Ditreskrimsus Polda DIY dalam memberikan pelayanan
optimal kepada masyarakat luas, salah satunya dengan mengajak masyarakat untuk
dapat berpartisipasi dalam penyampaian keluhan pengaduan masyarakat tentang
pelayanan kepolisian melalui aplikasi e-Dumas Presisi, yaitu aplikasi Dumas
kependekan dari (Pengaduan Masyarakat) Presisi (Prediktif, Responsibilitas, Transparansi
Berkeadilan). Penelitian bertujuan mengetahui dan menganalisis pengaruh kualitas layanan sistem informasi aplikasi e-Dumas
Presisi terhadap kepuasan pengguna sistem informasi pada Ditreskrimsus Polda
DIY. Pengumplan data menggunakan kuesioner, observasi dan studi pustaka. Populasi dalam penelitian yaitu seluruh pengguna layanan yang melakukan
pengaduan melalui sistem informasi e-Dumas Presisi sebanyak 48 pengguna. Teknik sampling menggunakan total
sampling, jadi jumlah sampel penelitian sebanyak populasi yaitu 48 sampel.
Uji instrumen menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Analisa data
menggunakan analisis regresi berganda, uji signifikansi secara parsial uji t,
uji signifikansi simultan uji f dan uji koefisien determinasi (R2). Hasil penelitian
menunjukkan terdapat pengaruh positif dan
signifikan antara variabel reliability (X1) terhadap Kepuasan Pengguna (Y), namun tidak terdapat pengaruh signifikan antara
variabel responsiveness (X2), assurance (X3), empathy (X4), dan tangible (X5) terhadap Kepuasan Pengguna Sistem
Informasi.
[1] D. Rahmawati, “Pengaruh
Penerapan Sistem Informasi Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Dayah Modern Darul
‘Ulum Banda Aceh,” Skripsi, p. Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan
Universitas Islam N, 2019.
[2] Ferinawati and S. Sari,
“Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Kejadian BBLR di Wilayah Kerja Puskesmas
Jeumpa Kabupaten Bireuen,” ournal Heal. Med., vol. 6, no. 1, 2020.
[3] F. Ritonga and F. F. Yanto,
“Pengaruh Kualitas Sistem Informasi, Kualitas Informasi, Dan Kualitas Pelayanan
Terhadap Kepuasan Pengguna Sistem Informasi pada Bank Umum di Bandung,” J.
IRWNS, 2013.
[4] W. Septianita, W. A.
Winarno, and A. Arif, “Pengaruh Kualitas Sistem, Kualitas Informasi, Kualitas
Pelayanan Rail Ticketing System (RTS) Terhadap Kepuasan Pengguna (Studi Empiris
Pada PT. Kereta Api Indonesia (Persero) DAOP 9 Jember),” e-Journal Ekon.
Bisnis dan Akunt., vol. 1, no. 1, p. 53, 2014.
[5] A. Wahyono, Penerapan
Sistem Informasi Manajemen Pendidikan. Skripsi Pendidikan Islam. Cirebon:
Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati, 2013.
[6] Sutabri, Tata. Analisis
Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi Offset, 2004.
[7] Hartono Jogiyanto, Analisis
dan Desain Sistem Informasi, Sistem Informasi : Pendekatan Terstruktur Teori
dan Praktik Aplikasi Bisnis. Yogyakarta: Andi Offset, 2014.
[8] N. E. Husda and Y. Wangdra, Pengantar
Teknologi Informasi, Revisi. Jakarta: Baduose Media, 2016.
[9] S. Muhtaram, A, Sistem
Informasi Manajemen, Dalam T. D. Pendidikan, Manajemen Pendidikan. Bandung:
Alfabeta, 2009.
[10] Istianingsih and U. Wiwik,
“Pengaruh Kepuasan Pengguna Sistem Informasi terhadap Kinerja Individu,” J.
SNA, vol. 1, no. XII, 2009.
[11] G. Gowinda, “Analisis
Perilaku Penerimaan Wajib Pajak Terhadap Pengguna E-Filling (Kajian Empiris
Wilayah Kota Semarang),” Kaji. Empiris Wil. Kota Semarang. Fak. Ekon. Univ.
Diponogoro, Semarang, 2010.
[12] I. F. Racmawati, Pengaruh
Kualitas Sistem Informasi terhadap Kepuasan pengguna (studi Kasus pada Karyawan
PT. Kereta Api Indonesi/PERSERO) Selaku Pengguna Sistem Informasi Rail
Ticketing Sistem. Depok: Universitas Indonesia, 2012.
[13] L. P. Sinambela, Manajemen
Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara, 2018.
[14] P. Kotler and K. L. Keller, Marketing
Managemen, 15th ed. New Jersey: Pearson Education,Inc, 2016.
[15] Rambat Lupiyoadi, Manajemen
Pemasaran Jasa Teori dan Praktik. Jakarta: Salemba Empat, 2016.
[16] Z. Yamit, Manajemen Kualitas Produk dan
Jasa. Yogyakarta: Ekonisia, 2018.
[17] V. Gaspersz, Total Quality
Management (untuk Praktisi Bisnis dan Industri). Jakarta: Penebar Swadaya,
2011.
[18] V. A. Zeithaml, M. J. Bitner,
and D. D. Gremler, Services Marketing: Integrating Customer Focus Across the
Firm, 6th ed. Boston: Mc.Graw-Hill, 2016.
[19] U. Sumarwan, Perilaku
Konsumen Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran, 2nd ed. Bogor: Ghalia
Indonesia, 2014.
[20] F. Tjiptono, emasaran
Jasa, Prinsip, Penerapan, dan Penelitian. Yogyakarta: Andi Publisher, 2015.
[21] A. Purnama, “Membangun Indeks
Kepuasan Pelanggan,” J. Bisnis dan Manaj., vol. 1, no. 1, p. 208, 2012.
[22] T. A. Sari, “Analisis
Kepuasan Mahasiswa Universitas Negeri Semarang Terhadap Sistem Informasi
Akademik TerpaduTwo Point 0 (SIKADU 2.0),” Skripsi. Jur. Pendidik. Ekon.,
2020.
[23] L. T. Utomo, Y. T. Ardianto,
and N. Sisharini, “Pengaruh Kualitas Sistem, Kualitas Informasi, Kualitas
Layanan, Terhadap Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Akademik Universitas
Merdeka Malang,” J. Teknol. Manaj. Inform., vol. 3, no. 2, 2017.
[24] E. Marmi, Retno, AMS.
Fatmawati, Asuhan Kebidanan Patologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2015.
[25] Sugiyono, Metode dan
Prosedur Penelitian. Bandung: Alfabeta, 2019.
[26] I. Ghozali, Aplikasi
Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25 Edisi 5. Semarang: Badan
Penerbit Universitas Diponegoro, 2018.
[27] A. Suharsimi, “Prosedur
Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi),” Rineka Cipta,
2018.
[28] Nursalam and F. Efendi, Pendidikan
Dalam Keperawatan. Salemba Medika, 2013.
[29] S. Wiratna, SPSS Untuk
Penelitian. Yogyakarta: Pustaka baru Press, 2015.