EVALUASI USABILITY FITUR PADA APLIKASI SURVEY PELAYANAN ELEKTRONIK (SISUPER) DENGAN METODE SYSTEM USABILITY SCALE PADA PENGADILAN NEGERI TANGERANG

research
  • 02 Aug
  • 2022

EVALUASI USABILITY FITUR PADA APLIKASI SURVEY PELAYANAN ELEKTRONIK (SISUPER) DENGAN METODE SYSTEM USABILITY SCALE PADA PENGADILAN NEGERI TANGERANG

Salah satu upaya yang harus dilakukan dalam perbaikan pelayanan publik adalah melakukan Survei Kepuasan Masyarakat, Survei Persepsi Anti Korupsi dan Survei Harian kepada pengguna layanan, oleh karena itu peraturan ini dimaksudkan untuk memberikan arahan dan pedoman yang jelas dari tegas bagi Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum, Pengadilan Tinggi serta Pengadilan Negeri.Masyarakat masih kesulitan dalam menggunakan Aplikasi Survey Pelayanan Elektronik. Sehingga perlu metode system usability scale untuk mengukur sejauh mana tingkat kemudahan, tingkat kecepatan, tingkat kesalahan dan tingkat kepuasan pengguna aplikasi Survey Pelayanan Elektronik, untuk mengetahui tingkat usability kedua antarmuka aplikasi apakah sudah memiliki tingkat yang baik, menggali masalah usability yang ada, mendapatkan evaluasi masalah usability oleh ahli.Metode ini menggunakan analisis deskriptif rata-rata persentase. Tipe pengukuran yang digunakan adalah skala likert, yaitu untuk mengukur sejauh mana tingkat kemudahan, tingkat kecepatan, tingkat kesalahan dan tingkat kepuasan pengguna. hasil penilaian yang diberikan responden terhadap Aplikasi Survey Pelayanan Elektronik Pada Pengadilan Negeri Tangerang.


Unduhan

  • JURNAL

    •   diunduh 0x | Ukuran 0 KB

 

REFERENSI

[1]         H. K. Siradjuddin, “Implementasi Prototype Aplikasi E-Konseling Untuk Menunjang Pelayanan Konseling Berbasis Jejaring Sosial,” IJIS - Indones. J. Inf. Syst., vol. 2, no. 2, pp. 48–56, 2017, doi: 10.36549/ijis.v2i2.29.

[2]         B. C. Neyfa and D. Tamara, “Special Meeting of Council,” Br. Med. J., vol. 1, no. 6001, pp. 107–109, 1976, doi: 10.1136/bmj.1.6001.107.

[3]         J. Andi, “Pembangunan Aplikasi Child Tracker Berbasis Assisted – Global Positioning System ( A-GPS ) Dengan Platform Android,” J. Ilm. Komput. dan Inform., vol. 1, no. 1, pp. 1–8, 2015.

[4]         A. Arfan, W. Budi, and Khalikussabir, “Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Pengguna Transportasi Online Gojek,” pp. 82–94, 2016.


[5]         N. S. Maryam, “Mewujudkan Good Governance Melalui Pelayanan Publik,” J. Ilmu Polit. dan Komun., vol. VI, no. 1, pp. 1–18, 2016.

[6]         K. Khairil, “Penilaian Kepuasan Pelanggan Dengan Aplikasi Survei Pada Pdam Kota Bengkulu,” Teknosia, vol. 1, no. 1, pp. 16–21, 2021, doi: 10.33369/teknosia.v1i1.15542.

[7]         A. Ulumudin, “Pengaruh Kualitas Pelayanan Administrasi Kependudukan terhadap Kepuasan Masyarakat di Kecamatan Bayongbong Kabupaten Garut,” J. Pembang. dan Kebijak. publik, vol. 04, no. 01, pp. 1–6, 2014.

[8]         A. Muqoddas, A. F. Yogananti, and H. Bastian, “Usability user interface desain pada aplikasi ecommerce,” J. Desain Komun. Vis. Multimed., vol. 06, no. December 2019, pp. 73–82, 2020, [Online]. Available: http://publikasi.dinus.ac.id/index.php/andharupa

[9]         A. Saputra, “Penerapan Usability pada Aplikasi PENTAS Dengan Menggunakan Metode System Usability Scale (SUS),” JTIM  J. Teknol. Inf. dan Multimed., vol. 1, no. 3, pp. 206–212, 2019, doi: 10.35746/jtim.v1i3.50.

[10]       F. Alsidqi Husaini, A. Triayudi, and B. Rahman, “Analisa Usability Aplikasi IDS Education Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction dan PIECES,” J. JTIK (Jurnal Teknol. Inf. dan Komunikasi), vol. 6, no. 4, pp. 479–487, 2022, doi: 10.35870/jtik.v6i4.518.


[11]       T. Purnama, I. M. A. Pradnyana, and K. Agustini, “Usability Testing Menggunakan Metode Heuristic Evaluation Pada Aplikasi E-Musrenbang Bappeda Kabupaten Badung,” J. Pendidik. Teknol. dan Kejuru., vol. 16, no. 1, p. 87, 2019, doi: 10.23887/jptk-undiksha.v16i1.17949.

[12]       S. Aisyah et al., “Evaluasi Usability Website Dinas Pendidikan Provinsi Riau Menggunakan Metode System Usability Scale,” J. Ilm. Rekayasa dan Manaj. Sist. Inf., vol. 7, no. 2, pp. 125–132, 2021.

[13]       PN TANGERANG, “Sekretaris PN Tangerang memberikan arahan dan pembinaan bahwa pada evaluasi kinerja ini bertujuan untuk mengukur kinerja masing-masing tenaga honorer dalam mengembangkan, mendukung, dan meningkatkan kualitas kerja, sehingga masing-masing tenaga honorer bi,” H. Zulfikar Arif Rahman Purba, S.H., M.M, 2022. pn-tangerang.go.id (accessed Jun. 20, 2022).


[14]       R. Nurlistiani and N. Purwati, “Interpretasi Pengujian Usabilitas E-Learning di Masa Pandemi COVID-19 Menggunakan System Usability Scale,” Inst. Inform. dan Bisnis Darmajaya Tahun 2021, vol. 2020, no. Rusman 2015, pp. 164–171, 2021.

[15]       F. Nurfauzan, “Tugas Akhir,” 175.45.187.195, vol. 1987, p. 31124, 2019, [Online]. Available: https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/15638

[16]       L. Savitri, “Tugas Akhir,” 175.45.187.195, p. 31124, 2010, [Online]. Available: ftp://175.45.187.195/Titipan-Files/BAHAN WISUDA PERIODE V 18 MEI 2013/FULLTEKS/PD/lovita meika savitri (0710710019).pdf

[17]       G. W. Intyanto, N. A. Ranggianto, and V. Octaviani, “Pengukuran Usability pada Website Kampus Akademi Komunitas Negeri Pacitan Menggunakan System Usability Scale (SUS),” Walisongo J. Inf. Technol., vol. 3, no. 2, pp. 59–68, 2021, doi: 10.21580/wjit.2021.3.2.9549.