Pengembangan Aplikasi
Transportasi saat ini semakin besar sehingga banyak sekali vebdor-vendor
bersaing bisnis dalam menciptakan aplikasi moda transportasi, muali dari
kualitas dan kuantitasnya sehingga sering dipertanyakan. Dengan ini peneliti
mengadakan pemutaran aplikasi transportasi yang bernama Trafi untuk mendapatkan
pendapat atau
komentar applikasi Trafi dari masyarakat yang telah menggunakan aplikasi dan
dituangkan ke dalam media online. Dari sekian banyak komentar yang telah
ditinjau untuk mendapatkan satu set data bentuk positif dan negatif dari teks
yang akan peneliti olah. Untuk data klasifikasi menggunakan Naïve Bayes (NB),
NB salah satu algoritma paling populer untuk pengenalan pola. Selain
kesederhanaan, Naive Bayes classifier
adalah teknik pembelajaran mesin populer untuk klasifikasi teks, Particle Swarm
Optimization (PSO) yang dikombinasikan dengan Naive klasifikasi Bayes
bersangkutan untuk meningkatkan kinerja. Sebelum digunakan optimasi dengan PSO
dalam akurasi set data yang diperoleh 69,50% dan setelah dikombinasikan antara Naive
Bayes dan akurasi PSO adalah 72,34%. Gunakan PSO dan Naïve Bayes sesuai dengan
konsep text mining yang bertujuan untuk menemukan pola-pola yang ada dalam
teks, kegiatan yang dilakukan oleh text mining di sini adalah klasifikasi teks.
Implementasi Particle Swarm Optimization (PSO) pada Analysis Sentiment Review Aplikasi Trafi menggunakan Algoritma Naive Bayes (NB)
Per Review Jurnal JTK Gjl 2021
Chen, J., Huang, H., Tian, S., & Qu, Y. (2009). Feature selection for text classification with Naive Bayes. Expert Systems with Applications, 36(3), 5432–5435.
Feldman, Ronen and Sanger, James. (2007). The Text Mining Handbook Advanced Approaches in Analyzing Unstructured Data. Cambridge University Press, New York.
Gorunescu. (2011). Data Mining Concepts, Models and Techniques. Romania: Springer-Verlag Berlin Heidelberg
He, Y., & Zhou, D. (2011). Self-training from labeled features for sentiment analysis.Information Processing & Management, 47(4), 606–616.
Liu, B. (2012). Sentiment Analysis and Opinion Mining. Synthesis Lectures on Human Language Technologies, 5(May), 1–167.
Moraes, R., Valiati, J. F., & Gavião Neto, W. P. (2013). Document-levelsentiment classification: An empirical comparison between SVM and ANN. Expert Systems with Applications, 40(2), 621–633.
Popescu, A. M., Etzioni, O.: Extracting Product Features and Opinions from Reviews, In Proc. Conf. Human Language Technology and Empirical Methods in Natural Language Processing, Vancouver, British Columbia, 2005, 339–346.
Rodiyansyah, S. F., & Winarko, E. (2012). Klasifikasi Posting Twitter Kemacetan Lalu Lintas Kota Bandung Menggunakan Naive Bayesian Classification. FMIPA UGM, 6(1), 91–100.
Salappa, A., Doumpos, M., &Zopounidis, C. (2007).Feature SelectionAlgorithms in Classification Problems:An Experimental Evaluation. SystemsAnalysis, Optimization and Data Mining in Biomedicine , 199-212.
Songbo Tan, Jin Zhang, “An empirical study of sentiment analysis for chinese documents”, Expert Systems with Applications 34 (2008) 2622–2629.
Vinodhini.G,Chandrasekaran.RM.(2012).Sentiment Analysis and Opinion Mining: A Survey. International Journal of Advanced Research in Computer Science and Software Engineering, ISSN: 2277 128X,Vol 2.
Wadyono, Agus dan Sudarma S. (2012). Tip Trik Android untuk Pengguna Tablet & Handphone. Media Kita, Jakarta.
Ye, Q., Zhang, Z., & Law, R. (2009). Sentiment classification of online reviews
to travel destinations by supervised machine learning approaches. Expert
Systems with Applications, 36(3), 6527–6535.