APLIKASI PANDUAN PEMBUATAN DAN SIMULASI UJIAN TEORI SIM BERBASIS ANDROID PADA SATLANTAS KOTA SUKABUMI

research
  • 02 Sep
  • 2020

APLIKASI PANDUAN PEMBUATAN DAN SIMULASI UJIAN TEORI SIM BERBASIS ANDROID PADA SATLANTAS KOTA SUKABUMI

ABSTRAK
Ahmad Sulaiman (12140168), Aplikasi Panduan Pembuatan dan Simulasi
Ujian Teori SIM Berbasis Android Pada Satlantas Kota Sukabumi.
Dalam berkendara semua pengendara wajib memiliki SIM, sebagaimana yang
terkandung di dalam Undang–Undang Nomor 22 Tahun 2009 Pasal 77 Ayat 1
Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan berbunyi “Setiap orang yang
mengemudikan Kendaraan Bermotor di Jalan wajib memiliki Surat Izin
Mengemudi sesuai dengan jenis Kendaraan Bermotor yang dikemudikan” dalam
pembuatan SIM syarat bagi pemohon SIM untuk bisa diproses dalam unit produksi
adalah apabila pemohon SIM telah dinyatakan lulus dalam mengikuti ujian teori
dan praktek. Kebanyakan pemohon SIM tidak lolos ujian teori maupun praktek
dalam satu kali coba dan bagi pemohon SIM yang mengulang ujian dibutuhkan
waktu lebih panjang untuk mendapatkan SIM. Dengan membangun aplikasi
simulasi ujian berupa soal-soal yang sudah diacak menggunakan metode Pseudo
Random Number Generator (PRNG) dari seratus bank soal yang telah disediakan
pengguna cukup menjawab 30 soal dalam waktu 30 menit dan memilih jawaban
yang benar minimal 80% dengan harapan informasi panduan, materi dan simulasi
ujian yang ada dalam aplikasi dapat mengedukasi pengguna terutama dalam
menjawab ujian teori SIM.

ABSTRACT
Ahmad Sulaiman (12140168), Guide For Making and Exam Theory Simulation
of Driving License Based on Android Application in Satlantas Sukabumi City.
In driving all drivers must have a Driving License, as contained in Law Number 22
of 2009 Article 77 Paragraph 1 concerning Road Traffic and Transportation reads
"Every person driving a Motorized Vehicle on the Road must have a Driving
License in accordance with the type of Motorized Vehicle piloted "in making
Driving License the conditions for the Driving License applicant to be processed in
the production unit are if the Driving License applicant has been declared pass in
taking the theory and practice examination. Most Driving License applicants do not
pass the theory or practice exam in one try and for Driving License applicants who
repeat the test it takes longer to get a Driving License. By building exam simulation
applications in the form of randomized questions using the Pseudo Random Number
Generator (PRNG) method of one hundred question banks that have been provided
by users, they only need to answer 30 questions within 30 minutes and choose the
correct answer at least 80% with the expectation of guidance information. Existing
exam materials and simulations in the application can educate users, especially in
answering the Driving License theory exam.

Unduhan

 

REFERENSI

DAFTAR PUSTAKA
Annash Zaenun Muhendra. (2016). Implementasi Kriptografi Affine Cipher Pada
Citra Digital Hasil Steganografi Metode Parity Coding Dengan Pseudo
Random Number Generator (Prng).
Arif, Nur Saiful; Wanda, A. P. M. A. (2013). Aplikasi Administrasi Perpustakaan
Berbasis Web Smk Swasta Brigjend Katamso Medan. Jurnal Ilmiah
Saintikom, 12(1), 25–36.
David Adamson, Harianto, P. S. (2017). Journal of Control and Network Systems
MENGGUNAKAN MOBILE PLATFORM ANDROID MELALUI, 6(1),
102–108.
Dewi, K., & Nas, S. (n.d.). Factors Affecting Consumer Behavior In Deciding The
Purchase Of Android On Students Fkip University Of Riau, 2.
Divisi Teknologi Informasi Polri. (2015). Surat Izin Mengemudi (SIM). Retrieved
July 3, 2018, from https://www.polri.go.id/layanan-sim.php
Endah Sudarmilah, M. G. N. (2015). Augmented Reality Edugame Senjata
Tradisional Indonesia. Khazanah Informatika, 2(1), 12–15.
Hangga, A., & Prabowo, H. E. (2016). Modifikasi Linear Congruential Generator
untuk Sistem Pengacakan Soal pada Computer Based Test (CBT). Jurnal
Teknik Elektro, 8(2), 47. Retrieved from
https://journal.unnes.ac.id/artikel_nju/jte/8794
Hendini, A. (2016). Pemodelan Uml Sistem Informasi Monitoring Penjualan Dan
Stok Barang Barang (Studi Kasus: Distro Zhezha Pontianak). Jurnal
Khatulistiwa Informatika, IV(2), 107–116. Retrieved from
https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/khatulistiwa/article/viewFile/1262
/1027
Massachusetts Institute of Technology. (2017). Anyone Can Build Apps That
Impact the World. Retrieved from http://appinventor.mit.edu/explore/aboutus.
html
Nastiti, F. A. (2017). Hubungan Antara Kepemilikan Sim C Dan Keikutsertaan
Dalam Tes Pembuatan Sim Dengan Pengetahuan Berkendara Dan Kecelakaan
Lalu Lintas Di Kabupaten Sidoarjo. The Indonesian Journal of Public Health,
12(2), 174. https://doi.org/10.20473/ijph.v12i1.2017.167-178
Purnama Budi Suananta, Andy Fefta Wijaya, M. (2015). Implementasi Kebijakan
Pelayanan Surat Izin Mengemudi Berdasarkan Undang-Undang Nomor 22,
4(2), 145–155.
Putra, W. D., Nugroho, P. A., & Puspitarini, E. W. (2016). Game Edukasi Berbasis
8
Android Sebagai Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini. JIMP-Jurnal
Informatika Merdeka Pasuruan, 1(1), 46–58.
Sari, I. P., & Saputra, E. H. (2014). Sistem Informasi Raport Berbasis Web Di Smp
N 4 Temanggung. Data Manajemen Dan Teknologi Informasi (DASI), 15(2),
24. Retrieved from
http://ojs.amikom.ac.id/index.php/dasi/article/view/190/174
Subhiyakto, E. R., & Utomo, D. W. (2016). Strategi, teknik, faktor pendukung dan
penghambat pengujian untuk pengembang perangkat lunak pemula. Seminar
Nasional Teknologi Informasi Dan Komunikasi 2016 (SENTIKA 2016),
2016(Sentika), 236–241.
Yani, J. A., & Pos, T. (2016). Pemanfaatan Pemrogramanvisual Sebagai alternatif
Pembuatan Media Belajar Berbasis Game Dananimasi. Komunikasi, Fakultas
Surakarta, Universitas Muhammadiyah, 19(1), 53–63.