Pemanfaatan Limbah Kayu Sebagai Kerajinan Tangan Bernilai Jual Pasar Potensial

research
  • 10 Mar
  • 2022

Pemanfaatan Limbah Kayu Sebagai Kerajinan Tangan Bernilai Jual Pasar Potensial


Industri kriya merupakan salah satu potensi industri yang ada di Indonesia. Proses produksi pada industri kriya akan menghasilkan produk sampingan seperti limbah kayu. Pemanfaatan limbah kayu pada dasarnya berorientasi pada daya pikir kreatif untuk dapat memanfaatkannya menjadi barang yang mempunyai nilai jual dan diminati di pasaran. Dasar pembuatan penelitian ini adalah karena jumlah limbah kayu  di Indonesia dan berdasarkan pengalaman limbah kayu sering terlihat tidak berguna, padahal dapat dimanfaatkan menjadi sebuah produk yang menguntungkan dari segi ekonomi. Berlandaskan kewenangan pemerintah pusat untuk membuat Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) maka kami membuat sebuah gagasan untuk memulai usaha jenis UMKM mandiri bernama UMKM KreMud19. Setelah melakukan perencanaan matang, menganalisa investasi, pasar, dan minat konsumen, dan juga mempelajari cara pembuatan produk, kami memulai proses produksi dengan membuat kerajinan dari limbah kayu pinus dan sengon menjadi furnitur dan aksesoris. Melalui sistem penjualan yang modern, UMKM KreMud19 mendapatkan pangsa pasar awal sesuai dengan segmentasi pasar yang telah diorientasikan. Pada penelitian ini diperlihatkan proses produksi kerja, melalui 6 tahap. Selain itu juga diperlihatkan jenis perhitungan untung-rugi untuk menguji kelayakan produk yang kami buat. Terakhir dengan penelitian ini kami berharap masyarakat akan sadar bahwa prilaku berpikir kreatif dapat menghasilkan keuntungan yang signifikan untuk pendapatan pribadi mereka.


Unduhan

 

REFERENSI


[1]      A. N. Rahmi, “Perkembangan Industri Ekonomi Kreatif dan Pengaruhnya Terhadap Perekonomian di Indonesia,” Semin. Nas. Sist. Informasi, Fak. Teknol. Inf. UNMER Malang, no. 9 agustus, pp. 1386–1395, 2018.

[2]      D. Purwanto, “Analisa Jenis Limbah Kayu Pada Industri Pengolahan Kayu Di Kalimantan Selatan,” J. Ris. Ind. Has. Hutan, vol. 1, no. 1, p. 14, 2009, doi: 10.24111/jrihh.v1i1.864.

[3]      I. W. Sutarman, “Pemanfaatan Limbah Industri Pengolahan Kayu di Kota Denpasar (Studi Kasus pada CV Aditya),” J. PASTI, vol. 10, no. 1, pp. 15–22, 2016, [Online]. Available: https://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/pasti/article/view/668.

[4]      F. D. Widayanti and I. Kristiawan, “Pemberdayaan Pemuda dalam Pengelolaan Limbah Kayu Bernilai Ekonomis di Desa Kemantren Kecamatan Jabung,” Sasambo J. Abdimas (Journal Community Serv., vol. 2, no. 1, p. 19, 2020, doi: 10.36312/sasambo.v2i1.178.

[5]      KLHK, Status Hutan dan Kehutanan Indonesia. 2018.

[6]      H. Semuel and K. Y. Setiawan, “Promosi Melalui Sosial Media , Brand Awareness , Purchase,” Manaj. Pemasar., vol. 12, no. 1, pp. 47–52, 2018, doi: 10.9744/pemasaran.12.1.47.

[7]      Fauzi, R. Irviani, and S. Mukodimah, “Pendampingan Pemasaran Produk Hasil Home Industry Berbasis Media Sosial Dalam Upaya Memberdayakan



Ibu Rumah Tangga Di,” J. PkM Pemberdaya. Masy., vol. 1, no. 2, pp. 55  68,2020.


