Identifikasi Gaya Belajar Dengan Aplikasi Mobile Learning Style Inventory (LSI)

research
  • 12 Sep
  • 2020

Identifikasi Gaya Belajar Dengan Aplikasi Mobile Learning Style Inventory (LSI)

ABSTRAK

 

 

Nama                     :     Sulaeman Hadi Sukmana

NIM                      :     14001691

Program Studi       :     Magister Ilmu Komputer

Jenjang                  :     Strata Dua (S2)

Konsentrasi           :     Sistem Informasi Manajemen

Judul                     :     Identifikasi Gaya Belajar Dengan Aplikasi Mobile Learning Style Inventory (LSI)

 

Kenyamanan dalam proses belajar sebuah kelas akan menentukan prestasi dari mahasiswa. Banyak ditemukan kelas dengan distribusi komposisi gaya belajar mahasiswa yang kurang tepat, maka diperlukan cara yang tepat dan efisien untuk mendistribusikan mahasiswa dalam sebuah kelas berdasarkan gaya belajar. Learning Style Inventory (LSI) yang dikenalkan David Kolb dapat digunakan untuk menentukan kenyamanan proses belajar dalam sebuah kelas. Dengan pembuatan aplikasi berbasis mobile aplikasi, Learning Style Inventory (LSI)  akan mudah diakses oleh mahasiswa dan pengelola kelas, sehingga akan cepat diketahui model kelas berdasarkan gaya belajarnya. Setiap mahasiswa dapat ditentukan gaya belajarnya menjadi empat kelompok yaitu akomodator, asimilator, divergen dan konvergen. Komposisi kelas kritis jika terdapat satu gaya belajar yang mendominasi kelas, dan komposisi normal jika perbedaan keempat gaya belajar tidak terlalu signifikan. Validasi hasil aplikasi Learning Style Inventory (LSI)  dilakukan wawancara detail pada dosen pengajar yang bersangkutan. Hasil penelitian menggunakan empat kelas menghasilkan data mahasiswa 43 (39%) Divergen, 25 (22%) Asimilator, 23 (21%) Akomodator dan 20 (18%) Konvergen dari 111 mahasiswa dan juga menghasilkan dua kelas kritis dan dua kelas normal.

 

Unduhan

 

REFERENSI

DAFTAR PUSTAKA

 

Aprudi, Syafri. Penerapan Konsep Interaksi Manusia dan Komputer Pada Sistem Informasi Akademik Fakultas Ekonomi Universitas Musi Rawas. ISSN: 2303-5786. Jurnal Sigmata Volume 02 No. 01:12-20.

 

Caryono, Suhas dan Es Triyanto. 2013. Analisis Penggunan Aplikasi tes Pemahaman individu Hasil Kolaborasi guru TIK dan Guru BK. ISSN: 2089-9815. Seminar Nasional teknologi Informasi dan Komunikasi (SENTIKA):144-149.

 

Cecep Supriadi. 2015. Diambil dari: Berikut Statistik untuk Membantu Strategi Mobile Marketing Anda di 2016. http://www.marketing.co.id/berikut-statistik-untuk-membantu-rencana-mobile-marketing-anda-di-2016/. (19 Juli 2016)

 

Coulley, Lisa, Veronica Wadey, Risa Freeman. 2012. Learning Style of First-year Orthopedic Surgencial Residents at 1 Accredited Instution. DOI: 10.1016/j.jsurg.2011.09.002. Elsevier: Journal of Surgecial Education 69:196-200.

 

D'Amore, Angelo, Santhamma James, Eleanor K.L. Mitchell. 2011. Learning Style of First-year Undergraduate Nursing and Midwifery Students: A Cross-sectiona Survey Utilising The Kolb Learning Style Inventory. DOI: 10.1016/j.nedt.2011.08.001. Elsevier: Nurse Education Today 32:506-515.

 

Frediyatma, Steven Yurie. 2014. Aplikasi Pemesanan Makanan Berbasis Cloud dengan Platform Android. ISSN: 2252-3006, Merpati Volume 02 No. 1:118-126.

 

Fuad, A. Jauhar. 2015. Gaya Belajar Kolb dan Percepatan Belajar. ISBN: 978-979-796-324-8. Psyhology Forum UMM: Seminar Psikologi dan Kemanusiaan:1-6.

 

Gat. 2015. Perancangan Basis Data Perpustakaan Sekolah Dengan Menerapkan Model Data Relasional. ISSN: 2460-4259. Citec Journal Volume 02 No. 04:304-315.

 

Gilakjani, Abbas Pourhossein. 2011. Visual, Auditory, Kinaesthetic Learning Style and Their Impacts on Enlisgh Language Teaching. DOI:10.5296/jse.v2i1.1007. ISSN: 2162-6952. Macrothink Institute: Journal of Studies in Education. Volume 02 No. 1:104-113.

 

Gogus, Aytac and Gurdal Ertek. 2016. Learning and Personal Attributes of University Students in Predicting and Classifying The Learning Styles: Klob's mine-region Versus four-region Learning Styles. DOI:  10.1016/j.sbspro.2016.02.145. Elsevier: Procedia Social and Behavioral Sciences 217:779-789.

