Penerapan Data Mining Penjualan Helm Pada Toko Felicia Helm dengan Metode Algoritma Apriori

research
  • 11 Sep
  • 2020

Penerapan Data Mining Penjualan Helm Pada Toko Felicia Helm dengan Metode Algoritma Apriori

Dio Arief Syahputra (11150776), “Penerapan Data Mining Penjualan Helm Pada Toko Felicia Helm dengan Metode Algoritma Apriori”


Dalam rangka menghadapi persaingan bisnis yang dapat meningkatkan penjualan dan pemasaran produk yang di pasarkan, salah satunya adalah dengan pemanfaatan data penjualan produk helm. Adanya beberapa permasalahan yang selalu muncul mengenai penjualan helm yaitu perusahaan sulit mendapatkan informasi yang terupdate seperti tingkat penjualan perperiode. Ketersediaan data penjualan yang besar di Toko Felicia Helm tidak digunakan secara maksimal karena belum adanya sistem pendukung keputusan dan metode yang dapat digunakan untuk merancang sebuah strategi bisnis dalam meningkatkan penjualan helm. Tujuan dari penelitian tersebut adalah mencari merk helm yang paling banyak terjual. Dengan dilakukan analisa masalah menggunakan data mining dengan metode algoritma apriori untuk mendapatkan hasil sebagai tujuan yang akan dicapai yang kemudian dapat dijadikan pihak Toko Felicia Helm sebagai pengetahuan dalam meningkatkan penjualan helm. Berdasarkan dari hasil penelitian ini merek helm yang paling banyak terjual adalah KYT dan BMC dengan diketahui merek yang paling banyak terjual tersebut, sehingga pihak Toko dapat meneliti apa kelebihan merek tersebut terhadap peningkatan penjualan. Berdasarkan hasil pengujian menggunakan aplikasi Tanagra 1.4 dari 6 merek helm yang dijual di Toko Felicia Helm penjualan helm yang paling banyak di minati adalah KYT (75%), dan BMC (58%), Hasil support dan confidence yang diperoleh dari penelitian ini dengan minimum support 30% dan minimum confidence 60% yaitu KYT-BMC dengan support 50% dan confidence 66,7% dan BMC-KYT dengan support 50% dan confidence 85,7%. 

Unduhan

 

REFERENSI