Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan SIM Card Provider Terbaik Menggunakan Metode Simple Additive Weighting.

research
  • 01 Jul
  • 2022

Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan SIM Card Provider Terbaik Menggunakan Metode Simple Additive Weighting.

Media komunikasi dan informasi semakin berkembang dan terus mengalami perubahan seiring berjalannya waktu. Sebagai contoh, dahulu surat adalah media untuk berkomunikasi, kemudian diganti dengan pager, telepon umum, telepon rumah, dan sekarang menggunakan telepon genggam atau selular. Media penyedia informasi juga terus mengalami perkembangan mulai dari koran, majalah, televisi, dan internet. Akan tetapi saat ini ada alat yang dapat mencakup kedua fungsi tersebut, yaitu smartphone yang dapat digunakan untuk berkomunikasi sekaligus mengakses informasi. Untuk menunjang kelancaran dan kenyamanan dalam berkomunikasi maupun mengakses informasi melalui internet, maka diperlukan sebuah Subscriber Identity Module Card atau SIM card atau kartu perdana. Akan tetapi beberapa konsumen masih merasa kesulitan dalam menentukan SIM card provider mana yang harus digunakan, padahal hal ini tentunya sangat penting untuk diperhitungkan mengingat pemilihan SIM card provider ini akan menentukan tingkat kenyamanan dan kelancaran berkomunikasi serta berselancar di internet tanpa harus khawatir dengan biaya tagihan dan kuota yang terkuras. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui SIM card apa saja yang paling banyak digunakan saat ini, memberikan informasi kepada pengguna untuk lebih mengenal berbagai macam jenis dan merek SIM card yang dikeluarkan oleh beberapa provider, menentukan SIM card terbaik berdasarkan kriteria tertentu untuk dapat menjadi rekomendasi kepada pengguna, dan memberikan masukan kepada perusahaan provider tentang kriteria apa saja yang dijadikan pertimbangan pengguna ketika memilih SIM card. Penelitian dilakukan dengan menggunakan perhitungan penjumlahan terbobot metode Simple Additive Weighting untuk menentukan SIM card provider terbaik. Hasil akhir penelitian didapatkan nilai 0,90 untuk SIM card provider Tri sebagai rekomendasi SIM card provider terbaik.

 

Unduhan

  • Skripsi.pdf

    Vanny Fitria Ramadanti

    •   diunduh 662x | Ukuran 2,075 KB

 

REFERENSI

[1]      Hanum, “Kemenkominfo: 89% Penduduk Indonesia Gunakan Smartphone,” 2021. https://mediaindonesia.com/humaniora/389057/kemenkominfo-89-penduduk-indonesia-gunakan-smartphone (accessed Nov. 04, 2021).

 

[2]      Nugraha, “Inilah Jenis-Jenis SIM Card HP yang Perlu Kamu Tahu!,” 2021. https://carisinyal.com/jenis-jenis-sim-card/ (accessed Nov. 04, 2021).

 

[3]      W. M. Shaleha, “Determinan yang mempengaruhi keputusan pembelian simcard prabayar telkomsel pada mahasiswa dan mahasiswi di kota kendari,” vol. 1, no. 2, pp. 365–377, 2021.

 

[4]      T. P. Dinar, H. Kuswara, F. E. Schaduw, and A. S. F. Utami, “Sistem Pendukung Keputusan Dalam Pemilihan Sim Card Provider Menggunakan Metode Simple Additive Weighting ( Saw ) ( Studi Kasus : Master Cell ),” J. Speed- Sentra Penelit. Eng. dan Edukasi, vol. 12, no. 2, pp. 40–47, 2020.

 

[5]      Juwita and W. Maratun Shaleha, “Pengaruh Fitur Produk, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Prabayar As Pada Mahasiswa dan Mahasiswi di Kota Kendari,” J. Indones. Sos. Teknol., vol. 2, no. 2, pp. 193–202, 2021, doi: 10.36418/jist.v2i2.82.

 

[6]      Harry, M, Saputra, K dan Aprilian, L.V,  Belajar Cepat Metode SAW. Bandung: Kreatif Industri Nusantara, 2020.

 

[7]      Nafiudin, “Buku Ajar Mata Kuliah Sistem Informasi Manajemen.” Penerbit Qiara Media, Surabaya, 2019.

 

[8]      Budyastuti. T. dan Suryadharma, Sistem Infromasi Manajemen. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia, 2019.

 

[9]      F. . Jauhari, A; Anamisa, D.R; Muffaroha, Pengantar Sistem Informasi.pdf. Malang: Media Nusa Creative, 2020.

 

[10]    F. Hayati, R. Zulvira, and N. Gistituati, “Lembaga pendidikan : kebijakan dan pengambilan keputusan,” J. Ris. Tindakan Indones., vol. 6, no. 1, pp. 100–104, 2021, [Online]. Available: doi: https://doi.org/10.29210/3003911000.

