/article/view/182.
[2] M. Mulyadi, I. Zulkarnain, and N. Laugu, “Adaptasi pustakawan dalam menghadapi kemajuan teknologi,” Berk. Ilmu Perpust. dan Inf., vol. 15, no. 2, p. 163, 2019, doi: 10.22146/bip.39843.
[3] M. Hasan, “Pembinaan Ekonomi Kreatif Dalam Perspektif Pendidikan
Ekonomi,” JEKPEND J. Ekon. dan Pendidik., vol. 1, no. 1, p. 81, 2018, doi: 10.26858/jekpend.v1i1.5063.
[4] N. MALIHAH and S. ACHIRIA, “Peran Ekonomi Kreatif Dalam Pemberdayaan Industri Kerajinan Bambu,” Maqdis J. Kaji. Ekon. Islam, vol. 4, no. 1, p. 69, 2019, doi: 10.15548/maqdis.v4i1.212.
[5] U. B. Haryoko, N. Susanti, D. Sunardi, D. Fakultas, and E. Universitas, “Penguatan Ekonomi Kreatif Berbasis Sumber Daya Desa di Kelurahan Rempoa,” J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 1, no. 1, pp. 177–180, 2020.
[6] M. Pandemi, C. Terhadap, M. Beli, and F. M. Salsabilla, “PERAN ECOMMERCE DALAM PEMBANGUNAN EKONOMI DI,” vol. 1, no. 1, pp. 240–247, 2021.
[7] P. A. Y. Putri and I. D. M. Endiana, “Pengaruh Sistem Informasi Akuntansi Dan Sistem Pengendalian Internal Terhadap Kinerja Perusahaan (Studi Kasus Pada Koperasi Di Kecamatan Payangan),” KRISNA Kumpul. Ris. Akunt., vol. 11, no. 2, pp. 179–189, 2020, doi: 10.22225/kr.11.2.1433.179-189.
[8] R. G. Anggara and G. Anggadwita, “Analisis Faktor-Faktor Yang
Mempengaruhi Keberhasilan Technopreneur : Studi Kasus Pada Bandung Techno Park Analysis the Factors That Influence Technopreneur ’ S Success : Case Study At Bandung Techno Park,” ISSN 2355-9357 e-Proceeding Manag. Vol.5, No.2 Agustus 2018, vol. 5, no. 2, pp. 1601–1608, 2018.
[9] R. Dumilah, A. Sunarto, A. Ahyani, D. Solihin, and H. Maulida, “Pelatihan Pemanfaatan Media Sosial Untuk Promosi Usaha Atau Bisnis Bagi Siswa,” Dedik. Pkm, vol. 1, no. 1, p. 26, 2020, doi: 10.32493/dedikasipkm.v1i1.6045.
[10] D. S. Puspitarini and R. Nuraeni, “Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi (Studi Deskriptif pada Happy Go Lucky House),” J. Common, vol. 3, no. 1, pp. 71–80, 2019, doi: 10.34010/COMMON.V3I1.1950.
[11] M. Yusuf, R. N. Ichsan, and Saparuddin, “Determinasi Investasi Dan Pasar Modal Syariah,” J. Kaji. Ekon. dan Kebijak. Publik, vol. 6, no. 1, pp. 397–401, 2021, [Online]. Available: http://jurnal.pancabudi.ac.id/index.php/jepa/article/view/1121/1001.
[12] P. T. Cakabawa Landra, “Hukum Investasi dalam Industrialisasi Kepariwisataan Bali,” J. Magister Huk. Udayana (Udayana Master Law Journal), vol. 7, no. 1, p. 100, 2018, doi: 10.24843/jmhu.2018.v07.i01.p09.
[13] B. Dwi Juniansyah, E. Redy Susanto, and A. Deni Wahyudi, “Pembuatan ECommerce Pemesanan Jasa Event Organizer Untuk Zero Seven Entertaiment,” J. Tekno Kompak, vol. 14, no. 1, pp. 41–46, 2020, [Online]. Available: https://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/teknokompak/article/view/499.
[14] Alwendi, “Penerapan E-Commerce Dalam Meningkatkan,” Manaj. Bisnis, vol. 17, no. 3, pp. 317–325, 2020, [Online]. Available: http://journal.undiknas.ac.id/index.php/magister-manajemen/.
[15] Y. D. Fernandes and D. Marlius, “Peranan Customer Service Dalam Meningkatkan Pelayanan Kepada Nasabah Pada Pt. Bank Pembangunan Daerah Sumatera Barat Cabang Utama Padang,” Akad. Keuang. dan Perbank. Padang, pp. 1–12, 2018.
[16] H. Semuel and K. Y. Setiawan, “Promosi Melalui Sosial Media, Brand Awareness, Purchase Intention Pada Produk Sepatu Olahraga,” J. Manaj. Pemasar., vol. 12, no. 1, pp. 47–52, 2018, doi: 10.9744/pemasaran.12.1.47.
[17] K. Kasmi and A. N. Candra, “Penerapan E-Commerce Berbasis Business To Consumers Untuk Meningkatan Penjualan Produk Makanan Ringan Khas Pringsewu,” J. Aktual, vol. 15, no. 2, p. 109, 2017, doi:
10.47232/aktual.v15i2.27.
[18] W. Wahyudin, B. Nugraha, and I. Rinjani, “Pendirian Business Plan Di Daerah Karawang,” Semin. Nas. Teknol. Inf. Ilmu Komput., vol. 1, no. 1, pp. 169–179, 2020.
[19] U. Syiah Kuala and M. A. R. Safrial, “Analisis Pengaruh Faktor-Faktor Kompetensi Project Manager Terhadap Keberhasilan Proyek Konstruksi Sungai Pada Dinas Pengairan Aceh,” Univ. Syiah Kuala Jl. Tgk. Syeh Abdul Rauf, vol. 6, no. 3, pp. 1–12, 2018.