PENERAPAN MODEL FUZZY MULTIPLE ATTRIBUTE DECISION MAKING DENGAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING TERHADAP PENILAIAN KINERJA GURU DI SMK BINA KARYA UTAMA

research
  • 10 Sep
  • 2020

PENERAPAN MODEL FUZZY MULTIPLE ATTRIBUTE DECISION MAKING DENGAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING TERHADAP PENILAIAN KINERJA GURU DI SMK BINA KARYA UTAMA

ABSTRAKSI

 

Evita Fitri (11171052), Penerapan Model Fuzzy Multiple Attribute Decision

Making Dengan Metode Simple Additive Weighting Terhadap Penilaian

Kinerja Guru di SMK Bina Karya Utama.


Salah satu proses analisa dalam menghasilkan sistem pengajaran yang lebih baik

ialah dalam penilaian kinerja guru, hal ini dapat berdampak pada kualitas

pendidikan seorang anak pada sekolah tersebut. Pada sekolah SMK Bina Karya

Utama dalam proses penilaian kinerja guru masih dilakukan secara manual atau

secara sepihak seperti penilaian yang dilakukan secara subjektif saja. Hal ini dapat

mengakibatkan ketidakpastian dalam suatu pengambilan keputusan yang berkaitan

dengan kinerja guru, sehingga dapat menimbukal adanya pihak yang cenderung

tidak dapat menerima keputusan mengenai kinerja guru tersebut. Oleh karna itu,

dibutuhkan suatu metode yang sesuai untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Salah satu metode yang dapat digunakan adalah perhitungan kinerja guru

menggunakan model Fuzzy Multiple Attribute Decision Making dengan metode

Simple Additive Weighting. Pengaplikasian metode tersebut dapat menghasilkan

alternatif pemilihan guru terbaik berdasarkan perhitungan perangkingan hasil

kinerja guru selama periode tersebut berjalan, sehingga yang dihasilkan tidak

hanya berkualitas tetapi dapat dipertanggung jawabkan, hal ini karena data yang

diolah sesuai dengan prosedur dan jelas, tidak sebatas hasil yang didapat dengan

keputusan yang subjectif saja.




Unduhan

 

REFERENSI

DAFTAR PUSTAKA 

Artika, R. (2013). Penerapan Analitycal Hierarchy Procces ( AHP ) Dalam

Pendukung Keputusan Penilaian Kinerja Guru Pada SD Negeri 095224,

123–128.  

Chintyari eka, Y., & Prihatin, T. (2018). Implementasi Metode Simple Additive 

Weighting Untuk Pemilihan Guru Berprestasi Pada SMP Islam Pondok

Duta, 3(2), 233–238. 


Fa, A., & Majaruni, M. I. (2018). Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Kinerja 

Guru Menggunakan Metode Simple Additive Weighting. Cahaya Tech,

7(1), 1–11. 


Fahrizal. (2016). Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Kinerja Guru Dari 

Beban Kerja Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process ( Ahp ) (

Studi Kasus : Sd Lpi At-Taufiq ). Jurnal Lentera Ict, 3(1), 19–27. 


Fitri, N. Y., & Nurhadi. (2017). Guru Dengan Menggunakan Metode Simple 

Additive Weighting ( Saw ) Pada Smk, 2(2302–3805), 318–326. Retrieved

from

http://jurnalmsi.stikomdb.ac.id/index.php/jurnalmsi/article/download/69/56 


Ganevi, R., & Purnama, B. E. (2014). Sistem Pendukung Keputusan Penilaian 

Kinerja Guru Sekolah Menengah Pertama, 6(4), 38–43.


Kurniawan, A. (2016). Analisis Dan Perancangan Sistem Pendukung Keputusan 

Penilaian Kinerja Guru ( PKG ) Menggunakan Metode Simple Additive

Weighting ( SAW ) Pada SD Negeri 1 WONOROTO, 6–7. 


Mufizar, T., & Nurjayanti, N. (2015). sistem Pendukung Keputusan Penilaian 

Kinerja Guru di SDN Mohammad TohaMenggunakan Metode Analytical

Hierarchy Process ( AHP ), 9–10. 


Noercholis, A., & Hakim, M. L. (2016). Sistem Pendukung Keputusan Penilaian 

Kinerja Guru PNS Di SMKN Sukorejo 1 Dengan Menggunakan Metode

Fuzzy AHP. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Asia, 10(2), 65–72. 


Nofriansyah, Dicky. 2014. Konsep Data Mining VS Sistem Pendukung   

Keputusan.Yogyakarta: Deepublish.


Sudibyo, Lies, Bambang Triyanto dan Meidawati Suswandari. 2014. Filsafat  

Ilmu.Yogyakarta: Deepublish

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: 

Alfabeta