Media komunikasi dan informasi semakin berkembang
dan terus mengalami perubahan seiring berjalannya waktu. Sebagai contoh, dahulu
surat adalah media untuk berkomunikasi, kemudian diganti dengan pager,
telepon umum, telepon rumah, dan sekarang menggunakan telepon genggam atau
selular. Media penyedia informasi juga terus mengalami perkembangan mulai dari
koran, majalah, televisi, dan internet. Akan tetapi saat ini ada alat yang
dapat mencakup kedua fungsi tersebut, yaitu smartphone yang dapat
digunakan untuk berkomunikasi sekaligus mengakses informasi. Untuk menunjang
kelancaran dan kenyamanan dalam berkomunikasi maupun mengakses informasi
melalui internet, maka diperlukan sebuah Subscriber Identity Module Card
atau SIM card atau kartu perdana. Akan tetapi beberapa konsumen masih
merasa kesulitan dalam menentukan SIM card provider mana yang
harus digunakan, padahal hal ini tentunya sangat penting untuk diperhitungkan
mengingat pemilihan SIM card provider ini akan menentukan tingkat
kenyamanan dan kelancaran berkomunikasi serta berselancar di internet tanpa
harus khawatir dengan biaya tagihan dan kuota yang terkuras. Penelitian ini
dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui SIM card apa saja yang paling
banyak digunakan saat ini, memberikan informasi kepada pengguna untuk lebih
mengenal berbagai macam jenis dan merek SIM card yang dikeluarkan oleh
beberapa provider, menentukan SIM card terbaik berdasarkan
kriteria tertentu untuk dapat menjadi rekomendasi kepada pengguna, dan memberikan
masukan kepada perusahaan provider tentang kriteria apa saja yang dijadikan
pertimbangan pengguna ketika memilih SIM card. Penelitian dilakukan
dengan menggunakan perhitungan penjumlahan terbobot metode Simple Additive
Weighting untuk menentukan SIM card provider terbaik. Hasil akhir
penelitian didapatkan nilai 0,90 untuk SIM card provider Tri sebagai
rekomendasi SIM card provider terbaik.
Vanny Fitria Ramadanti
[1] Hanum,
“Kemenkominfo: 89% Penduduk Indonesia Gunakan Smartphone,” 2021.
https://mediaindonesia.com/humaniora/389057/kemenkominfo-89-penduduk-indonesia-gunakan-smartphone
(accessed Nov. 04, 2021).
[2] Nugraha,
“Inilah Jenis-Jenis SIM Card HP yang Perlu Kamu Tahu!,” 2021.
https://carisinyal.com/jenis-jenis-sim-card/ (accessed Nov. 04, 2021).
[3] W. M. Shaleha,
“Determinan yang mempengaruhi keputusan pembelian simcard prabayar telkomsel
pada mahasiswa dan mahasiswi di kota kendari,” vol. 1, no. 2, pp. 365–377,
2021.
[4] T. P. Dinar, H.
Kuswara, F. E. Schaduw, and A. S. F. Utami, “Sistem Pendukung Keputusan Dalam
Pemilihan Sim Card Provider Menggunakan Metode Simple Additive Weighting ( Saw
) ( Studi Kasus : Master Cell ),” J. Speed- Sentra Penelit. Eng. dan Edukasi,
vol. 12, no. 2, pp. 40–47, 2020.
[5] Juwita and W.
Maratun Shaleha, “Pengaruh Fitur Produk, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan
Pembelian Kartu Prabayar As Pada Mahasiswa dan Mahasiswi di Kota Kendari,” J.
Indones. Sos. Teknol., vol. 2, no. 2, pp. 193–202, 2021, doi:
10.36418/jist.v2i2.82.
[6] Harry, M,
Saputra, K dan Aprilian, L.V, Belajar
Cepat Metode SAW. Bandung: Kreatif Industri Nusantara, 2020.
[7] Nafiudin, “Buku
Ajar Mata Kuliah Sistem Informasi Manajemen.” Penerbit Qiara Media, Surabaya,
2019.
[8] Budyastuti. T. dan
Suryadharma, Sistem Infromasi Manajemen. Ponorogo: Uwais Inspirasi
Indonesia, 2019.
[9] F. . Jauhari,
A; Anamisa, D.R; Muffaroha, Pengantar Sistem Informasi.pdf. Malang:
Media Nusa Creative, 2020.
[10] F. Hayati, R.
Zulvira, and N. Gistituati, “Lembaga pendidikan : kebijakan dan pengambilan
keputusan,” J. Ris. Tindakan Indones., vol. 6, no. 1, pp. 100–104, 2021,
[Online]. Available: doi: https://doi.org/10.29210/3003911000.
