PENERAPAN ALGORITMA C4.5 BERBASIS PARTICLE SWARM OPTMIZATION UNTUK PREDIKSI HASIL LAYANAN KEMUDAHAN DONASI ZAKAT DAN PROGRAM

research
  • 21 Aug
  • 2022

PENERAPAN ALGORITMA C4.5 BERBASIS PARTICLE SWARM OPTMIZATION UNTUK PREDIKSI HASIL LAYANAN KEMUDAHAN DONASI ZAKAT DAN PROGRAM

Layanan Cashless adalah Layanan kemudahan donasi yang diberikan kepada donatur
dengan menggunakan layanan donasi non tunai melalui perbankan atau channeling lainnya. Kemudahan adalah bagian dari komitmen layanan dari lembaga RZ sebagai sarana untuk donatur atau mitra yang ingin berdonasi. Upaya untuk mengembangkan organisasi ke arah yang lebih baik dalam meningkatkan kepuasan para donatur terhadap proses pelayanan yang diberikan merupakan suatu keharusan, oleh karena itu dibutuhkan pengenalan dalam prediksi terhadap transaksi donatur yang loyal dan tidak loyal, agar bisa diketahui akses kemudahan donasi yang telah di terapkan. Dengan demikian, peneliti menggunakan dua model perbandingan yaitu: model algoritma C4.5 dan model algoritma C4.5 berbasis
Particle Swarm Optimization (PSO). Setelah dilakukan pengujian nilai akurasi yang di dapatkan untuk model algoritma klasifikasi C4.5 sebesar 83,91 % dan algoritma C4.5 berbasis PSO (Particle Swarm Optimization) menghasilkan nilai AUC 0.889 dari nilai akurasi algoritma klasifikasi C4.5 berbasis PSO, dengan nilai
diagnosa
Good Classification.


Unduhan

  • Full Paper Tesis.pdf

    PENERAPAN ALGORITMA C4.5 BERBASIS PARTICLE SWARM OPTMIZATION UNTUK PREDIKSI HASIL LAYANAN KEMUDAHAN DONASI ZAKAT DAN PROGRAM

    •   diunduh 177x | Ukuran 7,035 KB

 

REFERENSI

Aprillisa, R., & Wirawan, A. R. (2013). ANALISIS
DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI
MANAJEMEN HUBUNGAN TERHADAP
DONATUR UNTUK MENINGKATKAN
LOYALITAS DAN JUMLAH DONATUR
VIHARA DHAMMADIPA SURABAYA.
CALYPTRA, 2(1), 1–14. Retrieved from
http://journal.ubaya.ac.id/index.php/jimus
/article/view/120
Aryani, D., & Rosinta, F. (2011). Pengaruh
Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan
Pelanggan Dalam Membentuk Loyalitas
Pelanggan.
BISNIS & BIROKRASI: Jurnal Ilmu
Administrasi Dan Organisasi
, 7(2).
Gorunescu, F. (2011).
Data Mining Techniques
and Models
. Berlin, Heidelberg: Springer.
https://doi.org/10.1007/978-3-642-
19721-5_5
Hermansyah, A. (2011).
Strategi Pengembangan
Donatur Pada Lembaga Amil Zakat Dengan
Pendekatan Data Mining.
Universitas
Indonesia. Retrieved from
http://lib.ui.ac.id/file?file=digital/2017209
5-T28731-Strategi pengembangan.pdf
Lutfiyana, N. (2017).
Laproan Akhir Penelitian
Mandiri
. Jakarta.
Munir, M. (2005).
Matra Dakwah Pengembangan
Masyarakat, Pengembangan Sumber Daya
Manusia
(1st ed.). Yogyakarta: Pustaka
Pesantren.

Santosa, B., & Willy, P. (2011). Metoda
Metaheuristik, Konsep dan Implementasinya
(1st ed.). Surabaya: Guna Widya. Retrieved
from http://gunawidya.com/metode

metaheuristik-konsep-dan-implementasi/
Sunjana. (2010). Seminar Nasional Aplikasi
Teknologi Informasi (SNATI). In
Seminar
Nasional Aplikasi Teknologi Informasi
(SNATI)
(pp. 24–29). Yogyakarta: UII.
Retrieved from
http://journal.uii.ac.id/Snati/article/view/
1857
Tsai, C.-F., & Chen, M.-Y. (2010). Variable
selection by association rules for customer
churn prediction of multimedia on demand.
Expert Systems with Applications, 37(3),
2006–2015.
https://doi.org/10.1016/J.ESWA.2009.06.0
76