[8]      F. Rahman, M. Kholid, M. Fakultas, and I. Administrasi, “STRATEGI UMKM DALAM MEMBANGUN BRAND TOKO ONLINE DI MARKETPLACE (Studi pada komunitas Tokopedia di Kota Bekasi),” J. Adm. Bisnis (JAB)|Vol, vol. 53, no. 1, pp. 39–48, 2017.


[9]      M. Strategy and U. Brochure, “Strategi pemasaran melalui brosur,” vol. 2, pp. 50–60, 2018.


[10]    A. WIBOWO, “Pengaruh Pengetahuan Investasi, Kebijakan Modal Minimal Investasi, Dan Pelatihan Pasar Modal Terhadap Minat Investasi (Studi Kasus Mahasiswa Fe Unesa Yang Terdaftar Di Galeri Investasi Fe Unesa),” J. Ilmu Manaj., vol. 7, no. 1, pp. 192–201, 2018.

[11]    A. Darmawan, K. Kurnia, and S. Rejeki, “Pengetahuan Investasi, Motivasi Investasi, Literasi Keuangan Dan Lingkungan Keluarga Pengaruhnya Terhadap Minat Investasi Di Pasar Modal,” J. Ilm. Akunt. dan Keuang., vol. 8, no. 2, pp. 44–56, 2019, doi: 10.32639/jiak.v8i2.297.

[12]    S. Bakhri, “Minat Mahasiswa Dalam Investasi Di Pasar Modal,” Al-Amwal  J. Ekon. dan Perbank. Syari’ah, vol. 10, no. 1, p. 146, 2018, doi: 10.24235/amwal.v10i1.2846.

[13]    Y. D. Fernandes and D. Marlius, “Peranan Customer Service Dalam Meningkatkan Pelayanan Kepada Nasabah Pada Pt. Bank Pembangunan Daerah Sumatera Barat Cabang Utama Padang,” pp. 1–12, 2018, doi: 10.31227/osf.io/wrh3p.

[14]    P. Suryo, “Membangun Usaha Kreatif,” vol. 3, 2017.

[15]    W. Wahyudin et al., “PENDIRIAN BUSINESS PLAN DI DAERAH KARAWANG,” vol. 1, no. 1, pp. 169–179, 2020.

[16]    L. ASMAWATI, “Peningkatan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Pembelajaran Terpadu Berbasis Kecerdasan Jamak,” JPUD - J. Pendidik. Usia Dini, vol. 11, no. 1, pp. 145–164, 2017, doi: 10.21009/jpud.111.10.

[17]    D. K. Seftianingsih, “PENGENALAN BERBAGAI JENIS KAYU SOLID,” no. 154.

[18]    S. S. Sodikin and A. Z. Susilo, “Bisnis dan Perencanaannya: Kajian Umum,” pp. 1–37, 2018, [Online]. Available: http://www.pustaka.ut.ac.id/lib/wp-content/uploads/pdfmk/EKMA457002-M1.pdf.

[19]    J. Sambelay, P. Van Rate, and D. Baramuli, “Analisis Pengaruh Profitabilitas Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di Lq45 Periode 2012-2016,” J. Ris. Ekon. Manajemen, Bisnis dan Akunt., vol. 5, no. 2, pp. 1574–1589, 2017, doi: 10.35794/emba.v5i2.15959.

[20]    T. Kaloh, V. Ilat, and S. Pangerapan, “Analisis Laporan Arus Kas Untuk Menilai Kinerja Keuangan Perusahaan Makanan Dan Minuman Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia,” Going Concern  J. Ris. Akunt., vol. 14, no. 1, pp. 741–751, 2018, doi: 10.32400/gc.13.04.21872.2018.

[21]    P. Dan, S. Bersaing, P. Industri, B. Baku, and K. Jati, “JURNAL ILMIAH M-PROGRESS,” vol. 11, no. 1, pp. 48–62, 2021.