PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN LAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK TABUNGAN PADA PT BANK SYARIAH MANDIRI CABANG BOGOR

research
  • 09 Nov
  • 2022

PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN LAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK TABUNGAN PADA PT BANK SYARIAH MANDIRI CABANG BOGOR

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan layanan terhadap keputusan pembelian produk tabungan pada PT. Bank Syariah Mandiri cabang Bogor.   Metode yang digunakan yaitu metode survey dengan menggunakan teknik analisis deskriftif dan verifikatif. Teknik pengambilan sampel penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling sebanyak 86 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner sebanyak 30 item pertanyaan yang dinilai dengan skala Likert 1-5 dan diuji validitas serta reliabilitasnya. Pengujian hipotesis menggunakan analisis statistik meliputi koefisien korelasi, koefisien determinasi, uji-t, dan uji F. Berdasarkan hasil pengujian parsial dapat disampaikan sebagai berikut : (1) Pengaruh kualitas produk (X1) terhadap keputusan pembelian produk diperoleh nilai thitung lebih besar dari nilai ttabel, yaitu 4,917 > 2,025 (nilai koefisien regresi 0,572 dan nilai signifikansi 0.000),  maka H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel kualitas produk secara parsial mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap terhadap keputusan pembelian produk. (2) Pengaruh kualitas layanan (X2) terhadap keputusan pembelian produk diperoleh nilai thitung  lebih besar dari nilai ttabel, yaitu 2,675> 2,025 (nilai koefisien regresi 0,324 dan nilai signifikansi 0.009), maka H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel kualitas layanan  mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk.  (3) Pengaruh kualitas produk (X1) dan kualitas layanan  (X2) terhadap keputusan pembelian produk diperoleh Fhitung = 49,573 > F tabel 3,109 maka H0 ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan pengaruh kualitas produk dan kualitas layanan secara simultan berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian produkHasil analisis koefisien determinasi dengan nilai adjusted R Square sebesar 0,550 maka dapat diartikan bahwa 50,5% kualitas produk dan layanan berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk tabungan pada Bank Syariah Mandiri cabang Bogor.


Unduhan

 

REFERENSI

Antonio, Muhammad Syafi’i.(2012). Bank Syariah, Dari Teori ke Praktik. Gema Insani. Depok.

Azwar, Saifuddin.(2016). Metode Penelitian. Penerbit Pustaka Pelajar. Yogyakarta.

Bank Indonesia, Surat Edaran No.10/14/DPbS (2008). Pelaksanaan Prinsip Syariah Dalam Kegiatan Penghimpunan Dana dan Penyaluran Dana Serta Pelayanan Jasa Bank Syariah

Bank Indonesia, Peraturan No.9/19/PBI/2007 (2007). Pelaksanaan Prinsip Syariah Dalam Kegiatan Penghimpunan Dana dan Penyaluran Dana Serta Pelayanan Jasa Bank Syariah

Bank Indonesia, Peraturan No.10/16/PBI/2008 (2008). Perubahan Atas Peraturan Bank Indonesia Nomor 9/19/PBI/2007 Tentang Pelaksanaan  Prinsip Syariah Dalam Kegiatan Penghimpunan Dana dan Penyaluran Dana Serta Pelayanan Jasa Bank Syariah

Achmad K Permana, (Selasa, 19 September 2017) Banking Journalis Academy (BJA) 2017 di Jakarta. Berita Online : Suara.Com

Darmawi, Herman. (2012). Manajemen Perbankan, Penerbit Bumi Aksara, Jakarta.

Endang Rosawati,  (Jumat, 29 April 2016). Berita online : Sindo News.Com

Ginting, Nembah F. Hartimbul (2011). Manajemen Pemasaran, Penerbit Yrama Widya, Bandung.

Kotler, Philip and Armstrong, Garry. (1996). Principle of marketing. 6th edition. Prentice Hall, New Jersey.  

Kotler, Philip and Armstrong, Garry (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jilid 1. Penerbit Erlangga, Jakarta.

Kotler, Philip and Keller, K. Lane. (2009). Manajemen Pemasaran. Edisi 13 Jilid 1. Penerbit Erlangga, Jakarta.

Kotler, Philip and Keller, K. Lane. (2009). Manajemen Pemasaran. Edisi 13 Jilid 2. Penerbit Erlangga, Jakarta.

 

Kotler, Philip and Keller, K. Lane. (2012). Marketing Management, 14th ed. Upper Saddle River, NJ:Pearson Education Inc.

Nasehudin, Toto Syatori dan Gozali, Nanang.(2015). Metode Penelitian Kuantitatif. Penerbit Pustaka Setia, Bandung.

Oliver L, Richard. (1997). Satisfaction, A Behavioral Perspective on the Customer. McGraw-Hill, companies in Singapore

Priyatno, Duwi. (2017). Panduan Praktis Olah Data Menggunakan SPSS. Penerbit Andi. Yogyakarta.

Perwataatmadja, Karnaen H & Antonio, Muhammad Syafi’i (1999). Apa & Bagaimana Bank Islam. Dana Bhakti Prima Yasa, PT. Yogyakarta

Republik Indonesia. (1998). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 1998 Tentang Perubahan Atas UU Nomor 7 Tahun 1992 Tentang Perbankan.

 

Republik Indonesia. (2008). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor  21 Tahun 2008 Tentang Perbankan Syariah.

Situs Otoritas Jasa Keuangan https;//ojk.go.id/statistic-perbankan-syariah

Sujarweni, V. Wiratna (2015). Metodologi Penelitian Bisnis dan Ekonomi. Cetakan Pertama. Penerbit Pustaka Baru Press, Yogyakarta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Bisnis. Cetakan Kelima. Penerbit CV. Alfabeta. Bandung.

Suryani, Tatik.(2017). Manajemen Pemasaran, Strategik Bank di Era Global, Menciptakan Nilai Unggul Untuk Kepuasan Nasabah. Penerbit Prenadamedia Group, Jakarta.

Tjiptono, Fandy. (2008). Strategi Pemasaran. Edisi 4. Penerbit Andi. Yogyakarta

Tjiptono, Fandy dan Chandra, Gregorius. (2016). Service, Quality dan Satisfaction Edisi 4, Penerbit Andi, Yogyakarta.

Tjiptono, Fandy dan Chandra, Gregorius.  (2017). Pemasaran Strategik, Branding Strategy, Customer Satisfaction, Strategi Kompetitip hingga e-Marketing Edisi 3, Penerbit Andi, Yogyakarta.

Tjiptono, Fandy. (2017). Service Management, Mewujudkan Layanan Prima.  Edisi 3. Penerbit Andi. Yogyakarta

 

 

Umam, Khotibul dan Budi Utomo, Setiawan (2017). Perbankan Syariah, Dasar-dasar dan Dinamika Perkembangannya di Indonesia, Penerbit Raja Grafindo Persada, Jakarta

Valarie A. Zeithaml dan Mary Jo Bitner (1996). Services Marketing, Mc Graw-Hill, International Edition.

Website.www.syariahmandirico,id