ABSTRAK
Nama : Sulaeman Hadi Sukmana
NIM : 14001691
Program Studi : Magister Ilmu Komputer
Jenjang : Strata Dua (S2)
Konsentrasi : Sistem Informasi Manajemen
Judul : “Identifikasi
Gaya Belajar Dengan Aplikasi Mobile
Learning Style Inventory (LSI)”
Kenyamanan dalam proses belajar sebuah kelas akan
menentukan prestasi dari mahasiswa. Banyak ditemukan kelas dengan distribusi
komposisi gaya belajar mahasiswa yang kurang tepat, maka diperlukan cara yang
tepat dan efisien untuk mendistribusikan mahasiswa dalam sebuah kelas
berdasarkan gaya belajar. Learning Style
Inventory (LSI) yang dikenalkan David Kolb dapat digunakan untuk menentukan
kenyamanan proses belajar dalam sebuah kelas. Dengan pembuatan aplikasi
berbasis mobile aplikasi, Learning Style
Inventory (LSI) akan mudah diakses
oleh mahasiswa dan pengelola kelas, sehingga akan cepat diketahui model kelas
berdasarkan gaya belajarnya. Setiap mahasiswa dapat ditentukan gaya belajarnya
menjadi empat kelompok yaitu akomodator, asimilator, divergen dan konvergen. Komposisi
kelas kritis jika terdapat satu gaya belajar yang mendominasi kelas, dan
komposisi normal jika perbedaan keempat gaya belajar tidak terlalu signifikan. Validasi
hasil aplikasi Learning Style Inventory
(LSI) dilakukan wawancara detail pada
dosen pengajar yang bersangkutan. Hasil penelitian menggunakan empat kelas
menghasilkan data mahasiswa 43 (39%) Divergen, 25 (22%) Asimilator, 23 (21%)
Akomodator dan 20 (18%) Konvergen dari 111 mahasiswa dan juga menghasilkan dua
kelas kritis dan dua kelas normal.
DAFTAR
PUSTAKA
Aprudi,
Syafri. Penerapan Konsep Interaksi Manusia dan Komputer Pada Sistem Informasi
Akademik Fakultas Ekonomi Universitas Musi Rawas. ISSN: 2303-5786. Jurnal
Sigmata Volume 02 No. 01:12-20.
Caryono,
Suhas dan Es Triyanto. 2013. Analisis Penggunan Aplikasi tes Pemahaman individu
Hasil Kolaborasi guru TIK dan Guru BK. ISSN: 2089-9815. Seminar Nasional
teknologi Informasi dan Komunikasi (SENTIKA):144-149.
Cecep
Supriadi. 2015. Diambil dari: Berikut Statistik untuk Membantu Strategi Mobile Marketing
Anda di 2016.
http://www.marketing.co.id/berikut-statistik-untuk-membantu-rencana-mobile-marketing-anda-di-2016/.
(19 Juli 2016)
Coulley,
Lisa, Veronica Wadey, Risa Freeman. 2012. Learning
Style of First-year Orthopedic Surgencial Residents at 1 Accredited Instution.
DOI: 10.1016/j.jsurg.2011.09.002. Elsevier: Journal
of Surgecial Education 69:196-200.
D'Amore,
Angelo, Santhamma James, Eleanor K.L. Mitchell. 2011. Learning Style of First-year Undergraduate Nursing and Midwifery
Students: A Cross-sectiona Survey Utilising The Kolb Learning Style Inventory.
DOI: 10.1016/j.nedt.2011.08.001. Elsevier: Nurse
Education Today 32:506-515.
Frediyatma,
Steven Yurie. 2014. Aplikasi Pemesanan Makanan Berbasis Cloud dengan Platform
Android. ISSN: 2252-3006, Merpati Volume 02 No. 1:118-126.
Fuad,
A. Jauhar. 2015. Gaya Belajar Kolb dan Percepatan Belajar. ISBN:
978-979-796-324-8. Psyhology Forum UMM: Seminar Psikologi dan Kemanusiaan:1-6.
Gat.
2015. Perancangan Basis Data Perpustakaan Sekolah Dengan Menerapkan Model Data
Relasional. ISSN: 2460-4259. Citec Journal Volume 02 No. 04:304-315.
Gilakjani,
Abbas Pourhossein. 2011. Visual,
Auditory, Kinaesthetic Learning Style and Their Impacts on Enlisgh Language
Teaching. DOI:10.5296/jse.v2i1.1007. ISSN: 2162-6952. Macrothink Institute: Journal of Studies in Education. Volume 02
No. 1:104-113.
Gogus,
Aytac and Gurdal Ertek. 2016. Learning
and Personal Attributes of University Students in Predicting and Classifying
The Learning Styles: Klob's mine-region Versus four-region Learning Styles.
DOI: 10.1016/j.sbspro.2016.02.145. Elsevier: Procedia Social and Behavioral
Sciences 217:779-789.
Ketut
Krisna Wijaya. 2015. Diambil dari: Android dan browser Opera dominasi pengguna
mobile Indonesia selama 2014. https://id.techinasia.com/android-opera-dominasi-smartphone-indonesia-2014.
(20 juli 2016)
Lengkong,
Hendra Nugraha, Alicia A.E. Sinsuw, Arie S.M. Lumenta. 2015. Perancangan
Petunjuk Rute Pada Kendaraan Pribadi Menggunakan Aplikasi Mobil GIS Berbasis Android yang Terintegrasi Pada Google Maps.
