Saat ini Indonesia
mempunyai lebih dari satu operator seluler yang aktif. Perkembangan teknologi
yang membuat segala aktivitas masyarakat dilakukan secara mobile atau online.
Karena kebutuhan komunikasi sangat tinggi maka perusahaan operator saling
berlomba-lomba untuk mengambil hati para pelanggan dengan peningkatanlayanannya.
Telkomsel menjadi salah satu operator terbesar di Indonesia. Untuk memberikan
pelayanan terbaik, telkomsel harus konsisten dan meningkatkan pelayanan. Ada beberapa
metode yang dapat digunakan untuk menganalisa klasifikasi kepuasan pelanggan
seperti Support Vector Machine, Decission Tree dan Metode Naïve Bayes
dan PSO. Tetapi belum diketahui tingkat akurasi paling tinggi dalam mengklasisfikasi
kepuasan pelanggan. Untuk mengetahui tingkat akurasi tertinggi diantara metode
tersebut, maka dilakukan penelitian perbandingan metode klasifikasi data mining
untuk prediksi tingkat kepuasan pelanggan telkomsel prabayar. Penelitian
dilakukan dengan penyebaran kuesioner dengan jumlah 500 responden. Dan variabel
yang dinilai ada 4 yaitu harga, promosi, kualitas produk dan kualitas layanan. Hasil
dari penelitian ini di dapatkan nilai akurasi algoritma C45 sebesar sebesar
96,50%, Support Vector Machine sebesar 89,66%, Naïve Bayes sebesar
89,88% dan metode Optimasi Naïve Bayes dengan pemilihan fiture
Particle Swarm Optimization sebesar 95,85%. Jadi algoritma C.45 nilai
akurasinya paling tinggi dibandingkan dengan metode lainnya. Sehingga
menggunakan algoritma C.45 lebih baik dalam memprediksi tingkat kepuasan
pelanggan telkomsel prabayar
Perbandingan Metode Klasifikasi Data Mining untuk Prediksi Tingkat Kepuasan Pelanggan Telkomsel Prabayar
Armin, D., Mulyadi, &
Fauziah. (2017). Evaluasi Kualitas Layanan terhadap Operator Telekomunikasi:
Tinjauan Perspektif Pelanggan. Jurnal Optimasi Sistem Industri, 16(2),
106.
Darmawan, A., Kustian, N., &
Rahayu, W. (2018). Implementasi Data Mining Menggunakan Model SVM untuk Prediksi
Kepuasan Pengunjung Taman Tabebuya. STRING (Satuan Tulisan Riset Dan Inovasi
Teknologi), 2(3), 299. https://doi.org/10.30998/string.v2i3.2439
Desyanti. (2018). Penerapan Data
Mining Algoritma C4.5 untuk Mengetahui Tingkat Kepuasan Konsumen di Hotel Grand
Zuri Dumai. SATIN- Sains Dan Teknologi, 4(2).
Ferlin, J. (2019). Klasifikasi
Customer Intent Melalui Text Mining Untuk Mengetahui Tingkat Kepuasan Pelanggan
Berdasarkan Komentar Pelanggan Menggunakan Metode Support Vector Machine Pada
Restoran Bakso President, 3(10), 9867–9875.
Hadiwandra, T. Y. (2019). SATIN
– Sains dan Teknologi Informasi Perbandingan Kinerja Model Klasifikasi
Decission Tree , Bayesian Classifier , Instance Base , Linear Function Base ,
Rule Base pada 4 Dataset Berbeda. SATIN - Sains Dan Teknologi Informasi,
5(1), 70–78.
Lutfiyana, N. (2018). Penerapan
Algoritma C4.5 Berbasis Particle Swarm Optmization Untuk Prediksi Hasil Layanan
Kemudaha Donasi Zakat Dan Program. Jurnal Pilar Nusa Mandiri, 14(1),
103–110.
Samuel, Y. T., & Dewi, K.
(2019). Penggunaan Metode NAÏVE BAYES Dalam Mengukur Tingkat Kepuasan Pengguna
Terhadap Online System Universitas Advent Indonesia. TeIKa, 9(02),
147–153. https://doi.org/10.36342/teika.v9i02.2162
Santoso, T. B. (2016). Analisa
Dan Penerapan Metode C4.5 Untuk Prediksi Loyalitas Pelanggan. Jurnal Ilmiah
Fakultas Teknik LIMIT’S, 10(1).
Septi, N., Widodo, J., &
Zulianto, M. (2020). PENGARUH KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN KARTU
PRABAYAR simPATI TELKOMSEL ( Studi Kasus Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember Angkatan 2015-2017 ). JPE-
Jurnal Pendidikan Ekonomi, 14(1), 166–170.
Shiddiq, A., Niswatin, R. K.,
& Farida, I. N. (2018). Analisa Kepuasan Konsumen Menggunakan Klasifikasi
Decision Tree Di Restoran Dapur Solo (Cabang Kediri). Generation Journal,
2(1), 9–18.
Takalapeta, S. (2018). Penerapan
Data Mining Untuk Menganalisis Kepuasan Konsumen Menggunakan Metode Algoritma
C4.5. JIMP - Jurnal Informatika Merdeka Pasuruan, 3(3), 34–38.