Perusahaan penggergajian kayu dan kayu lapis menghasilkan limbah kayu dalam jumlah besar. Kapasitas produksi kayu gergajian Indonesia mencapai 2,6 juta m3, dan limbah mencapai 1,4 juta m3 setiap tahun. Limbah biasanya berupa potongan kayu kecil, serbuk kayu, sampah potongan tipis kayu dan serpihan kayu. Dikhawatirkan permasalahan lingkungan tersendiri dapat timbul apabila jumlah limbah kayu cenderung semakin meningkat secara signifikan, oleh karena itu perlu dilakukan sebuah upaya untuk mengurangi volume limbah serbuk kayu dengan memanfaatkan limbah tersebut menjadi bahan material lain. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan menjadikan limbah serbuk kayu sebagai bahan campuran dalam pembuatan bata ringan CLC (Cellular Lighweight Concrete). Dari segi kelayakan usaha penulis telah melakukan beberapa perhitungan seperti Break Event Point (BEP) menghasilkan produksi sebanyak 327 dengan syarat minimal produksi lebih dari sama dengan 194, Net Present Value (NPV) menghasilkan Rp.2.948.423,30 dengan syarat minimal lebih dari Rp.0 atau harus bernilai positif, Internal Rate of Return (IRR) menghasilkan nilai lebih besar dari bunga yaitu sebesar 69% > 10%, dan Payback Period (PP) menghasilkan periode pengembalian investasi selama 2 Bulan dengan syarat minimal periode pengembalian investasi harus kurang dari 3 bulan. Hasil tersebut menunjukan bahwa semua perhitungan telah memenuhi syarat, sehingga usaha ini layak untuk dijalankan.
LEMBAR HAK CIPTA
LEMBAR DAFTAR PUSTAKA
LEMBAR PENGESAHAN
LEMBAR DAFTAR ISI
LEMBAR KATA PENGANTAR
LEMBAR PERSEMBAHAN
LEMBAR JUDUL
LEMBAR KEASLIAN SKRIPSI
LEMBAR PUBLIKASI ILMIAH
[1] J. J. S. Pah, P. S. B. M. Uly, and T. Widodo, “Pengaruh Bahan Tambahan Terhadap Kuat Tekan, Berat, Dan Serapan Air Bata Ringan Clc,” J. Tek. Sipil, vol. 9, no. 1, pp. 81–92, 2020, [Online]. Available: http://203.189.121.7/~puslit2_ejournal/ejournal/index.php/jurnal-teknik-sipil/article/view/22881.
[2] S. Zuraida and S. Pratiwi, “Analisis Fisik dan Mekanik pada Pengembangan Panel Komposit Limbah Serbuk Kayu,” J. Appl. Sci., vol. 2, no. 1, pp. 61–66, 2020.
[3] R. A. Nadja and A. S. Halimah, “Segmentasi Pasar Produk Keripik Pisang Industri Rumah Tangga Morinawa,” J. Ekon. Pertan. dan Agribisnis, vol. 5, pp. 334–342, 2021.
[4] H. M. Ritonga et al., Manajemen Pemasaran Konsep dan Strategi. Medan: CV. Manhaji, 2018.
[5] Syafiruddin, “Analisa Pemasaran Kopi Arabika (Studi Kasus Desa Sijungkang Kecamatan Angkola Timur Kabupaten Tapanuli Selatan),” Al Ulum Seri Saintek, vol. VIII, pp. 32–39, 2020.
[6] D. W. Manullang, H. Karamoy, and W. Pontoh, “Analisis Kelayakan Investasi Aktiva Tetap (Studi Kasus Pada Cincau Jo, Blencho Dan Brownice Unit Kreativitas Mahasiswa Universitas Sam Ratulangi),” J. EMBA J. Ris. Ekon. Manajemen, Bisnis dan Akunt., vol. 7, no. 2, pp. 2561–2570, 2019, doi: 10.35794/emba.v7i2.23603.
[7] F. Oktavia and E. D. Susanti, “Analisis Strategi Pengembangan Usaha Pada Keripik Irfan Jaya Di Desa Randuagung Lumajang,” J. Anal. Bisnis, Ekon. Sos. dan Polit., vol. 1, pp. 32–44, 2021, [Online]. Available: http://jabeistik.upnjatim.ac.id/index.php/jabeistik/article/view/4 (di akses pada 27 maret 2021).
[8] J. E. H. J. FoEh, Perencanaan Bisnis (Business Plan):Aplikasi dalam Bidang Sumberdaya Alam. Yogyakarta: CV BUDI UTAMA, 2020.
[9] H. Agustin, Studi Kelayakan Bisnis Syariah. Depok: PT. RajaGrafindo Persada, 2017.
[10] A. Muvidah, I. Baihaqi, and R. Nadlifatin, “Analisis Proses Bisnis dan Perancangan Prosedur Operasional Standar Platform Digital Kurban Online Ternaknesia,” J. Tek. ITS, vol. 9, no. 2, 2021, [Online]. Available: http://ejurnal.its.ac.id/index.php/teknik/article/view/54364.
[11] M. A. Firmansyah, - pemasaran produk dan merek (planning & strategy) -. Surabaya: CV. Penerbit Qiara Media, 2019.
[12] W. Wulandari and Sodik, Manajemen Usaha Untuk Usaha Kecil. Malang: Universitas Widyagama Malang, 2019.
[13] N. Putu et al., “Perancangan User Interface dan User Experience SIMRS Modul Akuntansi Keuangan,” J. Ilm. Teknol. dan Komput., vol. 1, no. 2, pp. 1–12, 2020.
[14] S. Z. Salsabillah, F. Teknik, and U. S. Karawang, “ANALISIS STUDI KELAYAKAN BISNIS PADA INOVASI PENGEMBANGAN,” J. Ekombis, vol. 7, no. 1, pp. 118–127, 2021.
[15] A. T. Chairunnisa, M. D. B. Ernanda, S. S. Dona Sarus Shiwan, Sabrina Puspa Ardani, Winda Tri Rahayu, and Suwandi, “Rencana Bisnis Pengembangan Usaha Aplikasi ‘Ascent (Asian Cinema Net)’ Aplikasi Penyedia Video Nonton Online,” J. Entrep., vol. 3, no. 1, pp. 15–22, 2017, doi: 10.36782/jemi.v3i1.2062.
[16] M. Nursita, “Pengaruh Laba Akuntansi, Arus Kas Operasi, Arus Kas Investasi, Arus Kas Pendanaan, Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Return Saham,” Going Concern J. Ris. Akunt., vol. 16, no. 1, p. 1, 2021, doi: 10.32400/gc.16.1.32435.2021.
[17] S. Y. M. Yusuf and D. Rispawati, “Strategi Pemulihan Permintaan Pasar Terhadap Produk Kerajinan Gerabah Di Destinasi Wisata Banyumulek Paska Gempa Lombok,” Media Bina Ilm., vol. 15, no. 7, pp. 4361–4368, 2020.