Ujian
adalah salah satu cara yang digunakan
sebagai alat untuk mengukur capaian kompetensi siswa secara menyeluruh pada
jenjang pendidikan.Kondisi pandemi di Indonesia saat ini masih membawa dampak
tidak baik untuk semua, termasuk di dalam dunia pendidikan khususnya di dalam
pelaksanaan ujian.Dalam pelaksanaanya ujian ada Paper Based Test dan Computer
Based Test .SMK Bintang Harapan adalah salah satu lembaga pendidikan,
dimana masih menggunakan ujian metode Paper
Based Test. Didalam Pelaksanaan
ujian secara Paper Based Test, kertas
dapat berpotensi menularkan virus melalui sentuhan tangan, selain itu juga
pemborosan, membutuhkan waktu yang lama untuk persiapan soal dan hasil
koreksi untuk mendapatkan nilai lama
karena dilakukan secara manual serta berpotensi adanya salah koreksi. Dengan adanya kondisi tersebut, penulis
memberikan solusi tentang pengembangan sistem ujian menggunakan Computer Based Test. Dengan adanya
sistem baru diharapkan dapat meminimalisir wabah covid-19, pembuatan soal ujian
lebih cepat, lebih hemat karena tidak pakai kertas, dan siswa memperoleh hasil
ujian tidak membutuhkan waktu lama dan tingkat kesalahan koreksi kecil. Bahasa
pemrograman yang dipakai dalam aplikasi Computer
Based Test adalah bahasa pemrograman JAVA dan database Mysql .Hasil penelitian ini dapat digunakan
Guru dan Siswa untuk pelaksanaan ujian secara online di sekolah.
[1] D.
Rossalia, M.Pd, 99% Sukses menghadapi Un SMK TKP 2020. Jakarta: C Media,
2020.
[2] B. Aktif, Mahasiswa Ilmu Antropologi
Pascasarjana UGM 173, vol. 2, no. 2. 2018.
[3] Koesheryatin and I.
Budianti, Simulasi dan Komunikasi Digital. Bandung: Humaniora Utama
Press, 2017.
[4] I. Maharani, A. Budianto,
and R. Ari Yuana, “Sistem Rekomendasi Bursa Kerja Khusus (Bkk) Smk Dengan
Metode Simple Additive Weighting,” Sistemasi, vol. 7, no. 3, p. 220,
2018, doi: 10.32520/stmsi.v7i3.383.
[5] M. Siahaan, “Dampak Pandemi
Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan,” J. Kaji. Ilm., vol. 1, no. 1, pp.
73–80, 2020, doi: 10.31599/jki.v1i1.265.
[6] Lisa, T. Matematika, and F.
I. Lhokseumawe, “INOVASI PENDIDIKAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 Lisa,” pp.
63–71, 2020.
[7] M. Lenawati, M.Kom, Analisis
& Desain Sistem Informasi. Madiun: UNIPMA Press, 2018.
[8] sugi, “Pengertian Struktur
Organisasi, Fungsi, Jenis dan Faktor yang Mempengaruhinya,” https://accurate.id/,
2021. https://accurate.id/marketing-manajemen/struktur-organisasi/ (accessed
Jan. 04, 2021).
[9] Endrawati and H. G.S., Erlangga
X-Press Un Smk/Mak 2020 B. Inggris. Jakarta: Penerbit Erlangga, 2020.
[10] L. Lidya Wati, K. Kasmawi,
and S. Mawarni, “Implementasi Computer Based Test (Cbt) Di Sekolah Menengah
Kejuruan,” Batoboh, vol. 3, no. 1, p. 83, 2018, doi:
10.26887/bt.v3i1.491.
[11] I. Suhardi, “Kajian
Deskriptif Perbandingan Model Pengujian Paper Based Test dan Computer Based
Test (Tinjauan Dari Aspek Psikometrik, Konteks dan Suasana Serta Psikologi
Pengguna),” J. Media Komun. Pendidik. Teknol. dan Kejuru., vol. 5, no.
2, pp. 61–70, 2018.
[12] R. D. Utami, “Aplikasi
Computer-Based Test Ujian pada SMP Negeri 6 Cimahi,” J. Teknol. dan Inf.,
vol. 9, no. 2, pp. 151–160, 2019, doi: 10.34010/jati.v9i2.2234.
[13] A. Hariyanto, Membuat
Aplikasi Computer Based Test dengan PHP MySQLi & Bootstrap. Yogyakarta:
Lokomedia, 2017.
[14] L.- Mazia, Z. Sopawiro, E.
Pujiastuti, and S. R. A.R, “Rancang Bangun Sistem Informasi Penilaian Hasil
Belajar Berbasis Intranet Bagi Siswa Siswi Kelas Xi Smk Pasar Minggu Jakarta,” IJIS
- Indones. J. Inf. Syst., vol. 5, no. 1, 2020, doi: 10.36549/ijis.v5i1.62.
[15] A. Kurniawan, “Pengertian
Sistem Informasi,” www.gurupendidikan.co.id, 2021.
https://www.gurupendidikan.co.id/pengertian-sistem-informasi/ (accessed Jan.
04, 2021).
[16] S. W. Dwi Lestari, Akhmad
Arif Musadad, “Jurnal CANDI,” Pengguna. Comput. Based Test Sebagai Sarana
Eval. Dan Pengaruhnya Terhadap Ef. Penilai. Pada Mata Pelajaran Sej. Di Sma
Negeri 1 Boyolali Tahun Ajaran 2015/2016, vol. 19, no. 1, pp. 125–137,
2019.
[17] E. Hartati and M. Mardiana,
“Evaluasi Penerapan Computer Based Test (CBT) sebagai Upaya Perbaikan Sistem
pada Ujian Nasional untuk Sekolah Terpencil di Sumatera Selatan,” MATRIK J. Manajemen, Tek. Inform. dan Rekayasa
Komput., vol. 18, no. 1, pp. 58–64, 2018, doi: 10.30812/matrik.v18i1.321.
[18] S. R. Ningsih, S. Sotar, and
R. Y. Marlis, “Aplikasi Computer Based Test Untuk Pelaksanaan Ujian Sekolah
Menengah Atas,” JOISIE (Journal Inf. Syst. Informatics Eng., vol. 4, no.
2, pp. 105–111, 2020, [Online]. Available: http://www.ejournal.pelitaindonesia.ac.id/ojs32/index.php/JOISIE/article/view/944.
[19] R. Artikel, T. Gantini, and
V. Kurniawan, “Analisis Soal Computer Based Test untuk Tes Potensi Akademik dan
Biologi Manusia,” vol. 7, pp. 643–654, 2021.
[20] E. Istiyono, Panduan
Pengembangan dan Penerapan Computer Based Test untuk Mengukur HOTS.
Yogyakarta: Uny Press, 2021.