ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN PENGGUNA E-COMMERCE

research
  • 10 Sep
  • 2020

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN PENGGUNA E-COMMERCE

Cecep Giwa Saputra (11135582), Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Pengguna E-Commerce


Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, kemudahan, dan kepercayaan terhadap keinginan pengguna e-commerce untuk melakukan transaksi secara online. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa kelas 11.7AD.06 tahun ajaran 2012-2013 STMIK Nusa Mandiri dan pekerja pada Departemen Research and Development PT. Sayap Mas Utama 2 yang pernah berbelanja di website bukalapak.com. Sampel yang diambil sebanyak 40 responden dengan menggunakan Non-Probability Sampling dengan pendekatan Convenience Sampling. Variabel yang diteliti adalah kualitas pelayanan, kemudahan, dan kepercayaan sebagai variabel bebas (independent) serta keinginan pengguna sebagai variabel terikat (dependent). Hasil uji validitas menggunakan software SPSS, untuk semua instrumen penelitian dinyatakan valid karena rhitung > dari 0,312(rtabel). Hasil Uji reabilitas menggunakan software SPSS dengan teknik Alpha Cronbach  adalah sebesar 0,857 > 0,6 yang berarti bahwa instrumen penelitian dinyatakan realibel. Berdasarkan hasil penelitian, dengan menggunakan SPSS  diperoleh persamaan regresi linier berganda Y = 0,571 + 0,024X1 + 0,315X2 + 0,264X.  Koefisien untuk variabel kualitas pelayanan (X1) sebesar 0,024 menunjukan pengaruh lemah positif terhadap keinginan pengguna e-commerce untuk melakukan transaksi secara online. Koefisien untuk variabel kemudahan (X2) sebesar 0,315 dan koefisien untuk kepercayaan (X3) sebesar 0,264 menunjukan pengaruh kuat positif terhadap keinginan pengguna e-commerce untuk melakukan transaksi secara online.


Unduhan

 

REFERENSI

Ardyanto, Denni, Heru Susilo dan Riyadi. 2015. Pengaruh Kemudahan Dan Kepercayaan Menggunakan E-Commerce Terhadap Keputusan Pembelian Online (Survei Pada Konsumen Www.Petersaysdenim.Com). Malang: Jurnal Administrasi Bisnis (JAB):Vol. 22 No. 1 Mei 2015

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete dengan Program IBM SPSS 23. Semarang: Badan Penerbit UNDIP.

Jogiyanto. 2008. Sistem Informasi Keperilakuan (Edisi Revisi). Yogyakarta: Andi Offset.

Madcoms. 2015. Mudah Menggunakan Internet. Yogyakarta: Andi Offset.

Mujiyana, dan Ingge Elissa. 2013. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Via Internet Pada Toko Online. Depok: J@TI Undip Vol VIII, No. 3 September 2013: 143-152

Pratama, I Putu Agus Eka. 2015. E-Commerce, E-Bussiness, dan Mobile Commerce. Bandung: Informatika.

Riduwan. 2010. Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Siregar, Syofian. 2015. Statistik Parametrik untuk Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Bumi Aksara.

Winarno, Edy dan Ali Zaki. 2015. Panduan Lengkap Berinternet. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Yulianingsih, Evi dan Vivi Sahfitri. 2015. Analisis Terhadap Perilaku Bertransaksi Online Pengguna Facebook Commerce. ISSN : 2302-3805. Yogyakarta: Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia 6-8 Februari 2015