 

[11]    D. R. Prehanto, Model Sistem Pendukung Keputusan Dengan Ahp Dan Ipms. Surabaya: Scopindo Media Pustaka, 2020.

 

[12]    Latif, L.A, Jamil, Mohammad dan Abbas, S.H “Sistem Pendukung Keputusan Teori dan Aplikasi.” CV Budi Utama, Yogyakarta, p. 43, 2018.

 

[13]    Limbong, Tonni. et. Al, “Sistem Penunjang Keputusan Metode & Implementasi.” Yayasan Kita Menulis, Medan, 2020.

[14]    “sejarah penemuan dan ukuran sim card terbaru November 2021.” https://riaume.com/sejarah-penemuan-dan-ukuran-sim-card.html (accessed Nov. 08, 2021).

 

[15]    “SIM Card: Fungsi, Jenis, Dan Cara Kerja - Monitor Teknologi.” https://www.monitorteknologi.com/sim-card-fungsi-jenis-cara-kerja/ (accessed Nov. 08, 2021).

 

[16]    A. W. Putera, A. Mukhayaroh, and Samudi, “Metode Simple Additive Weighting (SAW) Dalam Pemilihan Sim Card Provider,” J. Students‘ Res. Comput. Sci., vol. 1, no. 2, pp. 97–108, 2020, doi: 10.31599/jsrcs.v1i2.382.

 

[17]    Khairunnisa, Pengolahan Sinyal. Yogyakarta: Percetakan Deepublish, 2019.

 

[18]    E. Cahyono, “Pengaruh Citra Merek, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Merek Oppo Di Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta,” JBMA (Jurnal Bisnis Manaj. dan Akuntansi), vol. 5, no. 1, pp. 61–75, 2018.

 

[19]    “Pengertian Paket Internet Berbasis Kuota - Kanal Pengetahuan.” https://www.kanal.web.id/pengertian-paket-internet-berbasis-kuota (accessed Nov. 09, 2021).

 

[20]    “Pengertian Kecepatan Akses Internet – Internet – Forum Ask.” https://ask.co.id/forum/internet/pengertian-kecepatan-akses-internet/ (accessed Nov. 09, 2021).

 

[21]    N. Gunawan, “Literature Review Determinasi Motivasi Dan Kinerja: Analisis Kompensasi (Bonus) Dan Promosi Jabatan (Study Pada Pt.Sds),” J. Ilmu Manaj. Terap., vol. 2, no. 3, pp. 285–291, 2021, doi: 10.31933/jimt.v2i3.349.

 

[22]    “Perbedaan Masa Aktif Kuota dan Masa Tunggu - Harian Trending Topik.” https://www.hariantrendingtopik.com/2019/07/perbedaan-masa-aktif-dan-masa-tunggu.html (accessed Nov. 09, 2021).

 

[23]    A. A. Siboro, “Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan pelanggan: Studi Kasus Pada Konsumen Jasa PT. Telkom,” J. Ilm. Methonomi, vol. 4, no. 2, pp. 1689–1699, 2018.

 

[24]    A. Irawan and M. Waluyo, “ANALISIS MODEL HUBUNGAN KEPUASAN , KEPERCAYAAN DAN LOYALITAS PELANGGAN PROVIDER TELKOMSEL DI KOTA SURABAYA MENGGUNAKAN STRUCTURAL EQUATION MODELING ( SEM ),” vol. 01, no. 06, pp. 13–24, 2020.

 

[25]    S. Nurajizah et al., “Sistem pendukung keputusan pemilihan internet service provider terbaik dengan metode analytical hierarchy process,” vol. VI, no. 3, 2020.

 

 

 

[26]    Y. Yuniati et al., “Upaya Peningkatan Brand Equity Kartu Perdana Smartfren,” pp. 21–30, 2019.

 

[27]    “Sejarah Kami | Telkomsel.” https://www.telkomsel.com/about-us/our-story/our-history (accessed Nov. 09, 2021).

 

[28]    “Riwayat | XL AXIATA.” https://www.xlaxiata.co.id/id/tentang-xl-axiata/riwayat (accessed Nov. 09, 2021).

 

[29]    “Our Company.” https://indosatooredoo.com/portal/id/corpourcompany#SECID_302 (accessed Nov. 09, 2021).

 

[30]    “About Tri | Tri Indonesia.” https://tri.co.id/AboutTri (accessed Nov. 09, 2021).

 

[31]    “About Us | PT Smartfren Telecom TbkSmartfren.” https://www.smartfren.com/id/overview/ (accessed Nov. 09, 2021).

 

[32]    Sudaryono, Statistik 1 Statistik Deskriptif Untuk Penelitian. Yogyakarta: CV ANDI OFFSET, 2021.

 

[33]    M. . Firdaus, Metode Penelitian Kuantitatif Dilengkapi Analisis Regresi IBM SPSS Statistics Version 26.0. Riau: DOTPLUS Publisher, 2021.