Pengaruh Kualitas Layanan Sistem Informasi Terhadap Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Pada Ditreskrimsus Polda DIY.

research
  • 01 Jul
  • 2022

Pengaruh Kualitas Layanan Sistem Informasi Terhadap Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Pada Ditreskrimsus Polda DIY.

Ditreskrimsus Polda DIY dalam memberikan pelayanan optimal kepada masyarakat luas, salah satunya dengan mengajak masyarakat untuk dapat berpartisipasi dalam penyampaian keluhan pengaduan masyarakat tentang pelayanan kepolisian melalui aplikasi e-Dumas Presisi, yaitu aplikasi Dumas kependekan dari (Pengaduan Masyarakat) Presisi (Prediktif, Responsibilitas, Transparansi Berkeadilan). Penelitian bertujuan mengetahui dan menganalisis pengaruh kualitas layanan sistem informasi aplikasi e-Dumas Presisi terhadap kepuasan pengguna sistem informasi pada Ditreskrimsus Polda DIY. Pengumplan data menggunakan kuesioner, observasi dan studi pustaka. Populasi dalam penelitian yaitu seluruh pengguna layanan yang melakukan pengaduan melalui sistem informasi e-Dumas Presisi sebanyak 48 pengguna. Teknik sampling menggunakan total sampling, jadi jumlah sampel penelitian sebanyak populasi yaitu 48 sampel. Uji instrumen menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Analisa data menggunakan analisis regresi berganda, uji signifikansi secara parsial uji t, uji signifikansi simultan uji f dan uji koefisien determinasi (R2). Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh positif dan signifikan antara variabel reliability (X1) terhadap Kepuasan Pengguna (Y), namun tidak terdapat pengaruh signifikan antara variabel responsiveness (X2), assurance (X3), empathy (X4), dan tangible (X5) terhadap Kepuasan Pengguna Sistem Informasi.

Unduhan

  • Untitled.pdf

    Heny Widayati

    •   diunduh 411x | Ukuran 1,630 KB

 

REFERENSI

[1]      D. Rahmawati, “Pengaruh Penerapan Sistem Informasi Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Dayah Modern Darul ‘Ulum Banda Aceh,” Skripsi, p. Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam N, 2019.

[2]      Ferinawati and S. Sari, “Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Kejadian BBLR di Wilayah Kerja Puskesmas Jeumpa Kabupaten Bireuen,” ournal Heal. Med., vol. 6, no. 1, 2020.

[3]      F. Ritonga and F. F. Yanto, “Pengaruh Kualitas Sistem Informasi, Kualitas Informasi, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengguna Sistem Informasi pada Bank Umum di Bandung,” J. IRWNS, 2013.

[4]      W. Septianita, W. A. Winarno, and A. Arif, “Pengaruh Kualitas Sistem, Kualitas Informasi, Kualitas Pelayanan Rail Ticketing System (RTS) Terhadap Kepuasan Pengguna (Studi Empiris Pada PT. Kereta Api Indonesia (Persero) DAOP 9 Jember),” e-Journal Ekon. Bisnis dan Akunt., vol. 1, no. 1, p. 53, 2014.

[5]      A. Wahyono, Penerapan Sistem Informasi Manajemen Pendidikan. Skripsi Pendidikan Islam. Cirebon: Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati, 2013.

[6]      Sutabri, Tata. Analisis Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi Offset, 2004.

[7]      Hartono Jogiyanto, Analisis dan Desain Sistem Informasi, Sistem Informasi : Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktik Aplikasi Bisnis. Yogyakarta: Andi Offset, 2014.

[8]      N. E. Husda and Y. Wangdra, Pengantar Teknologi Informasi, Revisi. Jakarta: Baduose Media, 2016.

[9]      S. Muhtaram, A, Sistem Informasi Manajemen, Dalam T. D. Pendidikan, Manajemen Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2009.

[10]    Istianingsih and U. Wiwik, “Pengaruh Kepuasan Pengguna Sistem Informasi terhadap Kinerja Individu,” J. SNA, vol. 1, no. XII, 2009.

[11]    G. Gowinda, “Analisis Perilaku Penerimaan Wajib Pajak Terhadap Pengguna E-Filling (Kajian Empiris Wilayah Kota Semarang),” Kaji. Empiris Wil. Kota Semarang. Fak. Ekon. Univ. Diponogoro, Semarang, 2010.

[12]    I. F. Racmawati, Pengaruh Kualitas Sistem Informasi terhadap Kepuasan pengguna (studi Kasus pada Karyawan PT. Kereta Api Indonesi/PERSERO) Selaku Pengguna Sistem Informasi Rail Ticketing Sistem. Depok: Universitas Indonesia, 2012.

[13]    L. P. Sinambela, Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara, 2018.

[14]    P. Kotler and K. L. Keller, Marketing Managemen, 15th ed. New Jersey: Pearson Education,Inc, 2016.

[15]    Rambat Lupiyoadi, Manajemen Pemasaran Jasa Teori dan Praktik. Jakarta: Salemba Empat, 2016.

[16]    Z. Yamit, Manajemen Kualitas Produk dan Jasa. Yogyakarta: Ekonisia, 2018.

[17]    V. Gaspersz, Total Quality Management (untuk Praktisi Bisnis dan Industri). Jakarta: Penebar Swadaya, 2011.

[18]    V. A. Zeithaml, M. J. Bitner, and D. D. Gremler, Services Marketing: Integrating Customer Focus Across the Firm, 6th ed. Boston: Mc.Graw-Hill, 2016.

[19]    U. Sumarwan, Perilaku Konsumen Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran, 2nd ed. Bogor: Ghalia Indonesia, 2014.

[20]    F. Tjiptono, emasaran Jasa, Prinsip, Penerapan, dan Penelitian. Yogyakarta: Andi Publisher, 2015.

[21]    A. Purnama, “Membangun Indeks Kepuasan Pelanggan,” J. Bisnis dan Manaj., vol. 1, no. 1, p. 208, 2012.

[22]    T. A. Sari, “Analisis Kepuasan Mahasiswa Universitas Negeri Semarang Terhadap Sistem Informasi Akademik TerpaduTwo Point 0 (SIKADU 2.0),” Skripsi. Jur. Pendidik. Ekon., 2020.

[23]    L. T. Utomo, Y. T. Ardianto, and N. Sisharini, “Pengaruh Kualitas Sistem, Kualitas Informasi, Kualitas Layanan, Terhadap Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Akademik Universitas Merdeka Malang,” J. Teknol. Manaj. Inform., vol. 3, no. 2, 2017.

[24]    E. Marmi, Retno, AMS. Fatmawati, Asuhan Kebidanan Patologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2015.

[25]    Sugiyono, Metode dan Prosedur Penelitian. Bandung: Alfabeta, 2019.

[26]    I. Ghozali, Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25 Edisi 5. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro, 2018.

[27]    A. Suharsimi, “Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi),” Rineka Cipta, 2018.

[28]    Nursalam and F. Efendi, Pendidikan Dalam Keperawatan. Salemba Medika, 2013.

[29]    S. Wiratna, SPSS Untuk Penelitian. Yogyakarta: Pustaka baru Press, 2015.