Sistem Penunjang Keputusan Pemasaran Pada Koperasi Simpan Pinjam Keluarga Sejahtera

research
  • 15 Mar
  • 2022

Sistem Penunjang Keputusan Pemasaran Pada Koperasi Simpan Pinjam Keluarga Sejahtera

Penelitian ini membahas mengenai sistem penunjang keputusan pemasaran pada Koperasi Simpan Pinjam Keluarga Sejahtera, sebagai sebuah koperasi yang menyediakan pelayanan jasa keuangan yang disediakan oleh masyarakat umum untuk melakukan simpan pinjam dalam meningkatkan kestabilan ekonomi. Dengan adanya sebuah pandemi ini, membuat masyarakat mengalami penurunan dalam faktor keuangan yang mengakibatkan finansial terganggu dan terkendala untuk kehidupan sehari-hari. Dalam penelitian ini masyarakat umum akan mengetahui program yang dilakukan oleh anggota koperasi dalam menyebarkan pemasaran dikalangan masyarakat sekitar atau bahkan ibu-ibu PKK yang memiliki organisasi lingkungan sosialnya. Proses ini dilakukan oleh Koperasi Keluarga Sejahtera teratasi dalam pemilihannya secara terstruktur. Sebagai salah satu sumber informasi mengenai proses yang dilakukan dalam pemasaran untuk memudahkan perusahaan untuk mempertimbangkan angka terbesar dalam banyaknya jumlah masyarakat yang mendapatkan info mengenai Koperasi Keluarga Sejahtera. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini dilakukan untuk mengambil sebuah keputusan dalam pemilihan akhir yang di dapat melalui nilai rasio. Penelitian ini dapat bertujuan untuk memberikan penjelasan terkait informasi pemasaran dengan mengguanakan metode Analitycal Hierarchy Process (AHP), agar mendapatkan nilai prioritas pemasaran yang dilakukan Koperasi Keluarga Sejahtera.


Unduhan

 

REFERENSI


[1]      K. Simpan dan P. Di, “IMPLEMENTASI STRATEGI PEMASARAN SYARIAH DALAM,” vol. 1, no. 2, 2021.


[2]      D. W. Firdaus dan D. Widyasastrena, “Perancangan Sistem Informasi Koperasi dan UMKM Berbasis Technopreneur, Daya Saing dan Pemasaran,” SNIA (Seminar Nas. Inform. dan Apl., vol. 3, no. September, hal. 27–32, 2018.


[3]      Ismawati, 17–21. Ilham, MuhIsmawati, Ilham, M., & Nia, M. (2020). Jurnal Online Program Studi Pendidikan Ekonomi. Jurnal Online Program Studi Pendidikan Ekonomi, 5(1), dan M. Nia, “Jurnal Online Program Studi Pendidikan Ekonomi,” J. Online Progr. Stud. Pendidik. Ekon., vol. 5, no. 1, hal. 17–21, 2020.


[4]      T. B. Budiyono dan C. M. Indah, “Tatakelola Koperasi Di Salatiga,” Masal. Huk., vol. 46, no. 3, hal. 257, 2018, doi: 10.14710/mmh.46.3.2017.257-266.


[5]      J. Wahyudi, “Kontribusi Koperasi Dalam Upaya Pencapaian Tujuan-Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Studi Kasus KUD Bahagia Kabupaten Pati),” 6th Univ. Res. Colloq., hal. 9–16, 2017.


[6]      S. Tinggi Ilmu Kesuma Negara Blitar Jl Mastrip kepanjen kidul dan J. Timur, “ANALISIS FAKTOR FAKTOR PENGHAMBAT DAYA SAING KOPERASI Arum Arupi Kusnindar,” J. Ilm. Ekon. Manaj., vol. 08, no. 02, hal. 49–59, 2017.


[7]      S. Rokhman, I. F. Rozi, dan R. A. Asmara, “Pengembangan Sistem Penunjang Keputusan Penentuan Ukt Mahasiswa Dengan Menggunakan Metode Moora Studi Kasus Politeknik Negeri Malang,” J. Inform. Polinema, vol. 3, no. 4, hal. 36, 2017, doi: 10.33795/jip.v3i4.41.


[8]      J. H. Gurusinga dan B. Sinaga, “Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Prioritas Tujuan Wisata Daerah pada Kabupaten Karo Menggunakan TOPSIS,” J. Nas. Komputasi dan Teknol. Inf., vol. 3, no. 2, hal. 144–150, 2020, doi: 10.32672/jnkti.v3i2.2380.


[9]      R. (2018) Fitriana, “Strategi Pemasaran Jasa Dalam Meningkatkan Pemasangan Iklan,” Hilos Tensados, vol. 1, no., hal. 1–476, 2019.


[10]    M. T. Kombih dan N. Suhardianto, “Pengaruh Aktivitas Pemasaran, Kinerja Keuangan, Dan Aset Tidak Berwujud Terhadap Nilai Perusahaan,” EKUITAS (Jurnal Ekon. dan Keuangan), vol. 1, no. 3, hal. 281–302, 2018, doi: 10.24034/j25485024.y2017.v1.i3.1909.


[11]    S. Labaso, “Penerapan Marketing Mix sebagai Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan di MAN 1 Yogyakarta,” Manag. J. Manaj. Pendidik. Islam, vol. 3, no. 2, hal. 289–311, 2019, doi: 10.14421/manageria.2018.32-05.


[12]    G. Sugiyarti dan A. Mardiyono, “Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Keunggulan Bersaing Produk Busana Muslim pada Usaha Kecil Menengah di Kota Semarang,” J. Ilm. Untag Semarang, vol. 2, hal. 36–44, 2017.


[13]    T. Dewi, P. Y. Wandani, Y. Anggraeni, dan E. S. Budi, “Sistem Penunjang Keputusan dengan Metode AHP Dalam Strategi Pemasaran Travel Umroh dan Haji Pada PT Jabal Rahmah,” vol. 2, no. 2, hal. 70–78, 2021.


[14]    D. Gustina dan D. Mutiara, “SISTEM PENUNJANG KEPUTUSAN PEMILIHAN ROUTER MIKROTIK DENGAN MENGGUNAKAN METODE AHP (Analitycal Hierarchy Process),” J. Ilm. FIFO, vol. 9, no. 1, hal. 68, 2017, doi: 10.22441/fifo.v9i1.1443.


[15]    D. R. Sari, A. P. Windarto, D. Hartama, dan S. Solikhun, “Decision Support System for Thesis Graduation Recommendation Using AHP-TOPSIS Method,” J. Teknol. dan Sist. Komput., vol. 6, no. 1, hal. 1–6, 2018, doi: 10.14710/jtsiskom.6.1.2018.1-6.