ANALISA TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PENJUALAN TANAMAN DENGAN METODE SERVQUAL ( Studi Kasus: Taman Anggrek Indonesia Permai Jakarta Timur )

research
  • 11 Sep
  • 2020

ANALISA TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PENJUALAN TANAMAN DENGAN METODE SERVQUAL ( Studi Kasus: Taman Anggrek Indonesia Permai Jakarta Timur )

ABSTRAK

 

 

 

Endah Prasetyaningsih (11135576), Analisa Tingkat Kepuasan Pelanggan Terhadap Pelayanan Penjualan Tanaman dengan Metode Servqual (Studi Kasus: Taman Anggrek Indonesia Permai Jakarta Timur)

 

 

Dalam melakukan kegiatan penjualan, salah satu faktor yang sangat penting adalah meningkatkan kualitas pelayanan agar pelanggan merasa nyaman dan merasa puas dengan pelayanan yang diberikan. Dengan adanya kualitas pelayanan yang baik di dalam suatu usaha, maka akan menciptakan kepuasan bagi para pelanggan. Pelanggan akan menilai kualitas pelayanan dengan cara membandingkan pelayanan yang diterima dengan pelayanan yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pelanggan terhadap kualitas pelayanan penjualan tanaman pada Taman Anggrek Indonesia Permai. Dalam hal ini untuk mengukur kepuasan pelanggan, peneliti menggunakan Metode Servqual dengan cara mengukur kesenjangan (Gap) antara nilai persepsi dan harapan melalui penyebaran kuesioner yang meliputi lima dimensi, yaitu bukti fisik (tangibles), kehandalan (reliability), daya tanggap (responsiviness), jaminan (assurance), dan empati (empathy).  Setelah dilakukan perhitungan dengan metode Servqual, maka didapatkan hasil bahwa jika dilihat dari semua dimensi hasilnya bernilai negatif. Artinya pihak Taman Anggrek Indonesia Permai perlu melakukan peningkatan beberapa atribut kualitas pelayanan pada setiap dimensi agar dapat memenuhi harapan pelanggan.

 

 


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Unduhan

 

REFERENSI

DAFTAR PUSTAKA

 

 

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta

 

Harto, Budi. 2015. Analisis Tingkat Kepuasan Pelanggan Dengan Pendekatan Fuzzy Servqual Dalam Upaya Peningkatan Kualitas Pelayanan (Studi Kasus Di Bengkel Resmi Bajaj Padang). ISSN: 2338-2724. Padang: Jurnal Teknoif Vol.3 No. 1, April 2015, 20-30.

 

Kotler, Philip, dan Kevin Lane Keller. 2007. Manajemen Pemasaran, Edisi 12, Jilid 1. Jakarta: PT.Indeks

 

Lupiyoadi, Rambat, dan A.Hamdani. 2011. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat

 

Mahmud. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia

 

Mas’ud. 2009. Analisis Tingkat Kepuasan Pelanggan Terhadap Pelayanan Apotek Kimia Farma Jakarta Menggunakan Model Servqual (Studi Kasus Pada Tiga Apotek). ISSN: 1693-9883. Jakarta: Majalah Ilmu Kefarmasian Vol.VI, No.2, Agustus 2009, 56-74.

 

Nawari. 2010. Analisa Regresi Dengan MS Excel 2007 dan SPSS 17. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo

 

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi (Mixed Methos). Bandung: Alfabeta

 

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methos). Bandung: Alfabeta

 

Suparman, dan Sakuri Dahlan. 2015. Analisis Kepuasan Pelanggan dengan Metode Servqual pada PDAM Tirta Wijaya Cilacap.ISSN: 1978-2497. Purwokerto: Jurnal ITEKS Edisi 7 No 3 November 2015: 33-42.

Tjiptono, Fandy. 2014. Pemasaran Jasa. Yogyakarta: Andi Offset