REGISTRASI DRIVE THRU UNTUK PEMERIKSAAN LABORATORIUM PCR COVID-19 TERINTEGRASI SIM-RS

research
  • 10 May
  • 2022

REGISTRASI DRIVE THRU UNTUK PEMERIKSAAN LABORATORIUM PCR COVID-19 TERINTEGRASI SIM-RS

Menurut satgas penanganan covid-19 Indonesia, terjadi kenaikan kasus covid-19 sebesar 2,8% sejak tanggal 27 desember 2020 walaupun penerapan protokol kesehatan sudah sangat efektif. Sesuai dengan keputusan Menteri Kesehatan Indonesia sebagai langkah tracing setiap pemeriksaan penegakkan covid-19 berdasarkan rekomendasi World Health Organization (WHO) dilakukan dengan metode RT-PCR SARSCoV-2 (PCR) dan wajib mengisi formulir 6. Dalam langkah pencegahan di Rumah Sakit untuk mengurangi kontak antar pasien, pemeriksaan lab PCR dapat dilakukan dengan model pemeriksaan drive thru. Pemeriksaan PCR dengan model ini dilakukan didalam kendaraan pada area parkir rumah sakit. Terjadi permasalahan ketika layanan drive thru ini diterapkan yaitu kepadatan lalulintas dan penuhnya area parkir, karena pasien harus mengisi formulir 6 didalam kendaraan sebelum diambil sampel PCR. Waktu tertinggi yang dibutuhkan pada saat observasi untuk menyelesaikan pelayanan drive thru adalah 39,67 menit. Hal ini terjadi karena formulir yang diisi harus di input ulang kedalam Sistem Informasi Managemen Rumah Sakit (SIM-RS) sehingga membutuhkan waktu. Tentunya hal ini tidak sejalan dengan kebijakan Managemen Rumah Sakit untuk pelayanan Drive Thru maksimal 15 menit. Sistem Informasi Registrasi Drive Thru Pemeriksaan Laboratorium PCR Covid-19 yang Terintegrasi SIM-RS menjadi solusi efektif dan sangat membantu pelayanan rumah sakit. Hal ini dibuktikan dari perbedaan signifikan pelayanan yang diberikan dengan menggunakan sistem dan sebelum menggunakan sistem dengan rata-rata selisih waktu sebesar 26,2 menit. Dengan rata-rata waktu pelayanan sebesar 37,17 menit sebelum penggunaan sistem dan ratarata 10,97 menit setelah penggunaan sistem. Model drive thru bukan hanya bisa digunakan untuk restoran tapi bisa diterapkan untuk pelayanan rumah sakit terlebih disandingkan oleh SIM-RS.

Unduhan

 

REFERENSI

A.S, R., & Salahuddin. (2016). Rekayasa Perangkat Lunak:Terstruktur dan berorientasi Objek (Cetakan ke). informatika bandung. Andrian, A., Cakrawijaya, S. R., Riana, D., Palasara, N., Riyandi, A., & Rusdi, I. (2020). User satisfaction of covid19 Kota Bogor website using webqual 4.0. Journal of Physics: Conference Series, 1641(1), 0–7. https://doi.org/10.1088/1742- 6596/1641/1/012032 BPS. (2020). Perilaku Masyarakat Di Masa Pandemi Covid-19 (1) (Katalog: 3101039). BPS RI. Hasanudin. (2020). Analisa Sistem Informasi Penjualan Sistem Drivethru Pada Salah Satu Restoran Cepat Saji di Bogor. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 19(1), 137–146. https://doi.org/https://doi.org/10.32722/eb.v19i 2.3604 Maniah, & Hamidin, D. (2017). Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Pembahasan Secara Praktis Dengan Contoh Kasus (1st ed.). Deeppublish. menteri kesehatan RI. (2020a). Keputusan Mentri Kesehatan Republik Indonesia nomor 247 tahun 2020. https://persi.or.id/wpcontent/uploads/2020/03/kmk2472020.pdf menteri kesehatan RI. (2020b). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 9 Tahun 2020. https://covid19.go.id/p/regulasi/permenkes-no9-tahun-2020-tentang-pedoman-psbb-dalamrangka-percepatan-penanganan-covid-19 menteri kesehatan RI. (2020c). SE MENKES NOMOR 234 TAHUN 2020. https://gugustugas.riau.go.id/uploads/SE MENKES NOMOR 234 TAHUN 2020.pdf Nabayev, A. L., & Pawenang, S. (2019). Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Konsumen pada Layanan Drive Thru McDonald’s Slamet Riyadi Surakarta. Nunsi, G. P., & Gusa, K. A. (2020). Kebijakan Rapid Test Drive Thru Oleh Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat. Jurnal Kebijakan Pemerintahan, 37–42. https://doi.org/10.33701/jkp.v3i1.1010 Putra, A. D., Dangnga, M. S., & Majid, M. (2020). Evaluasi Sistem Infomasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS) dengan Metode Hot Fit di RSUD ANDI MAKKSAU KOTA PAREPARE. Umpar.Ac.Id, 1(1), 61–68. Putri, R. N. (2020). Indonesia dalam Menghadapi Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 20(2), 705. https://doi.org/10.33087/jiubj.v20i2.1010 Putri, S. A., & Frieyadie. (2017). Combining integreted sampling technique with feature selection for software defect prediction. 2017 5th International Conference on Cyber and IT Service Management, CITSM 2017, August. https://doi.org/10.1109/CITSM.2017.8089264 Riyandi, A. (2018). Perancangan Aplikasi Sistem Informasi Tiket Masuk (STIK-MA) Berbasis Desktop. Seminar Nasional Rekayasa Teknologi Informasi, 01, 65–70. http://ejurnal.lppmunsera.org/index.php/snartisi/articl e/view/807/715 Riyandi, A. (2019). Sistem Informasi Ketersediaan Ruangan Rumah Sakit Terintegrasi Aplicare BPJS Kesehatan. Paradigma-Jurnal Informatika Dan Komputer, XXI(1), 85–90. https://doi.org/10.31294/p.v20i2 Rosmita, & Setyorini, D. (2021). Analisa Tren Yang Terkonfirmasi Covid 19 Awal Tahun 2021 Di Indonesia. Jurnal Mitra Manajemen, 4(12), 1599–1606. https://doi.org/10.52160/ejmm.v4i12.486 Satgas Covid19 RI. (2020). Analisis Data COVID-19 Mingguan Satuan Tugas PC19 per 27 Desember 2020. https://covid19.go.id/p/berita/analisis-datacovid-19-indonesia-update-27-desember-2020 Susilo, A., Rumende, C. M., Pitoyo, C. W., Santoso, W. D., Yulianti, M., Herikurniawan, H., Sinto, R., Singh, G., Nainggolan, L., Nelwan, E. J., Chen, L. K., Widhani, A., Wijaya, E., Wicaksana, B., Maksum, M., Annisa, F., Jasirwan, C. O. M., & Yunihastuti, E. (2020). Coronavirus Disease 2019: Tinjauan Literatur Terkini. Jurnal Penyakit Dalam Indonesia, 7(1), 45. https://doi.org/10.7454/jpdi.v7i1.415 Syafrida, S., & Hartati, R. (2020). Bersama Melawan Virus Covid 19 di Indonesia. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(6), 495–508. https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i6.15325 Undang-Undang RI. (n.d.). Undang-Undang Dasar RI 1945. Retrieved December 10, 2020, from https://www.bappenas.go.id/files/pendanaan/re gulasi/uud-1945-perubahan-iiiiiiiv.pdf