ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN E-TICKETING KERETA REL LISTRIK PADA STASIUN SENEN

research
  • 11 Sep
  • 2020

ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN E-TICKETING KERETA REL LISTRIK PADA STASIUN SENEN

ABSTRAK
 
 
CAESAR ALDO IRIANSYAH (11145946), ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN E-TICKETING KERETA REL LISTRIK PADA STASIUN SENEN
 
 
Banyak pengguna yang mengabaikan layanan sistem pemesanan secara online walaupun layanan ini menawarkan efektifitas dan efisiensi. Hal ini dikarenakan calon penumpang yang masih mengganggap pemesanan tiket secara online masih terlalu rumit dan membingungkan bila dibandingkan dengan pembelian tiket secara langsung. Dengan adanya sistem layanan E-ticketing  diharapkan bisa memberikan kepuasan kepada pengguna jasa kereta api. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Regresi Linear Berganda (multiple regression analysis). Metode ini dipilih untuk mengetahui hubungan variabel serta mengetahui seberapa besar pengaruh variable bebas (X) terhadap variabel gantung (Y) baik secara parsial maupun secara bersama-sama. Melalui uji signifikan dengan statistik uji t, diperoleh Koefisien Kualitas Pelayanan sebesar 0,0945 berarti lebih besar dari 0,05 maka H0 diterima dan H1 ditolak. Dan uji signifikan t hitung Koefisien Kepuasan Konsumen sebesar 0,02718 yang berarti lebih besar dari 0,05 maka H0 diterima dan H1 ditolak. Sedangkan besarnya nilai koefisien determinasi yang diperoleh adalah 0,728 yang artinya 72,8% variasi yang terjadi terhadap tinggi atau rendahnya Kepuasan Konsumen Stasiun Senen Jakarta disebabkan variasi Kualitas Pelayanan, sedangkan sisanya 27,2% tidak dapat dijelaskan atau diterangkan.
 
Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Kepuasan Konsumen

Unduhan

 

REFERENSI

DAFTAR PUSTAKA
 
Fadillah, D. K. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Elektronik, Nilai Pelanggan, Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Konsumen (Bachelor's thesis, Jakarta: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis UIN Syarif Hidayatullah.).
 
Hermaniawati, N. (2015). Motif Pemanfaatan Layanan Elektronik Tiket (ETicketing) Oleh Pengguna Kereta Api Di Surabaya. Paradigma, 3(3).
 
Isnan, M. A., & Sutopo, S. (2013). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Online Reservation Ticket terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus pada PT Kereta Api Indonesia Daop 4 Semarang) (Doctoral dissertation, Fakultas Ekonomika dan Bisnis)
 
Loven, M. P. A., & Elyawati, J (2014), PENGARUH TEKNIK E-TICKETING TERHADAP KEPUASAN DAN DAMPAKNYA TERHADAP NIAT PEMBELIAN ULANG DAN WOM.
 
Lupiyoadi, R. (2014). Pemasaran Jasa.
 
Maniek, L. (2013). Promosi E-Ticketing terhadap Kepuasan Konsumen yang Berdampak pada Loyalitas Pelanggan. The Winners, 14(1), 42-47.
 
Rahmawati, L., & Hudayatin, N. (2014). Kualitas Pelayanan dan Pengaruhnya Terhadap Tingkat Kepuasan Nasabah di BMT UGT Sidogiri Capem Waru. eLQist: Journal of Islamic Economic and Business (JIEB), 4(1), 763-788.
 
Restuti, S., & Musfar, T. F. (2014). Analisis Kepuasan Konsumen atas Kualitas Layanan Electronic Ticketing Dalam Pembelian Tiket Pesawat Di Kota Tanjungpinang. Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Bisnis, 6(2), 94-104.
 
Rezki, O. & H.M. Jumhur., (2017), Kualitas Layanan Tiket Elektronik terhadap Kepuasan Konsumen
 
Samidi, (2015). Pengaruh Strategi Pembelajaran Student Team Heroic Leadership Terhadap Kreativitas Belajar Matematika Pada Siswa SMP Negeri 29 Medan T.P 2013/2014
 
Septianita, W., Winarno, W. A., & Arif, A. (2014). Pengaruh Kualitas Sistem, Kualitas Informasi, Kualitas Pelayanan Rail Ticketing System (RTS) terhadap Kepuasan Pengguna (Studi Empiris pada PT. Kereta Api Indonesia (PERSERO) DAOP 9 Jember). E-Journal Ekonomi Bisnis dan Akuntansi, 1(1), 53-56.