Dani
Ahmadi (12160189), Rio Saputra (12160207),
Riyan Prastiyo (12160027), Rizky Hermawan (12160186), Media
Pembelajaran Alat Musik Gitar Berbasis Android
Dimasa sekarang ini, minat masyarakat terhadap alat musik gitar semakin meningkat, terbukti dengan
menjamurnya
sekolah musik khususnya gitar. Namun banyak yang tidak mampu untuk mengeluarkan
waktu dan dana yang tidak sedikit untuk mengikuti sekolah gitar sehingga banyak
orang memilih untuk belajar mandiri secara otodidak. Tetapi belajar otodidak
terkadang tidaklah efektif karena
pelajar harus mencari dan mempelajari materi sendiri. Oleh karena itu kami
membuat Aplikasi Media Pembelajaran Alat Musik Gitar Berbasis Android yang bertujuan sebagai salah satu cara
alternatif dalam belajar gitar secara mandiri yang dapat digunakan dimana saja
dan kapan saja. Didalam Aplikasi terdapat beberapa level yang
disesuaikan untuk user. Didalam
setiap level terdapat materi yang berupa video pembelajaran yang telah
tersusun. Berdasarkan hasil pengujian Black Box yang dilakukan, aplikasi yang
dibangun ini berfungsi dengan baik, hasil input maupun output sesuai yang
dihasilkan aplikasi. Dari hasil pengujian yang dilakukan juga menyatakan
Aplikasi dapat digunakan oleh OS
Android mulai dari Jelly Bean hingga Pie. Berdasarkan hasil yang didapat,
maka dapat disimpulkan bahwa Aplikasi Media
Pembelajaran Alat Musik Gitar Berbasis Android ini berjalan dengan baik.
LEMBAR HAK CIPTA
LEMBAR PERSEMBAHAN
JUDUL COVER
LEMBAR KEASLIAAN SKRIPSI
LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI
KATA PENGANTAR
LEMBAR KONSULTASI
Daftar Pustaka
[1] Y. Ahmadi, W.
Muhamad, dan H. N. Prasetyo, “Aplikasi Pembelajaran Cara Bermain Gitar Untuk
Pemula Berbasis Multimedia.,” eProceedings Appl. Sci., vol. 2, no. 3,
2016.
[2] D. H. F.
Punuindoong dan H. Meidia, “Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Chord dan
Melodi Gitar Berbasis Augmented Reality,” J. Ultim. Comput., vol. 9, no.
1, 2017, doi: 10.31937/sk.v9i1.566.
[3] M. R. Bahri, H.
Zakiyah, dan E. Nurfarida, “Pembelajaran Chord Gitar Berbasis Android,” J.
Inform. Multimed., vol. 07, no. 01, hal. 36–43, 2015.
[4] A. Purwanto, I.
Widaningrum, dan K. N. Fitri, “Aplikasi Musicroid sebagai Media Pembelajaran
Seni Musik Berbasis Android,” Khazanah Inform. J. Ilmu Komput. dan Inform.,
vol. 5, no. 1, hal. 78–87, 2019, doi: 10.23917/khif.v5i1.7772.
[5] Y. Aprilinda
dan F. Ariani, “Aplikasi Tuner Guitar Berbasis Android Untuk Membantu Dalam
Bermain Dan Menyetel Gitar,” Explor. J. Sist. Inf. dan Telemat., vol. 6,
no. 2, 2016, doi: 10.36448/jsit.v6i2.642.
[6] M. H. Masruri
dan J. Creativity, Buku Pintar Android. Elex Media Komputindo, 2015.
[7] I. P. E.- Issn,
“Computer Based Information System Journal PERANCANGAN ALAT PEMBELAJARAN KUNCI
GITAR Astri Simaremare , Haris Tri Saputra , Suwarti,” vol. 02, hal. 36–41,
2019.
[8] K. Fikri dan S.
R. I. Samino, “Pemanfaatan Smartphone Android Sebagai Media Pembelajaran Gitar
Di Era Industri 4.0,” J. Ilm. Pendidik. Citra Bakti, vol. 6, no. 2, hal.
210–219, 2019, doi: 10.5281/zenodo.3551980.
[9] A. F. Al
Kautsar, Mahir Bermain Gitar. Genesis Learning, 2016.
[10] D. Nursyadid, N.
Nuraldi, dan W. Pamungkas, “Aplikasi Pembelajaran Chord Gitar Berbasis,” vol.
4, no. 2, hal. 659–668, 2018.
[11] A. Pangerang, A.
Hidayatno, dan A. A. Zahra, “Perancangan Aplikasi Pengenalan Chord Instrumen
Tunggal Menggunakan Transformasi Wavelet Dan Key Detection,” Transient,
vol. 4, no. 1, hal. 31–38, 2015.
[12] L. Sitorus, Algoritma
dan Pemrograman. Penerbit Andi, 2015.
[13] A. Astungkoro,
E. Chumadiyah, dan R. M. El-Hadi, “PERANCANGAN PENGEMBANGAN BISNIS di KoroHOUSE
DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN BUSINESS MODEL CANVAS BUSINESS DEVELOPMENT DESIGN
IN KoroHOUSE USING BUSINESS,” vol. 6, no. 2, hal. 6931–6938, 2019.
[14] Y. Yudhanto dan
A. Wijayanto, Mudah Membuat dan Berbisnis Aplikasi Android dengan Android
Studio. Elex Media Komputindo, 2018.
[15] A. Sallaby,
Utami, “Aplikasi Widget Berbasis Java,” J. Media Infotama, vol. 11, no.
2, hal. 171–180, 2015.
[16] M. Muslihudin, Analisis
Dan Perancangan Sistem Informasi Menggunakan Model Terstruktur Dan UML.
Penerbit Andi, 2016.