[11] D. R. Prehanto, Model
Sistem Pendukung Keputusan Dengan Ahp Dan Ipms. Surabaya: Scopindo Media
Pustaka, 2020.
[12] Latif, L.A, Jamil,
Mohammad dan Abbas, S.H “Sistem Pendukung Keputusan Teori dan Aplikasi.” CV
Budi Utama, Yogyakarta, p. 43, 2018.
[13] Limbong, Tonni.
et. Al, “Sistem Penunjang Keputusan Metode & Implementasi.” Yayasan Kita
Menulis, Medan, 2020.
[14] “sejarah
penemuan dan ukuran sim card terbaru November 2021.”
https://riaume.com/sejarah-penemuan-dan-ukuran-sim-card.html (accessed Nov. 08,
2021).
[15] “SIM Card:
Fungsi, Jenis, Dan Cara Kerja - Monitor Teknologi.”
https://www.monitorteknologi.com/sim-card-fungsi-jenis-cara-kerja/ (accessed
Nov. 08, 2021).
[16] A. W. Putera, A.
Mukhayaroh, and Samudi, “Metode Simple Additive Weighting (SAW) Dalam Pemilihan
Sim Card Provider,” J. Students‘ Res. Comput. Sci., vol. 1, no. 2, pp.
97–108, 2020, doi: 10.31599/jsrcs.v1i2.382.
[17] Khairunnisa, Pengolahan
Sinyal. Yogyakarta: Percetakan Deepublish, 2019.
[18] E. Cahyono,
“Pengaruh Citra Merek, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Handphone
Merek Oppo Di Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta,” JBMA (Jurnal Bisnis Manaj.
dan Akuntansi), vol. 5, no. 1, pp. 61–75, 2018.
[19] “Pengertian
Paket Internet Berbasis Kuota - Kanal Pengetahuan.”
https://www.kanal.web.id/pengertian-paket-internet-berbasis-kuota (accessed
Nov. 09, 2021).
[20] “Pengertian
Kecepatan Akses Internet – Internet – Forum Ask.” https://ask.co.id/forum/internet/pengertian-kecepatan-akses-internet/
(accessed Nov. 09, 2021).
[21] N. Gunawan,
“Literature Review Determinasi Motivasi Dan Kinerja: Analisis Kompensasi
(Bonus) Dan Promosi Jabatan (Study Pada Pt.Sds),” J. Ilmu Manaj. Terap.,
vol. 2, no. 3, pp. 285–291, 2021, doi: 10.31933/jimt.v2i3.349.
[22] “Perbedaan Masa
Aktif Kuota dan Masa Tunggu - Harian Trending Topik.”
https://www.hariantrendingtopik.com/2019/07/perbedaan-masa-aktif-dan-masa-tunggu.html
(accessed Nov. 09, 2021).
[23] A. A. Siboro,
“Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan pelanggan: Studi Kasus Pada
Konsumen Jasa PT. Telkom,” J. Ilm. Methonomi, vol. 4, no. 2, pp.
1689–1699, 2018.
[24] A. Irawan and M.
Waluyo, “ANALISIS MODEL HUBUNGAN KEPUASAN , KEPERCAYAAN DAN LOYALITAS PELANGGAN
PROVIDER TELKOMSEL DI KOTA SURABAYA MENGGUNAKAN STRUCTURAL EQUATION MODELING (
SEM ),” vol. 01, no. 06, pp. 13–24, 2020.
[25] S. Nurajizah et
al., “Sistem pendukung keputusan pemilihan internet service provider
terbaik dengan metode analytical hierarchy process,” vol. VI, no. 3, 2020.
[26] Y. Yuniati et
al., “Upaya Peningkatan Brand Equity Kartu Perdana Smartfren,” pp. 21–30,
2019.
[27] “Sejarah Kami |
Telkomsel.” https://www.telkomsel.com/about-us/our-story/our-history (accessed
Nov. 09, 2021).
[28] “Riwayat | XL
AXIATA.” https://www.xlaxiata.co.id/id/tentang-xl-axiata/riwayat (accessed Nov.
09, 2021).
[29] “Our Company.” https://indosatooredoo.com/portal/id/corpourcompany#SECID_302
(accessed Nov. 09, 2021).
[30] “About Tri | Tri
Indonesia.” https://tri.co.id/AboutTri (accessed Nov. 09, 2021).
[31] “About Us | PT
Smartfren Telecom TbkSmartfren.” https://www.smartfren.com/id/overview/
(accessed Nov. 09, 2021).
[32] Sudaryono, Statistik
1 Statistik Deskriptif Untuk Penelitian. Yogyakarta: CV ANDI OFFSET, 2021.
[33] M. . Firdaus, Metode
Penelitian Kuantitatif Dilengkapi Analisis Regresi IBM SPSS Statistics Version
26.0. Riau: DOTPLUS Publisher, 2021.