ISSN: 2301-8402. E-Journal Teknik Elektro dan Komputer: 18-25.
Lestari,
Wiji. 2015. Pemetaan Gaya Belajar Mahasiswa Dengan Clustering Menggunakan Fuzzy
C-Means. ISSN: 2355-5009. Jurnal Sainstech Politeknik Indonusa Surakarta Volume
01 No. 03: 1-8.
Manolis,
Chris, David J. Burns, Rashmi Assudani, Ravi Chinta. 2013. Assessing Experiential Learning Style: A Methodological Reconstruction
and Validation of The Kolb Learning Style Inventory. DOI: 10.1016/j.lindif.2012.10.009.
Elsevier: Learning and Individual
Differences 23:44-52.
Nugroho,
Putri Utami, Angelia Priskila Pajow, Andrew Tanny Liem. 2016. Aplikasi Test Personality dan Learning Style Inventory Berbsis Web
Untuk Mahasiswa Universitas Klabat. ISSN: 2302-3805. Seminar Nasional Teknologi
Informasi dan Multimedia: 37-42.
Okediran,O.O.,
Arulogun O.T., Ganiyu R.A.. 2014. Mobile
Operating System adn Application Development Platforms: A Survey. ISSN:
2348-2931. Science Q: Journal of
Advancement in Engineering and Technology.Volume 01 Issue 04: 1-7.
Prastiwi.
Sawitri Dwi dan Sri Pujiningsih. 2009. Pengaruh faktor Preferensi Gaya Belajar
Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Akntansi. ISSN: 0853-7283. Jurnal Ekonomi
Bisnis No. 03:224-231.
Putri,
Debri Haryndia, Widihardjo, Andiranto Wibisono. 2013. Relasi Penerapan Elemen Interior Healing Environment pada Ruang
Rawat Inap dalam Mereduksi Stress Psikis Pasien (Studi Kasus: RSUD. Kanjuruhan,
Kabupaten Malang). ISSN: 1978-3078, DOI: 10.5614/itbj.vad.2013.5.2.2. ITB J.
Vis. Art & Des Volume 05 No. 2: 108-120.
Ratnawati,
Rokhimah dan Berliana Kusuma Riasti. 2014. Pembangunan Sistem Informasi Buku
Induk Siswa Pada Sekolah Menengah Kejuruan Wikarya Karanganyar. ISSN :
1979-9330 (Print) - 2088-0154 (Online). Journal Speed – Sentra Penelitian
Engineering dan Edukasi – Volume 06 No. 03:12-20.
Setiawan,
Muhammad Fauzi dan Prihastuti. 2013. Perbedaan Karakteristik Gaya Belajar Guru
Ditinjau Dari Mata Pelajaran yang Diampu pada Guru Sekolah Menengah Pertama
(SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) di Surabaya. Jurnal Psikologi Pendidikan
dan Perkembangan Volume 02 No.2:100-108.
Shaikh,
Adnan Al. 2015. Learning Styles and
Satisfaction With Educational Activities Among Paediatric Physicians at King
Abdulaziz Medical City Jeddah. DOI:10.1016/j.jtumed.2015.02.002. Jurnal of Taibah University Medical Sciences.
Volume 10: 102-108.
Sovia, Rini dan Jimmy Febio.
2011. Membangun Aplikasi E-Library Menggunakan HTML, PHP Scriptm dan MYSQL
Database. ISSN: 2086-4981. Jurnal Teknologi Informasi & Pendidikan Volume
03 No. 01:86-101.
Sudrajat, Muhamad Sandi dan Jajat
Sudrajat. 2014. Pengembangan Sistem Informasi Kredit Usaha Rakya Di PT. BPR
Nusamba Tanjungsari. ISSN: 2442-4943. Jurnal Computech & Bisnis Volume 08
No. 02:80-91.
Sugiyanto. 2013. Pengaruh Gaya Belajar Experimental Learning Dalam Peningkatan
Prestasi Akademik dan Penerapan Dalam Pembelajaran. ISSN: 1907-297X. Paradigma
No. 15:43-64.
Tamara, Sesaria Kiki, Indriyati, Nurdin
Bahtiar. 2013. Sistem Informasi Jadwal Sarana Transportasi Untuk Kota Semarang
Berbasis Mobile Application. ISSN:
2086-4930. Jurnal Masyarakat Informatika Volume 03 Nomor 6: 33-40.
Tominanto. 2010. Card Electric (Barcode)
Sebagai Sistem Komputerisasi Rekam Medis Di Rumah Sakit Medika Mulya Wonogiri.
ISSN: 2086-2628. Infokes-Jurnal Ilmiah Rekam Medis dan Informatika Volume 01
No. 01:1-16.
Wawan Beneran. 2015. Diambil dari:
Mengenal Bahasa Pemrograman.
http://www.gatewan.com/2015/02/mengenal-bahasa-pemrograman.html. (20 Juli 2016).
Wahyudi, Jusuf, Berlian, Rosdiana. 2013.
Instruksi Bahasa Pemrograman ADT (Abstract
Data Type) Pada Virus dan Loop Batch.
ISSN:1858-26-80. Jurnal Media Infotama Volume 09 No. 02:64-77.