Abstrak - Di Indonesia ada beberapa tipe mobil yang dipasarkan seperti LCGC(Low Cost Green Car), Hatchback, Sedan, MPV(Multi Purposes Vehicle), SUV(Sport Utility Vehicle), dan juga Crossover.
Selain tipe dan fasilitas, produsen mobil juga menerapkan harga berbeda untuk tipe mobil berwarna cat tertentu. Mengetahui alasan produsen mobil dalam membedakan harga dari warna cat yang digunakan belum cukup dipahami. Terdapat 7 varian warna yaitu Crystal Black Pearl, White Orchid Pearl, Modern Steel Metallic, Rallye Red, Lunar Silver Metallic, Deep Ocean Blue dan Purplish Gray Metallic. Khusus warna White Orchid Pearl dikenakan biaya tambahan sebesar Rp.3 juta, dan selain warna Rallye Red dikenakan biaya tambahan sebesar Rp.1,5 juta dari harga awal Rp.381,5 Juta (OTR) untuk type 1.8 L dan P-CVT. Tiap produsen mobil memiliki ciri khas warna masing – masing. Oleh karena itu, penelitian ini menyampaikan analisa keputusan produsen memberikan harga jual mobil dihitung menggunakan metoda SWOT. Didapati kordinat kuadran peluang(O) dan kekuatan(S) dari produsen H, artinya mendukung strategi agresif memproduksi mobil dengan varian warna dan hasil kuantitatif hipotesis statistik menunjukkan korelasi bersifat positif, dengan skala KR 0,95.
[1] Alhilman, Judi (2013). E-Learning Tentang Bab Mengenai Uji Hipotasis Statistik. YouTube 11 Desember 2013.
[2] Fajar Sidik, Achmad, Perdana, Brian Gustiar, Pratama, Oktavi Nandar, Profiliana, Hera. (2018). Koresponensi Matriks SWOT. Mahasiswa/i Manajemen Informatika AMIK BSI : Purwokerto.
[3] Hidayat Muhammad Nur & Edi Rakhman (2015). Pemilihan strategi network operations partner Menggunakan metoda swot-ahp untuk potensi pasar E-bisnis pariwisata di barlingmascakeb. Tesis STMIK Nusa Mandiri Jakarta.
[4] Indonesia, Honda (2017). Model HR-V. Lot 2-1, Incubator 1, Technology Park Malaysia.
[5] La, Eka (2018). Uji Hipotesis Korelasi atau Hubungan Dua Variabel (Tutorial Statistik). YouTube 8 Mei 2018.
[6] Rangkuti, Freddy (2006). AnalisisSWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis: Reorientasi Konsep Perancangan Strategis untuk Menghadapi Abad 21. PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
[7] Nasution S. (2004). Metode Research. Penelitian Ilmiah, 78. PT. Bumi Aksara : Jakarta.
[8] Psppire 0.8.5. (2007). A Program for the Analysis of Sample Data : Free Software Foundation.
[9] Sugiyono. (2004). Metode Penelitian. Bandung: Alfabeta.
[10] Tips, Aneka Harian (2014). Situs Web Pribadi Tipssupaya, Powered Blogger.
[11] Wijaya, Rendi Yancahya (2018). Manastika. Yogyakarta
[12] Zaky, Bukalapak (2018). Harga Jenis dan Varian Cat Mobil. PT. Bukalapak.com