Konsumen merupakan aset yang sangat penting bagi keberlangsungan perusahaan.
Hal ini menjadi alasan mengapa perusahaan harus merencanakan dan
menggunakan strategi yang cukup jelas dalam memperlakukan konsumen.
Masalah yang dihadapi perusahaan adalah bagaimana menentukan konsumen
potensial. Dengan menerapkan CRM (Customer Relationship Management),
perusahaan dapat mengidentifikasi konsumen potensial dengan melakukan
segmentasi konsumen. tujuan dari proses segmentasi konsumen adalah untuk
mengetahui profil konsumen dan menerapkan strategi pemasaran yang tepat
sehingga mendatangkan keuntungan bagi pihak perusahaan. Penelitian ini
membahas bagaimana proses data mining dari data konsumen di Industri Knalpot,
yaitu salah satu industri yang menjual produk berupa knalpot motor dan mobil di
daerah Purbalingga. Data yang diolah dalam penelitian ini berasal dari data histori
transaksi yang dilakukan oleh pelanggan dan bertujuan untuk mencari konsumen
potensial, Model yang digunakan adalah model RFM, yaitu model segmentasi
berdasarkan atribut Recency, Frequency dan Monetary. Model RFM merupakan
model yang umum digunakan dalam proses segmentasi konsumen. Proses data
mining dimulai dengan melakukan proses clustering menggunakan Algoritma Kmeans. selanjutnya diadakan uji validitas cluster menggunakan Davies Bouldin
Index untuk mengetahui cluster yang paling optimal, Selanjutnya untuk Penentuan
Karakteristik Cluster dilakukan dengan Algoritma Decision Tree. Hasil dari
penelitian ini adalah empat segmen pelanggan dan karakteristik dari masingmasing pelanggan serta rekomendasi strategi hubungan pelanggan.
Unduhan
-
Terakhir download 26 Jun 2025 14:06
Tesis_Ina Maryani
-
diunduh 683x |
Ukuran 4,376 KB
Aggelis, Vasilis dan Christodoulakis (2005), “Customer Clustering using RFM
Analysis”, Proceedings of the 9th WSEAS International Conference on
Computers. (ICCOMP`05).
Atyanto, Dhanika Budhi., Erawan, Mahendrawathi dan Soelaiman, Rully (2011),
“Improving Modern Port Competitiveness by using Data Mining to Obtain
Strategic Decision”, Proceeding of International Engineering Symposium
(IES)2011, Kumamoto University, Jepang,hal. E.4.1 -E.4.4.
Bramer, M. (2007). Principles of Data Mining. London: Springer.
Brown, S.A. 2000. Customer Relationship Management : A Strategic
Cheng, Ching-Hsue dan Chen, You-Shyang (2009), “Classifiying the
segmentation of customer value via RFM model and RS Theory”, Expert
Systems with Applications, Vo.36, hal. 4176-4184
Fadli, A. 2011. Konsep Data Mining. Artikel Populer IlmuKomputer.com.
Farooqi, M. R. dan K. Raza. 2011. A Comprehensive Study of CRM
through Data Mining Techniques. Paper presented at the National
Conference; NCCIST-2011. September 09, 2011.
Golsefid, Samira M., Ghazanfari, Mehdi dan Alizadeh, Somayeh (2007),
“Customer Segmentation in Foreign Trade based on Clustering
Algorithms, case study: Trade Promotion Organization of Iran”,
International Journal of Computer,Information, and Systems Science, and
Engineering, Vol 1, No.3, hal. 175-181
Gorunescu, F. (2011). Data Mining Concepts, Models and Techniques. Berlin:
Springer.
Gupta, G. dan H. Anggarwal. 2012. Improving Customer Relationship
Management Using Data Mining. International Journal of Machine
Learning and Computing. 2 (6), 874-877.
Han, J., & Kamber, M. (2006). Data Mining Concepts and Techniques Second
Edition. California: Morgan Kaufmann.
Hill, Niegel, 1996,”Hand Book of Customer Satisfaction Measurement”, Gower.
Publishing , England.
Hui-Huang, H. (2006). Advanced Data Mining Technologies in Bioinformatics.
United States of America: Idea Group Publishing.
Kohavi, Ron., dan Parekh, Rajesh (2004). “Visualizing RFM Segmentation”,
SIAM.
Kothari, C. R. (2004). Research Methology Methods and Techniques. India: New
Age International Limited.
Kusrini, & Luthfi, T. E. (2009). Algoritma Data Mining. Yogyakarta: Penerbit
Andi.
Larose, D. T. (2006). Data Mining Methods and Models. Canada: John Wiley &
Sons, inc.
Maimon, O., & Rokach, L. (2010). Data Mining and Knowledge Discovery
Handbook Second Edition. New York: Springer.
Mingoti, Sueli A. dan Lima, Joab O. (2006), “Comparing SOM neural network
with Fuzzy c-means, K-means, and traditional hierachical clustering
algorithms”,European Journal of Operational Research, Vol. 174, hal.
1742-1759.
Niyagas, Waminee., Srivihok, Anongnart., dan Kristin, Sukumal (2006),
“Clustering Ebanking Customer Using Data Mining And Marketing
Segmentation”, ECTI Transactions on Computer and Information
Technology, Vol.2, No.1, Hal. 6369.
Ngai, E.W.T., Xiu, L., Chau, D.C.K., 2008. Application of Data Mining
Techniques in Customer Relationship Management : A Literature Review
and Classification. Expert Systems with Applications 36 (2009) 2592–
2602.
Olson, D. L., & Delen, D. (2008). Advanced Data Mining Techniques. Berlin:
Springer.
Swift, R.S. 2000. Accelerating Customer Relationships – Using CRM and
Relationship Technologies, Prentice Hall Inc.
Tama, B.A. 2009. Implementasi Teknik Data Mining di dalam Konsep Customer
Relationship Management (CRM). Konferensi Nasional Sistem dan
Informatika 2009, Bali, November 14, 2009. KNS&I09-011.
Todman, C. 2001. Designing a Data Warehouse – Supporting Customer
Relationship Management, Hewlett Packard.
Trappey, Charles V., Trappey, Amy J.C., Chang, Ai-Che., dan Huang, Ashley
Y.L. (2009), “The Analysis of Customer Service Choices and Promotion
Preferences using Hierarchical Clustering”, Journal of the Chinese Institue of
Industrial Engineer, Vol.26, No.5, hal. 367-376
Tsiptsis, K, Chorianopoulos, A. 2009. Data Mining Techniques in CRM. A John
Wiley and Sons, Ltd., Publication. United Kingdom.
Witten, I. H., Frank, E., & Hall, M. A. (2011). Data Mining Practical Machine
Learning Tools and Techniques. United States: Elsevier Inc
Xu, M., Walton, J. 2005. Gaining Customer Knowledge Through Analytical
CRM, Industrial Management & Data System, Vol.105 No.7. pp 955-977.
Yanuarita, Gemala., Hendrawan, Rully Agus dan Prananta, Danu (2011),
Segmentasi Pelanggan Berbasis Rfm Dengan Menggunakan Algoritma KMeans Untuk Mendukung Strategi Pengelolaan Pelanggan Di PT Indosat
Mega Media, Jurusan Sistem Informasi, ITS, Surabaya.
Zumstein, D. 2007. “Customer Performance Measurement : Analysis of the
Benefit of a Fuzzy Classification Approach in Customer Relationship
Management” (thesis). Switzerland : University of Fribourg.