Pemanfaatan Aplikasi WhatsApp Business Untuk Menunjang Keterampilan Digital Marketing Dilingkungan Karang Taruna Kelurahan Duren Sawit

research
  • 09 Mar
  • 2022

Pemanfaatan Aplikasi WhatsApp Business Untuk Menunjang Keterampilan Digital Marketing Dilingkungan Karang Taruna Kelurahan Duren Sawit


Karang Taruna Kelurahan Duren Sawit merupakan perkumpulan masyarakat yang berusia mulai dari 11-45 tahun, dimana penggunaan smartphone sudah marak digunakan, namun penggunaan Smartphone dalam Marketing masih jarang digunakan. Peningkatan angka pengangguran dampak Pandemic Covid-19 , menyebabkan penurunan ekonomi di Indonesia. Peningkatan pengetahuan dalam Digital Marketing diharapkan dapat dilakukan secara maksimal sehingga dapat menambah wawaFsan untuk Mitra dan menyelesaikan masalah penurunan ekonomi di Indonesia terdampak Covid-19. WhatApp Business menjadi salah satu alternative yang diberikan kepada masyarakat Kelurahan Duren Sawit untuk mengurangi penurunan ekonomi yang diakibatkan oleh pandemic Covid-19, dengan melakukan sosialisasi menggunkan webinar, Pelatihan WhatApp Business dapat membantu menjalankan bisnis dengan mudah. Pelatihan yang dilakukan menunjukkan ketertarikan dan antusias yang tinggi dari mitra. Dengan pelatihan yang dilakukan mitra menjadi lebih mengenal teknologi marketing dalam platform digital.


Unduhan

 

REFERENSI


[1]      D. A. D. Nasution, E. Erlina, and I. Muda, “Dampak Pandemi COVID-19 terhadap Perekonomian Indonesia,” J. Benefita, vol. 5, no. 2, p. 212, 2020, doi: 10.22216/jbe.v5i2.5313.


[2]      P. Pranoto, J. Jasmani, and I. N. Marayasa, “Pelatihan Digital Marketing Untuk Peningkatan Perekonomian Anggota Karang Taruna Al Barkah Di Kampung Cicayur - Tangerang,” J. Pengabdi. Dharma Laksana, vol. 1, no. 2, p. 250, 2019, doi: 10.32493/j.pdl.v1i2.2425.


[3]      T. Pradiani, “Pengaruh Sistem Pemasaran Digital Marketing Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Hasil Industri Rumahan,” J. Ilm. Bisnis dan Ekon. Asia, vol. 11, no. 2, pp. 46–53, 2018, doi: 10.32812/jibeka.v11i2.45.


[4]      M. T. Febriyantoro and D. Arisandi, “Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean,” JMD J. Ris. Manaj. Bisnis Dewantara, vol. 1, no. 2, pp. 61–76, 2018, doi: 10.26533/jmd.v1i2.175.


[5]      W. LLC, “WhatsApp Business,” 2021. https://www.whatsapp.com/business/?lang=id (accessed Jul. 31, 2021).


[6]      C. Hendriyani et al., “Analysis of Whatsapp Business Usage in Encouraging Sales and,” vol. 5, no. 2, pp. 193–200, 2020.


[7]      L. Threestayanti, “Lima Fitur WhatsApp Business Ini Bantu Pelaku Usaha Kembangkan Bisnis - Semua Halaman - Info Komputer,” Apr. 18, 2021. https://infokomputer.grid.id/read/122655003/lima-fitur-whatsapp-business-ini-bantu-pelaku-usaha-kembangkan-bisnis?page=all (accessed Jul. 31, 2021).


[8]      K. Mariskhana, N. Suharyanti, E. Suparni, A. Syahlani, and D. T. Anggarini, “Pemanfaatan Digital Marketing Dalam E-Commerce Di Masa Pandemi Covid-19 Pada Majelis Talim Hidayatul Mubtadiin,” J. AbdiMas Nusa Mandiri, vol. 2, no. 2, pp. 55–62, 2020, doi: 10.33480/abdimas.v2i2.1924.


[9]      L. A. Setiyaningsih and M. H. Fahmi, “Penguatan Community Development Petani Nanas Desa Palaan melalui Digital Marketing,” Abdimas J. Pengabdi. Masy. Univ. Merdeka Malang, vol. 5, no. 2, pp. 145–151, 2020, doi: 10.26905/abdimas.v5i2.4361.


[10]    B. B. Hapsoro, Palupiningdyah, and A. Slamet, “Peran Digital Marketing sebagai Upaya Peningkatan Omset,” J. Pengabdi. Masy., vol. 23, no. 2, pp. 117–120, 2019.