Radio merupakan bagian dari media komunikasi massa memiliki kekuatan yang besar dalam memengaruhi masyarakat. Siaran radio merupakan media yang tepat untuk menyampaikan pesan dan informasi secara cepat dan langsung, memiliki daya tarik karena sifatnya “serba hidup“ (langsung) dan dapat membangkitkan imajinasi pendengarnya. Radio Komunitas Suara Kampung Sawah merupakan sebuah bentuk komunitas yang berdiri untuk menjadi sebuah wadah berkomunikasi antar warga dan menjadi pusat informasi. Pendengar radio semakin selektif memilih program siaran radio. Karena keselektifan para pendengar radio,jumlah pendengar radio yang semakin berkurang, dan kurangnya minat pendengar dalam mendengarkan radio menjadi permasalahan radio Suara Kampung Sawah. Tujuan penelitian untuk memenuhi salah satu syarat kelulusan Strata satu (S1). Model ini memusatkan perhatian pada tingkat kepuasan pendengar diukur menggunakan Gratification Sought(GS)dan Gratification Obtained (Go). Pendekatan penelitian adalah kuantitatif. Metode yang digunakan adalah survei dengan menggunakan teknik simple random sampling dimana peneliti mengumpulkan data melalui kuesioner disebar pada pendengar radio Suara Kampung Sawah sampel 77 responden dari populasi 96 responden menggunakan rumus Yamane dengan tingkat kesalahan 5%. Penelitian menunjukkan hasil Nilai Range sebesar 0.825 artinya 82,5% dipengararuhi oleh variabel yang telah diteliti, sisanya 17,5% oleh variabel lainnya.Nilai F hitung sebesar 7,757 dibandingkan dengan F tabel yaitu 3,965, terlihat nilai F hitung > dari F tabel artinya Ha atau hipotesis alternatif ditolak. Tabel ANOVA nilai p value (signifikansi) yaitu 0,00 < 0,05), maka dinyatakan Ho ditolak dan H1 diterima artinya ada kepuasan pendengar terhadap program acara cerita cinta di radio Suara Kampung Sawah. Artinya antara Gratification sought yaitu kepuasan yang dicari individu (Harapan) dengan Gratification obtained yaitu kepuasan yang diperoleh individu (Apa yang diperoleh) terdapat hubungan yang signifikan. Penelitian ini diharapkan dapat menambah dan memberikan sumbangan pemikiran serta dapat bermanfaat untuk pengembangan studi sistim komunikasi dan informatika.
JUDUL
DAFTAR PUSTAKA
A.Ius Y. Triartanto,2010. Broadcasting Radio. Yogyakarta: Pustaka Book Publisher
Dimas Dwi Yunianto,2013.”Penggunaan Media Radio Dan Kesenjangan Kepuasan Pendengar Radio (Studi Deskriptif Kuantitatif Antara Penggunaan Media Radio Acara Desta & Gina In The Morning Di Prambors dan Sriwedari Di Solo Radio Terhadap Kesenjangan Kepuasan Pendengar Di Kalangan Mahasiswa Ilmu Komunikasi UNS Angkatan 2012-2013)” Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sebelas Maret Surakarta.
Eko Putro Widoyoko,2012. Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian, Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Eunike Laura C.S, 2013. “Kepuasan Pendengar Terhadap Program Sonora News di Radio Sonora Surabaya”, Prodi Ilmu Komunikasi, Universitas Kristen Petra Surabaya
Hari Wicaksono,2015, “Survei Tingkat Kepuasan Pendengar Radio Hot Fm (Studi Deskriptif Terhadap Pendengar Radio Hot Fm)”, Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Serang-Banten.
Husein Umar, 2007, Metode Penelitian Untuk Skripsi Dan Tesis Bisnis, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Indriantoro, Nur dan Bambang Supomo, 2007, Metodologi Penelitian Bisnis Untuk Akuntansi Dan Manajemen, Edisi Pertama. BPFE,Yogyakarta
Kaloka Kusumaning Ayu, 2013.“Kepuasan Pendengar Aktif Radio Sonora FM (Studi Deskriptif Tentang Kepuasan Pendengar Aktif Terhadap Program Acara Voice De Campus di Radio SONORA FM Surabaya)”, Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
Khomsahrial Romli, 2016. Komunikasi Massa. Jakarta: Grasindo
Kriyantono,2006. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana Prenada Group
Ninit Alfianika,2016.MetodePenelitianPengajaranBahasa Indonesia. Yogyakarta: Deepublish
Sarwono,2006. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta :Graha Ilmu
Sugiyono,2006. Rumus dan Data Dalam Aplikasi Statistika. Bandung.Alfabeta
Tjiptono,Fandy,G,Chandra,2010.Pemasaran Strategik. Edisi 2. Yogyakarta: Andi
Widoyoko, 2012 Metode Penelitian Organisasi Dengan Aplikasi Program SPSS. Bandung: Humoniora.