Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Aplikasi Desain Grafis Menggunakan AHP Pada SMK Perguruan Rakyat 2.

research
  • 02 Sep
  • 2020

Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Aplikasi Desain Grafis Menggunakan AHP Pada SMK Perguruan Rakyat 2.

ABSTRAK

 

Muhammad Muchsin (11180930), Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Aplikasi Desain Grafis Menggunakan AHP Pada SMK Perguruan Rakyat 2.

 

Keterampilan siswa yang diharapkan di SMK Perguruan Rakyat 2 bukan hanya mampu membangun sebuah jaringan komputer dan membuat website tetapi bidang-bidang lain seperti mampu mengolah kata, gambar, grafik, foto, dan ilustrasi, di samping itu SMK Perguruan Rakyat 2 saat ini masih memberikan satu software yang diajarkan kepada muridnya dengan software desain grafis yang sama sehingga tidak ada perbedaan tingkatan belajar diantara kelas yang berbeda. Berdasarkan persolan tersebut, penulis bermaksud membantu pihak sekolah dalam menentukan aplikasi desain grafis yang terbaik untuk dapat diimplementasikan sebagai standar pembelajaran mata pelajaran desain grafis. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode AHP (Analytical Hierarcy Process) yang digunakan untuk menghitung bobot yang diperlukan terkait dengan masing-masing kriteria dengan bantuan matriks preferensi, dimana semua kriteria yang relevan diidentifikasi kemudian dibandingkan satu sama lain berdasarkan faktor preferensi. Kriteria yang digunakan dalam penelitian ini ialah System Requirement, User Friendlines, Feature Analysis, Backup System, dan Cost, dan alternatif yang penulis gunakan ialah Adobe Photoshop, Adobe Ilustrator, Adobe Premier, 3DMax, dan Corel Draw. Hasil dari analisis AHP diperoleh kesimpulan bahwa Adobe Photoshop memiliki (26%), kedua yaitu 3DMax (24.5%), ketiga yaitu Adobe Ilustrator (20.3%), keempat yaitu Adobe Premier (18.6%), dan kelima adalah Corel Draw (10.5%).

 


Unduhan

 

REFERENSI

DAFTAR PUSTAKA

 

 

Aditya Suherdi, R., Taufiq, R., Yanuardi, & Aditya Permana, A. (2018). Penerapan Metode AHP dalam Sistem Pendukung Keputusan Kenaikan Pangkat Pegawai Di Badan Kepegawaian Dan Pengembagan Sumber Daya Manusia Kota Tangerang. Sintak, 522–528. Retrieved from https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/sintak/article/view/6667

 

Agus Arimba Dwijayadi, I. N., Agus Wirawan, I. M., & Gede Hendra Divayana, D. (2018). Pengembangan Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Hotel Di Kecamatan Buleleng Dengan Metode Analytic Hierarchy Process ( AHP ) Dan Technique for Others Reference By Similarity To Ideal Solution ( TOPSIS ). Jurnal KARMAPATI, 7(1), 1–11.

 

Astradanta, M., Wirawan, I. M. A., & Arthana, I. K. R. (2016). Pengembangan Sistem Penunjang Keputusan Pemilihan Tempat Kuliner Dengan Menggunakan Metode AHP Dan SAW Studi Kasus : Kecamatan Buleleng. Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika(KARMAPATI), 5(2), 1–11. Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/KP/article/viewFile/8205/5473

 

Diana. (2018). Metode Dan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan. Sleman: CV BUDI UTAMA. Retrieved from https://books.google.co.id/books?id=nJSEDwAAQBAJ&dq=sistem+pendukung+keputusan&hl=id&source=gbs_navlinks_s

 

Diana, A., & Retno Utari, D. (2016). Model Sistem Penunjang Keputusan Pemilihan Desainer Grafis dengan Menggunakan Metode Analytical Hierarcy Porcess (AHP). Jurnal Telematika MKOM2, 8.

 

George Sumampouw, M. (2017). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Online Shop Untuk Berbelanja Menggunakan Metode Simple Additive Weighting ( Saw ), 13(1), 95–101.

 

Handayani, R. I. (2015). PEMANFAATAN APLIKASI EXPERT CHOICE SEBAGAI ALAT BANTU DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN ( STUDI KASUS : PT . BIT TEKNOLOGI NUSANTARA ). Pilar Nusa Mandiri, XI(1), 53–59.

 

Hermanto, Subiyanto, & Arief, U. M. (2017). Penilaian Kesesuaian Lahan Untuk Tanaman Kedelai Menggunakan Metode Fuzzy & AHP. Yogyakarta: CV BUDI UTAMA.

 

Hidayat, W., Andriansyah, & Wulandari, R. (2018). RANCANG BANGUN MEDIA DESAIN KATALOG PENUNJANG INFORMASI DAN PROMOSI PT GLOBAL BANGUN MANDIRI, 4(1), 44–52.

 

Malik, K. (2016). Kapita Selekta Desain: Suatu Pengantar dalam Perkembangan dan Pengaruh Desain. (A. Gunawan, Ed.). Padang Panjang: LPPMPP ISI Padangpanjang.

 

Pradana, M., & Reventiary, A. (2016). Pengaruh Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Merek Customade (Studi di Merek Dagang Customade Indonesia). Jurnal Manajemen, 6(1), 1–10.

 

Putra, P. A. S., Wirawan, I. M. A., & Sunarya, I. M. G. (2016). PENERIMAAN SISWA BARU DI SMA NEGERI 1 SERIRIT DENGAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING ( SAW ) DAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS ( AHP )., 5.

 

Rasid, M. (2018). Pemilihan dan Desain Perangkat Lunak Berbasis Desain Grafis untuk Pembelajaran: Studi Kasus Laboratorium Komputer AMIK Lampung - Bandar Lampung. Jurnal Ilmiah, 6(1), 15–31.

 

Rudianto. (2017). Restorasi Ekosistem Pesisir. Malang: UB Press.

Sakti, H. G. (2017). Pengaruh Media Desain Grafis Berbasis Adobe Photoshop Terhadap Kreativitas Belajar Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Desain Grafis, 2.

 

Sayatman, Ramadhani, N., & Yudistira, R. (2018). Pengembangan Desain Kemasan Produk UMKM Olahan Hasil Laut di Kecamatan Paciran Kab. Lamongan dalam Rangka Meningkatkan Daya Saing dan Perluasan Pemasaran. Sewagati, 2(2), 111–118. https://doi.org/10.12962/j26139960.v2i2.4642

 

Susila, I. A., & Taufiq, R. (2018). Penerapan Metode Analytical Heirarchy Process ( Ahp ) Dalam Sistem Pendukung Keputusan ( Spk ) Pemensiunan Pada Badan Kepegawaian Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, (2017), 499–506.