Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Peserta Uji Kompetensi Di LSP PI (Perkoperasian Indonesia)

research
  • 11 Sep
  • 2020

Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Peserta Uji Kompetensi Di LSP PI (Perkoperasian Indonesia)

ABSTRAK
Andika Kurniawan (11170246), Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Peserta Uji Kompetensi Di LSP PI (Perkoperasian Indonesia)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapabesar kualitas pelayanan terhadap kepuasan peserta uji kompetensi sehingga dapat membantu perusahaan dalam meningkatkankualitaspelayanan.Datayangdgunakanadalahdatasekunderdarihasil kuisioner terhadap peserta uji kompetensi. Analisis yang digunakan dalam penelitian iniadalahmetodekuantitatif denganmenggunakanprogram SPSS versi24.00 dengan signifikan sebesar0,05 (5%) dan menggunakan model statistik regresi linear sederhana, korelasi, dan determinasi (R2). Berdasarkan analisis, hubungan antara kualitas pelayanan dengan kepuasanpeserta uji kompetensi pada Lembaga Sertifikasi Profesi Perkoperasian Indonesia Jakarta terdapat hubungan kuat positif. Hal ini dapat dilihat dan dibuktikan dari nilai Korelasi = r = 0,720 ( mendekati 1 hubungan x terhadap Y kuat positif). Dari hasil penelitian, dapat dihasilkan Determinasi ( R square = 0,519 jadi pengaruh X terhadap Y sebesar 51,9 % ). Artinya sekitar 51,9 % perubahan terhadap kepuasan peserta terjadi karena peningkatan kualitas pelayanan sedangkan 48,1 % dijelaskan oleh variabel lain diluar kalimat judul yang digunakan dalampenelitian.
KataKunci:KualitasPelayanan,KepuasanPesertaUjikompetensi

Unduhan

 

REFERENSI

DAFTARPUSTAKA
Emmywati. 2016. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Lokasi Terhadap KepuasanPasienDiPuskesmasDukunGresik.Skripsi.UniversitasIslamLamongan Tjiptono,Chandra.2012.PemasaranStrategig.Edisi2.(yogyakarta:Andi2012) Tjiptono,Chandra.2012.MetodePenelitian.(yogyakarta:Andi2012)hal.75 Tjiptono, Chandra. 2012. Service, Quality & Satisfaction. Edisi 4. ( yogyakarta : Andi 2012) Arikunto,Suharsimi.2006. ProsedurPenelitian SuatuPendekatanPraktis(Edisi Revisi VI).Jakarta:RenikaCipta. Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif Kualitatif, dan R & D. Bandung:Alfabeta. Ridwan.2003.Dasar-dasarStatistik.Bandung:Alfabeta. Gujarati, Damodar. 2007. ReliabilitasdanValiditas. EdisiKetiga. Yogyakarta :PustakaPelajar