 

Ketut Krisna Wijaya. 2015. Diambil dari: Android dan browser Opera dominasi pengguna mobile Indonesia selama 2014. https://id.techinasia.com/android-opera-dominasi-smartphone-indonesia-2014. (20 juli 2016)

 

Lengkong, Hendra Nugraha, Alicia A.E. Sinsuw, Arie S.M. Lumenta. 2015. Perancangan Petunjuk Rute Pada Kendaraan Pribadi Menggunakan Aplikasi Mobil GIS Berbasis Android yang Terintegrasi Pada Google Maps. ISSN: 2301-8402. E-Journal Teknik Elektro dan Komputer: 18-25.

 

Lestari, Wiji. 2015. Pemetaan Gaya Belajar Mahasiswa Dengan Clustering Menggunakan Fuzzy C-Means. ISSN: 2355-5009. Jurnal Sainstech Politeknik Indonusa Surakarta Volume 01 No. 03: 1-8.

 

Manolis, Chris, David J. Burns, Rashmi Assudani, Ravi Chinta. 2013. Assessing Experiential Learning Style: A Methodological Reconstruction and Validation of The Kolb Learning Style Inventory. DOI: 10.1016/j.lindif.2012.10.009. Elsevier: Learning and Individual Differences 23:44-52.

 

Nugroho, Putri Utami, Angelia Priskila Pajow, Andrew Tanny Liem. 2016. Aplikasi Test Personality dan Learning Style Inventory Berbsis Web Untuk Mahasiswa Universitas Klabat. ISSN: 2302-3805. Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia: 37-42.

 

Okediran,O.O., Arulogun O.T., Ganiyu R.A.. 2014. Mobile Operating System adn Application Development Platforms: A Survey. ISSN: 2348-2931. Science Q: Journal of Advancement in Engineering and Technology.Volume 01 Issue 04: 1-7.

 

Prastiwi. Sawitri Dwi dan Sri Pujiningsih. 2009. Pengaruh faktor Preferensi Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Akntansi. ISSN: 0853-7283. Jurnal Ekonomi Bisnis No. 03:224-231.

 

Putri, Debri Haryndia, Widihardjo, Andiranto Wibisono. 2013. Relasi Penerapan Elemen Interior Healing Environment pada Ruang Rawat Inap dalam Mereduksi Stress Psikis Pasien (Studi Kasus: RSUD. Kanjuruhan, Kabupaten Malang). ISSN: 1978-3078, DOI: 10.5614/itbj.vad.2013.5.2.2. ITB J. Vis. Art & Des Volume 05 No. 2: 108-120.

 

Ratnawati, Rokhimah dan Berliana Kusuma Riasti. 2014. Pembangunan Sistem Informasi Buku Induk Siswa Pada Sekolah Menengah Kejuruan Wikarya Karanganyar. ISSN : 1979-9330 (Print) - 2088-0154 (Online). Journal Speed – Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi – Volume 06 No. 03:12-20.

 

Setiawan, Muhammad Fauzi dan Prihastuti. 2013. Perbedaan Karakteristik Gaya Belajar Guru Ditinjau Dari Mata Pelajaran yang Diampu pada Guru Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) di Surabaya. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan Volume 02 No.2:100-108.

 

Shaikh, Adnan Al. 2015. Learning Styles and Satisfaction With Educational Activities Among Paediatric Physicians at King Abdulaziz Medical City Jeddah. DOI:10.1016/j.jtumed.2015.02.002. Jurnal of Taibah University Medical Sciences. Volume 10: 102-108.

 

Sovia, Rini dan Jimmy Febio. 2011. Membangun Aplikasi E-Library Menggunakan HTML, PHP Scriptm dan MYSQL Database. ISSN: 2086-4981. Jurnal Teknologi Informasi & Pendidikan Volume 03 No. 01:86-101.

 

Sudrajat, Muhamad Sandi dan Jajat Sudrajat. 2014. Pengembangan Sistem Informasi Kredit Usaha Rakya Di PT. BPR Nusamba Tanjungsari. ISSN: 2442-4943. Jurnal Computech & Bisnis Volume 08 No. 02:80-91.

 

Sugiyanto. 2013. Pengaruh Gaya Belajar Experimental Learning Dalam Peningkatan Prestasi Akademik dan Penerapan Dalam Pembelajaran. ISSN: 1907-297X. Paradigma No. 15:43-64.

 

Tamara, Sesaria Kiki, Indriyati, Nurdin Bahtiar. 2013. Sistem Informasi Jadwal Sarana Transportasi Untuk Kota Semarang Berbasis Mobile Application. ISSN: 2086-4930. Jurnal Masyarakat Informatika Volume 03 Nomor 6: 33-40.

 

Tominanto. 2010. Card Electric (Barcode) Sebagai Sistem Komputerisasi Rekam Medis Di Rumah Sakit Medika Mulya Wonogiri. ISSN: 2086-2628. Infokes-Jurnal Ilmiah Rekam Medis dan Informatika Volume 01 No. 01:1-16.

 

Wawan Beneran. 2015. Diambil dari: Mengenal Bahasa Pemrograman. http://www.gatewan.com/2015/02/mengenal-bahasa-pemrograman.html. (20 Juli 2016).

 

Wahyudi, Jusuf, Berlian, Rosdiana. 2013. Instruksi Bahasa Pemrograman ADT (Abstract Data Type) Pada Virus dan Loop Batch. ISSN:1858-26-80. Jurnal Media Infotama Volume 09 No. 02:64-77.